Seorang pasien dengan gangguan pernapasan berbaring di dalam mobil sambil menunggu untuk masuk rumah sakit Covid-19 untuk perawatan di tengah penyebaran penyakit virus corona di Ahmedabad, India, Kamis (22/4/2021). /Antara-REUTERS
Health

Awas, Covid-19 Dapat Picu Risiko Penyakit Lain

Ni Luh Anggela
Selasa, 25 Mei 2021 - 16:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jumlah kasus Covid-19 di beberapa negara mulai menurun sejak April 2021. Banyak peneliti tertarik untuk mencari tahu efek jangka panjang dari infeksi SARS-CoV-2 ini.

Sebuah studi baru, yang muncul di jurnal BMJ, memeriksa peningkatan risiko mengembangkan kondisi kesehatan baru setelah infeksi SARS-CoV-2.

Sejak WHO menyatakan kasus Covid-19 merupakan pandemi lebih dari 1 tahun yang lalu, lebih dari 164 juta orang telah tertular virus, dan 3,4 juta orang telah meninggal sebagai akibatnya.

Melansir Medical News Today, Selasa (25/5/2021), studi retrospektif baru memeriksa orang-orang yang telah dites positif untuk SARS-CoV-2 antara 1 Januari dan 31 Oktober 2020. Dari 266.586 orang dengan infeksi SARS-CoV-2, para peneliti memeriksa catatan 193.113 peserta yang didiagnosis dengan Covid-19 dan diikuti selama setidaknya 21 hari.

Para peserta berusia 18-65 tahun, dan menurut makalah, masing-masing adalah bagian dari "rencana kesehatan besar Amerika Serikat." Untuk melacak para peserta, para peneliti mengambil informasi dari database klaim nasional, database pengujian laboratorium, dan database penerimaan rumah sakit rawat inap.

Para peneliti memeriksa catatan para peserta untuk melihat berapa banyak yang telah didiagnosis dengan kondisi medis baru dalam waktu 6 bulan dari "fase pasca-akut," yang mereka tentukan sebagai periode yang dimulai 3 minggu setelah diagnosis awal Covid-19.

Setelah menyusun data ini, penulis studi membandingkannya dengan data dari kelompok lain yang telah dirawat di rumah sakit, termasuk kelompok dengan rencana perawatan kesehatan berkelanjutan pada 2020 yang tidak terdiagnosis Covid-19.

Para peneliti menemukan bahwa 14 persen peserta dengan Covid-19 telah mengembangkan setidaknya satu kondisi medis baru yang membutuhkan perawatan setelah fase akut infeksi SARS-CoV-2 mereka.

Kondisi kesehatan baru yang terjadi sebagai konsekuensi dari penyakit sebelumnya disebut "sekuel."

Para penulis mengungkapkan, "Peningkatan risiko sekuel klinis tertentu setelah infeksi akut mencatat berbagai sistem organ, termasuk kardiovaskular, neurologis, ginjal, pernapasan, dan komplikasi kesehatan mental."

Risiko mengembangkan kondisi baru adalah 5 persen lebih tinggi di antara kelompok ini, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak terdiagnosis Covid-19.

Peningkatan kemungkinan mengalami kondisi medis baru setelah infeksi SARS-CoV-2 tidak terbatas pada orang yang lebih tua atau orang dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya. Banyak orang muda, termasuk mereka yang tidak memiliki riwayat masalah kesehatan sebelumnya, mengembangkan kondisi baru setelah memiliki Covid-19.

"Para profesional kesehatan harus waspada terhadap kemungkinan Covid jangka panjang pada siapa pun dengan Covid-19 yang dikonfirmasi atau dicurigai. Bagaimana mengobati konsekuensi jangka panjang ini sekarang menjadi prioritas penelitian yang mendesak," kata Elaine Maxwell, seorang penasihat ilmiah di National Institute for Health Research di London, menulis dalam sebuah editorial.

Hasil penelitian ini menekankan pentingnya mengurangi penyebaran Covid-19. Selain menurunkan angka kematian dan perawatan di rumah sakit, penting juga untuk mempertimbangkan efek jangka panjang pada sistem perawatan kesehatan di seluruh dunia.

Dalam sebuah wawancara dengan Medical News Today, William Schaffner, profesor kedokteran di Divisi Penyakit Menular di Vanderbilt University Medical Center, di Nashville, berbagi pemikirannya tentang studi baru ini.

"Ini adalah studi yang solid yang memberikan perkiraan seberapa sering gejala baru seperti itu terjadi: 14 persen," kata Schaffner. "Ini adalah proporsi pasien yang sangat tinggi. Ada spektrum gejala yang luas yang melibatkan banyak sistem organ. Dampak pada sistem perawatan kesehatan dari banyak pasien ini yang membutuhkan perawatan medis dalam jangka waktu yang lama akan menjadi substansial."

Para peneliti mengakui bahwa studi mereka memiliki beberapa kelemahan. Mereka tidak dapat memasukkan risiko kematian, misalnya, karena keterbatasan database mereka.

Juga, mereka mencatat bahwa mereka mungkin telah salah mengklasifikasikan beberapa peserta. Misalnya, sementara peserta dalam kelompok kontrol tidak memiliki diagnosis Covid-19, penyakit ini mungkin tidak terdiagnosis pada beberapa orang, yang berpotensi mendistorsi data.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro