Mutasi virus corona telah mencpai 26 jenis dan sangat mudah menyebar di masyarakat/ilustrasi
Health

Jangan Lengah, Ada 26 Mutasi Virus Corona di Indonesia

Hanafi Nurmahdi
Rabu, 19 Mei 2021 - 14:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa kasus penyebaran mutasi virus corona di Indonesia semakin berkembang.

Penyebaran mutasi virus Corona yang dibawa oleh para pekerja migran Indonesia. Sampai saat ini baru tiga varian yang sudah terdeteksi masuk Indonesia.

Sebanyak 26 kasus mutasi virus yang terdiri atas 14 kasus varian B.1.1.7 yang berasal dari Inggris, 2 kasus dari varian B.1.351 asal Afrika Selatan, dan 10 kasus varian mutasi ganda B.1.617 asal India.

“Kasus di India naik, Thailand naik, Singapura naik, negara Eropa semua naik karena ada mutasi baru. Dari 4 yang bahaya, 3 sudah masuk ke Indonesia dan yang dari masuk ke Indonesia 26 orang sudah teridentifikasi,” melalui keterangan resmi Kementerian Kesehatan, Selasa (18/5/2021).

Kasus varian baru mutasi Covid-19 yang tersebar di Sumatera dan Jawa serta Kalimantan memiliki tingkat penularan cukup tinggi sehingga memiliki indikasi penambahan kasus berkali-kali lipat.

Budi juga mengingatkan jajaran satgas dan dinas kesehatan daerah bahwa laju penularan varian baru ini lebih cepat. Akhir April lalu, Budi mengumumkan bahwa total kasus varian baru sebanyak 10 kasus, namun saat ini bertambah menjadi 26 kasus.

Dia mengharapkan agar kegiatan testing dan tracing lebih ditingkatkan, serta masyarakat diimbau agar tetap patuh protokol kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro