Aktivis lingkungan hidup yang tergabung dalam ECOTON dan NOL SAMPAH mengangkut sampah popok bayi yang dipungut dari sungai saat melakukan aksi di depan Balai Kota Surabaya, di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/7)./ANTARA -Didik Suhartono
Fashion

Hai Gen Z, Ini 5 Jenis Pekerjaan yang Cocok Buatmu

Janlika Putri Indah Sari
Selasa, 18 Mei 2021 - 16:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun tampaknya dunia korporat masih mencoba beradaptasi dengan masuknya generasi milenial. Namun muncul generasi baru dan segar yang disebut gen Z.

Generasi Z lahir pada 1997-2012 manjelma menjadi jiwa muda yang meraba-raba dalam menemukan pekerjaan cocok.

Bahkan, banyak juga jenis pekerjaan yang tersedia tidak sejalan dengan gaya hidup para generasi muda ini.

Melansir dari lifehack, Selasa (18/5/2021) berikut lima pekerjaan yang sangat cocok dengan Gen Z.

1. Media Aplikasi Sosial

Generasi Milenial tidak diragukan lagi mahir dengan media sosial dan teknologi. Dan anggota generasi Z tidak akan mengetahui kehidupan tanpanya media sosial.

Karena teknologi begitu tertanam dalam gaya hidup gen Z, maka secara alami akan memilih jenis posisi pekerjaan yang terasa seperti kebiasaan mereka.

Anehnya, generasi ini dalam beberapa hal lebih mirip dengan Baby Boomers daripada Milenial.

Generasi Z berorientasi pada detail, terampil dalam mengambil arah, namun tetap kreatif dan bersedia untuk berkolaborasi dengan orang lain.

Ciri-ciri ini membuat dunia karir media sosial dan aplikasi smartphone yang sedang booming sempurna untuk generasi Z. Dan kehadiran mereka akan membawa perspektif baru ke industri.

2. Mengikuti Orang Tua

Lebih dari 80 persen anggota generasi Z mengatakan bahwa orang tua mereka akan memberikan pengaruh yang sangat kuat pada apa yang harus mereka lakukan setelah lulus.

Meski generasi milenial cenderung melepaskan diri dari tradisi, Gen Z lebih memilih untuk menerimanya.

Hal ini dapat menyebabkan anggota generasi ini memilih untuk mengikuti jejak orang tua mereka, terutama jika orang tua mereka memiliki karier yang sukses dan bertahan lama. Itu karena generasi Z sangat memperhatikan stabilitas pekerjaan.

3. Distributor

Gen Z tidak hanya memiliki keterampilan teknologi untuk mengikuti klien. Tetapi mereka juga menunjukkan kemahiran yang tinggi dalam komunikasi antarpribadi.

Saat bekerja sebagai distributor toko swalayan, gen Z akan dapat menjalin ikatan yang erat dengan pengecer dan klien dengan keterampilan komunikasi cerdas mereka.

Generasi ini juga mengharapkan gaji yang kompetitif dari majikan mereka.

Menjadi distributor perlengkapan kecantikan yang harus mencapai tujuan untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi akan cocok dengan generasi pekerja keras ini.

4.Pekerjaan Nirlaba

Sama seperti Milenial, Generasi Z ingin bekerja di perusahaan yang sering memberikan kontribusi kepada komunitas, terutama jika itu adalah hal yang mereka pedulikan.

Faktanya, 30 persen dari generasi ini mengatakan bahwa mereka akan menerima potongan gaji untuk bekerja di perusahaan dengan nilai dan integritas yang mereka kagumi.

Meskipun milenial lebih cenderung meninggalkan perusahaan dan memulai organisasi nirlaba sendiri, generasi Z belum menunjukkan keinginan yang sama untuk berwirausaha. Oleh karena itu, mereka akan lebih cenderung bekerja dalam organisasi nirlaba yang ada.

5. Manajer Pemasaran

Hampir 80 persen generasi Z menggambarkan lingkungan kerja ideal mereka sebagai bisnis menengah atau perusahaan internasional besar.

Dalam hal memulai pekerjaan, lebih dari separuh gen Z lebih suka berkolaborasi dalam kelompok kecil daripada diskusi besar atau kerja mandiri.

Profesional dan manajer pemasaran adalah jenis pekerjaan di perusahaan besar dalam kelompok kecil dan kolaboratif.

Bekerja di bidang pemasaran akan memungkinkan generasi Z melenturkan otot kreatif mereka, belajar dari orang-orang di sekitar mereka, dan terus maju dalam organisasi, sehingga memenuhi semua yang dicari generasi ini dalam karier.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro