Diet/Endoc
Health

Ini Diet Terbaik untuk Penderita Diabetes

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 21 Mei 2021 - 11:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buat Anda para penderita diabetes, ada satu diet yang dipercaya bisa membantu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko serius yang terkait dengan kondisi tersebut.

Diet rendah GI disebutkan sebagai salah satu pola diet terbaik untuk penderita diabetes. Diet Indeks Glikemik (GI) rendah telah dinilai sebagai salah satu diet terbaik untuk diikuti karena mengukur bagaimana makanan yang mengandung karbohidrat meningkatkan glukosa gula darah.

Diet ini mengukur peringkat makanan menurut efeknya terhadap kadar gula darah.

Tingkat di mana makanan yang berbeda meningkatkan kadar gula darah diperingkat dibandingkan dengan penyerapan 50 gram glukosa murni, yang digunakan sebagai makanan referensi dan memiliki nilai GI 100.

Diet itu dibuat pada awal 1980-an oleh seorang profesor Kanada, Dokter David Jenkins.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di US National Library of Medicine National Institutes of Health, diet indeks glikemik rendah untuk diabetes tipe 2 dianalisis.

Studi tersebut menelusuri PubMed, Cochrane Library, EMBASE, dan daftar uji klinis untuk studi yang dipublikasikan dan tidak dipublikasikan hingga 1 Maret 2019 terkait diet GI dan kemampuannya pada kadar gula darah.

Hasil penelitian menunjukkan diet rendah GI efektif dalam mengurangi hemoglobin terglikasi (HbA1c), glukosa puasa, BMI, kolesterol total, dan LDL, tetapi tidak berpengaruh pada insulin puasa, trigliserida, atau kebutuhan insulin.

Penurunan glukosa puasa dan HbA1c berbanding terbalik dengan berat badan. Penurunan terbesar dalam glukosa darah puasa terlihat dalam studi dengan durasi terpanjang.

“Diet rendah GI mungkin berguna untuk mengontrol glikemik dan dapat menurunkan berat badan pada orang dengan pradiabetes atau diabetes,” studi tersebut menyimpulkan dilansir dari Express.

Dalam studi lain dengan Institut Kesehatan Nasional Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, indeks glikemik dalam makanan pasien rawat jalan Eropa dengan diabetes dianalisis.

Studi tersebut mengatakan hubungan GI dengan kolesterol serum (total, LDL, dan HDL), dan triasilgliserol puasa dianalisis pada 2.810 orang dengan diabetes tipe 1.

Disimpulkan bahwa penelitian pada pasien Eropa dengan diabetes tipe 1 menunjukkan bahwa diet GI yang lebih rendah berhubungan dengan konsentrasi Hb A (1c) yang lebih rendah, terlepas dari asupan serat.

Apa indeks glikemik dalam makanan?

Indeks glikemik (GI) menunjukkan apakah suatu jenis makanan meningkatkan kadar glukosa darah dengan cepat, sedang atau lambat.

Ini berarti dapat bermanfaat bagi penderita diabetes. Karbohidrat tertentu dicerna dan diserap dengan kecepatan berbeda, dan GI adalah peringkat seberapa cepat setiap makanan atau minuman berbasis karbohidrat memengaruhi kadar glukosa darah.

Indeks GI berkisar dari 0 hingga 100 dan biasanya menggunakan glukosa murni, yang memiliki GI sekitar 100, sebagai acuan.

Karbohidrat yang diserap lambat memiliki peringkat GI rendah dan makanan yang termasuk di dalamnya adalah buah-buahan dan sayuran, susu tanpa pemanis, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan beberapa sereal dan roti gandum utuh.

Ketika berbicara tentang makanan yang memiliki peringkat GI rendah dan membantu menjaga gula darah tetap rendah, alpukat adalah salah satu yang terbaik.

Medical News Today mengatakan asam lemak tak jenuh ganda dan asam lemak tak jenuh tunggal adalah komponen penting dari rencana makan gula darah yang sehat dan alpukat dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Makanan lain termasuk tuna dan ikan, ceri asam, sayuran berdaun hijau, blueberry, almond, biji-bijian dan telur.

Makanan dengan GI tinggi dan sebaiknya dihindari jika hidup dengan diabetes tipe 2 termasuk gula dan makanan manis, roti putih, nasi putih, dan kentang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro