Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia) secara drive thru di halaman GOR Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/3/2021). /ANTARA
Health

Simak! Cara Atasi Efek Samping Setelah Disuntik Vaksin Covid-19

Hanafi Nurmahdi
Rabu, 19 Mei 2021 - 14:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia dan berbagai negara di seluruh dunia menggenjot program vaksinasi Covid-19 tahap kedua.

Sayangnya, pelaksanaan vaksinasi di dalam negeri masih menuai pro-kontra sehingga membuat pemerintah sulit merealisasikan terbentuknya kekebalan komunal (herd immunity) terhadap Covid-19.

Padahal, manfaat vaksin Covid-19 lebih besar daripada efek sampingnya yang terjadi bagi penerima. Semua jenis vaksin hampir memiliki efek samping yang sama. Namun, Anda tak perlu khawatir karena hal ini menandakan tubuh merespon vaksin yang disuntikkan ke tubuh.

Pusat kesehatan penyakit menular di Amerika Serikat (CDC) menyarankan untuk mengonsumsi makananan tertentu guna mengurangi efek samping setelah vaksinasi Covid-19, seperti demam.

Vaksin Covid-19 di Indonesia sudah diberikan ke hampir 10 juta orang per 18 Mei 2021. Sejauh ini, vaksin Covid-19 hanya menimbulkan efek samping ringan seperti demam, flu, dan pegal-pegal pada area suntik.

Kemeterian Kesehatan mengungkap belum ada efek samping berbahaya pasca vaksin Covid-19. Efek samping yang ada hanya bersifat ringan dan menjadi tanda bahwa vaksin Covid-19 sedang bekerja untuk membentuk antibodi dalam tubuh.

CDC merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung air tinggi setelah mendapatkan vaksin Covid-19. Sebab, asupan cairan sangat penting untuk meringankan efek samping setelah vaksin Covid-19.

Mengonsumsi makanan berkuah yang mengandug sayuran seperti kangkung, kacang-kacangan, lentil, kentang, dan brokoli. Jenis sayuran tersebut juga mengandung banyak nutrisi yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Anda juga bisa mengonsumsi makan makanan yang mengandung asam amino glisin dan arginin yang memiliki efek antiinflamasi. Makan makanan seperti mie ayam, sup ayam, atau sup kaldu tulang dapat menghidrasi tubuh setelah mendapatkan vaksin Covid-19.

Penelitian dalam jurnal Chest juga membuktikan sup ayam mengandung antiinflamasi ringan. Komponen seperti ayam, wortel, seledri, peterseli, garam, dan merica juga membantu melawan peradangan.

Itulah daftar makanan yang baik dikonsumsi pasca vaksin Covid-19. Tak perlu khawatir dengan efek samping vaksin Covid-19, karena manfaatnya lebih besar. Ingat, pandemi Covid-19 belum berakhir. Setelah mendapat vaksinasi Covid-19, Anda sebaiknya tetap patuhi protokol kesehatan 3M dengan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro