Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cowok, Ini Olahraga untuk Dongkrak Kesuburan

Jenis olahraga yang paling baik untuk meningkatkan kualitas sperma pria adalah angkat beban dan kardio, seperti lari.
Astrid Prihatini Wisnu Dewi
Astrid Prihatini Wisnu Dewi - Bisnis.com 22 Mei 2021  |  16:00 WIB
Angkat beban - Istimewa
Angkat beban - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Selain dari makanan, olahraga juga terbukti efektif mendongkrak kesuburan pria. Namun, tidak semua olah tubuh cocok untuk meningkatkan jumlah sperma.

Lalu, olahraga apa sajakah yang bermanfaat untuk kesuburan pria?

Kesehatan reproduksi pria juga penting untuk mendapatkan keturunan. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan reproduksi kaum Adam.

Lalu, seberapa efektif olahraga mendongkrak kesuburan pria?

“Olahraga tak hanya bisa menyingkirkan lemak. Aktivitas ini juga bisa meningkatkan kesuburan pria lantaran membuat kadar testosteron tetap optimal, sehingga berpengaruh baik untuk kesuburan,” kata ahli urologi Baylor College of Medicine di Houston, Amerika Serikat (AS) Larry Lipshultz.

Menurutnya, jenis olahraga yang paling baik untuk meningkatkan kualitas sperma pria adalah angkat beban dan kardio, seperti lari.

Senada dengan itu, dokter Muhammad Iqbal mengatakan bahwa pria yang melakukan olahraga angkat beban selama 2 jam atau lebih per pekan mengalami peningkatan kualitas sperma sebanyak 25 persen.

“Sementara itu, penelitian pada 2017 mengungkap bahwa 45 pria obesitas yang melakukan olahraga kardio selama 50 menit per pekan terbukti mengalami peningkatan jumlah dan motilitas sperma,” beber Iqbal.

Berikut ini beberapa olahraga yang baik untuk kesuburan pria sebagaimana mengutip laman klikdokter.com, Jumat (21/5/2021):

1. Jogging

Menurut Iqbal, jenis olahraga kardio yang satu ini bisa dilakukan oleh pria demi meningkatkan kesuburan. Jogging dapat dilakukan dengan durasi 30 menit, sebanyak 5 kali dalam sepekan. Lakukan pemanasan yang tepat, agar Anda tidak berisiko cedera.

2. Berlari di treadmill

Jika sulit melakukan jogging di luar rumah karena satu dan lain hal, berlari di atas treadmill bisa menjadi alternatif yang Anda pilih. Olahraga ini juga efektif untuk dongkrak kesuburan pria. Durasi berlari di treadmill yang dianjurkan adalah selama 30 menit, dan dilakukan sebanyak 5 kali dalam seminggu.

3. Lari jarak jauh

Lari jarak jauh (maraton) juga termasuk olahraga untuk dongkrak kesuburan pria dan kualitas sperma.

Agar mendapatkan manfaat yang optimal, Anda dapat berlari dengan jarak yang dekat terlebih dahulu. Setelah terbiasa, Anda dapat meningkatkan jarak tersebut sesuai dengan kemampuan.

4. Angkat beban

Angkat beban juga merupakan olahraga untuk dongkrak kesuburan pria.

“Angkat beban terbukti dapat meningkatkan kadar testosteron dan sensitivitas insulin. Kedua hal tersebut turut berpengaruh pada sel sperma lebih yang lebih berkualitas pada pria,” ucap Iqbal

5. Yoga

Yoga adalah jenis olahraga relaksasi, yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Dengan melakukannya secara rutin, teratur, dan di bawah pengawas yang ahli, olahraga tersebut juga bisa meningkatkan kesuburan pria, lho!

“Olahraga yoga bisa meningkatkan kesehatan mental dan akan berpengaruh pada produksi sperma,” jelas Iqbal.

6. Pilates

“Pilates juga meningkatkan libido alias gairah seksual. Jadi, sensasi berhubungan seksual akan lebih intens sehingga meningkatkan peluang untuk hamil,” tutur Iqbal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

olahraga sperma Kesuburan

Sumber : Solopos

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top