Mata Panda/Istimewa
Fashion

5 Cara Alami Hilangkan Mata Panda

Janlika Putri Indah Sari
Sabtu, 22 Mei 2021 - 15:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lingkaran hitam menjadi salah satu masalah kulit paling umum yang membuat tampilan kurang menarik. Lingkaran mata membuat wajah terlihat lelah dan menua.

Lingkaran hitam di sekitar mata itu biasa disebut mata panda. Seringkali, mata panda ini sulit disingkirkan.

Lingkaran hitam itu disebabkan beberapa faktor seperti stres, kurang tidur, perubahan hormonal, rutinitas yang terganggu, kurangnya diet kaya vitamin, hidrasi, tidak menggunakan tabir surya, penuaan, alergi, genetika, terlalu banyak waktu layar seperti ponsel , laptop, TV, dan lainnya.

Jangan dulu merana karena ada pengobatan rumahan yang mampu membasmi mata panda.

Melansir dari pinkvilla, Sabtu (22/5/2021) Konsultan Dermatologi, Dr. Rinky Kapoor, memberi beberapa pengobatan rumahan yang mudah untuk menghilangkan kantung mata.

Berikut adalah 3 cara sederhana yang bisa dilakukan :

1. Mentimun

Mentimun adalah obat untuk mengatasi lingkaran hitam selama berabad-abad. Parut sedikit mentimun dan tambahkan sedikit minyak kelapa, gel lidah buaya dan beberapa tetes minyak biji wortel untuk membuat pasta yang lembut. Bekukan dalam nampan es batu. 

Gosokkan perlahan es batu racikan di sekitar area mata. Biarkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan. Lakukan ini setiap hari atau kapan pun Anda merasa mata Anda lelah.

2. Tomat

Tomat dapat digunakan dengan berbagai cara untuk mencerahkan lingkaran hitam mata. Salah satunya  campurkan tomat utuh dengan  lemon menjadi jus. Gunakan bola kapas untuk mengaplikasikannya di sekitar mata. Biarkan selama 10 menit dan bersihkan.

Cara lainnya, peras jus tomat segar dan campurkan beberapa tetes minyak almond ke dalamnya. Oleskan di sekitar mata sebelum tidur, lalu bilas pada pagi hari.

3. Jeruk

Jeruk kaya vitamin A dan C.  Campur beberapa tetes jus jeruk dengan gliserin dan oleskan di sekitar lingkaran hitam dan cuci setelah kering. Cara tersebut akan menghilangkan lingkaran hitam dan juga mengembalikan kecerahan kulit.

4. Soda kue

Jika sedang terburu-buru maka trik ini paling tepat. Campurkan satu sendok teh soda kue dengan air hangat untuk membuat pasta. Celupkan kapas ke dalam pasta ini dan letakkan di atas mata. Biarkan selama 10-15 menit dan bersihkan.

5.Minyak almond dan jus lemon

Campurkan 1 sendok teh minyak almond dengan beberapa tetes jus lemon dan oleskan campuran ini di sekitar mata dengan arah berlawanan arah jarum jam. Pijat dengan baik dan biarkan istirahat selama 2-3 menit, bilas sampai bersih.

Cara rumahan ini akan semakin efektif  dengan hal berikut :

1. Mengoleskan tabir surya di sekitar area mata.

2. Kenakan kacamata hitam saat Anda keluar.

3. Selalu mengoleskan eye cream / pelembab di sekitar mata setelah membersihkan wajah.

4. Minum air dalam jumlah yang cukup.

5. Konsumsi makanan yang kaya vitamin E, A dan C.

6. Konsumsi cokelat gelap dalam makanan Anda.

7. Simpan bantal di bawah kepala untuk menjaga agar area mata tetap tinggi.

8. Sertakan meditasi dan yoga dalam rutinitas harian.

9. Lakukan senam mata secara teratur

10. Konsultasikan dengan dokter kulit jika lingkaran hitam tetap ada dan menjadi parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro