Suntik vaksin virus corona./ilustrasi
Health

Cara Meredakan Efek Samping Suntikan Vaksin Virus Corona

Novita Sari Simamora
Selasa, 25 Mei 2021 - 19:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Program vaksinasi virus corona untuk menuntaskan pandemi Covid-19 menjadi perhatian masyarakat.

Sebagian masyarakat mengaku merasakan nyeri pada bekas suntikan, mengantuk, nyeri punggung dan mengalami demam. Rasa sakit usai vaksin virus corona bisa diredakan dengan mengonsumsi beberapa jenis obat.

Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) di Amerika Serikat mengungkapkan agar penerima vaksin menghubungi dokter jika merasakan sakit yang luar biasa pada bekas suntikan. Selain itu, peserta vaksin juga bisa menggunakan obat yang dijual bebas untuk meringankan gejala sakit seperti asetaminofen.

Sementara itu, UCI Health di California, menawarkan panduan tambahan. Sebuah FAQ yang dipasang di situs web mereka memperingatkan orang-orang untuk tidak "melakukan pengobatan vaksin".

Jika peserta vaksin menambahkan minum obat yang dijual bebas sebelum menerima suntikan dapat memengaruhi kemanjuran vaksin. Jika Anda secara teratur minum aspirin, acetaminophen (misalnya, Tylenol) dan ibuprofen (misalnya, Motrin, Advil) untuk kondisi medis lainnya, terus lakukan sesuai petunjuk dokter Anda atau sesuai kebutuhan. Jika tidak, jangan lakukan sebelum suntik vaksin.

"Mengonsumsi obat yang dijual bebas seperti asetaminofen dan ibuprofen sebelum menerima vaksin dapat mengurangi kemampuannya untuk bekerja dan menumpulkan respons kekebalan Anda terhadap vaksin," tulis pernyataan itu.

"Setelah vaksinasi, jangan ragu untuk minum obat yang dijual bebas jika Anda memiliki gejala yang membuat Anda tidak nyaman."

Kelompok Kerja Ahli Komisi Obat-obatan Manusia (CHM) menyimpulkan orang masih dapat meminumnya. CHM menemukan bahwa "saat ini tidak ada cukup bukti untuk menetapkan hubungan antara penggunaan ibuprofen, atau obat antiinflamasi non steroid (NSAID) lainnya, dan kerentanan tertular Covid-19 atau memburuknya gejalanya.

Saran pemerintah menambahkan bahwa orang harus tetap "membaca informasi pasien saat mengonsumsi obat yang dijual bebas, seperti ibuprofen dan parasetamol, dan mengikuti petunjuk tentang cara mengonsumsi obat."

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro