Daging merah berprotein/boldsky.com
Health

Ini Daftar Pantangan Makanan untuk Penderita Kista, Daging Merah Salah Satunya

Newswire
Sabtu, 22 Mei 2021 - 07:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pengidap kista ovarium harus menghindari beberapa makanan yang dapat memperparah penyakit tersebut. Sayangnya menghindari makanan pantangan tersebut juga tidak serta-merta menyembuhkan penyakit ini.

Kista yang berukuran besar, perlu perawatan lanjutan seperti konsumsi obat dan melakukan operasi. Kista ovarium sendiri adalah kantong berisi cairan yang tumbuh di dalam atau sekitar indung telur.

Sebenarnya sebagian jenis kista ovarium tidak berbahaya bahkan bisa sembuh dengan sendirinya, namun ada pula jenis kista yang ganas dan bisa menimbulkan nyeri hebat.

Sebaiknya menjalankan pola hidup sehat dapat membantu proses penyembuhan terutama membatasi makanan yang dilarang. Adapun jenis makanan tersebut adalah sebagai berikut.

Urutan pertama adalah daging merah sapi dan keju. Mengonsumsi makanan ini dapat berisiko terbentuknya kista ovarium jinak, bahkan jika berlebihan bisa memperparah kista.

Begitupun makanan berlemak sangat berpengaruh pada terbentuknya kista ovarium. Biasanya terdapat pada makanan cepat saji. Seperti mi instan, ikan asin dan makanan kaleng, bahan pengawet yang terkandung di dalamnya bisa memperbesar ukuran kista.

Penderita kista juga disarankan mengurangi porsi nasi putih karena sudah memiliki kadar insulin yang tinggi. Pasalnya nasi putih merupakan salah satu jenis makanan tinggi karbohidrat yang bisa memicu naiknya kadar insulin di tubuh.

Masih berkaitan dengan insulin, penderita kista juga harus membatasi konsumsi roti tawar, kentang serta makanan dan minuman yang manis-manis. Karena hormon insulin dalam tubuh pengidap kista diduga tidak bisa bekerja dengan baik dalam mengubah gula menjadi energi.

Makanan pantangan selanjutnya adalah makanan laut, karena mengandung kolesterol yang tinggi. Sementara itu beberapa buah dan sayur justru harus dihindari. Untuk buah berupa nanas, durian, anggur, lengkeng dan nangka. Sebab kandungan alkohol alaminya bisa memicu kista ovarium berkembang menjadi kanker. Sedangkan sayuran seperti sawi putih, tauge, kangkung dan cabai.

Penderita kista juga dilarang mengonsumsi unggas yang disuntik obat-obatan kimia. Pasalnya hormon yang disuntikkan untuk menambah bobot unggas sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, termasuk kista.

Terakhir minuman mengandung kafein, soda dan alkohol sangat terlarang bagi penderita kista. Kandungan pada minuman berbahan tersebut bisa meningkatkan kadar esterogen yang akan memperburuk kondisi kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro