Ilustrasi Perokok. /Imt.ie
Health

Awas, 5 Bahaya Rokok bagi Kesehatan Mulut Anda

Ni Luh Anggela
Rabu, 26 Mei 2021 - 12:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia merupakan negara ketiga dengan jumlah perokok terbesar di dunia setelah Cina dan India, menurut data WHO.

Peningkatan konsumsi rokok berdampak pada makin tingginya beban penyakit akibat rokok dan bertambahnya angka kematian akibat rokok. Selain menimbulkan penyakit hingga kematian, kebiasaan merokok juga dapat mengubah penampilan Anda dengan mempercepat penuaan dan merusak gigi Anda.

Tidak ada yang tahu seberapa buruk merokok bagi Anda, tetapi Anda bisa menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Para ahli di Banning Dental, melansir Express, Rabu (26/5/2021) mengatakan ada berbagai masalah gigi yang terkait degan mulut perokok, dan beberapa diantaranya tidak dapat diubah.

“Dari sudut pandang dokter gigi, ada beberapa tanda yang sangat umum dari gigi perokok yang sangat jelas terlihat pada konsultasi awal.”

Para ahli telah mengungkapkan lima cara merokok memengaruhi kesehatan mulut Anda dan bagaimana dokter gigi dapat mengetahui apakah Anda merokok.

1. Perubahan warna gigi

Gigi putih tidak akan pernah kehabisan gaya tetapi Anda tidak akan pernah mencapai gigi yang berkilauan dan sehat jika Anda merokok.

Bahkan merokok beberapa batang rokok per hari akan menyebabkan pewarnaan dan perubahan warna, hanya dengan kecepatan yang sedikit lebih lambat daripada jika Anda merokok lebih banyak, menurut para ahli di Banning Dental.

Bayangkan gigi Anda seperti sepotong porselen yang dihargai. Ini adalah enamel gigi Anda. Porselen memiliki retakan yang sangat halus di dalamnya dan ketika kita menggunakan gigi kita selama bertahun-tahun, retakan miniatur menyerap hampir semua yang kita makan dan minum.

Untuk perokok, dengan setiap tarikan rokok, nikotin, tar dan zat lain yang berkontribusi membuat batang tembakau ini sangat adiktif, meresap ke dalam celah-celah dan berkontribusi pada tanda-tanda klasik pada gigi perokok yang menguning. Karena uapnya sangat halus, ia dapat melakukannya dengan sangat mudah.

Tidak peduli seberapa baik Anda menyikat dan membersihkan gigi, pewarnaan berat tidak dapat dihilangkan dan gigi Anda akan tetap kuning.

Gigi kuning juga membuat kita tampak lebih tua dari usia kita, dan Anda mungkin tidak menginginkan itu.

Para ahli menyatakan kecerahan dan vitalitas yang mungkin pernah kita miliki di masa muda kita sekarang memberi jalan bagi penampilan yang lebih lelah, dan kusam.

"Dalam masyarakat yang sangat ingin menentang efek penuaan, membuang rokok akan menjadi praktik anti penuaan yang paling efektif dari semuanya. Menghemat uang dan kesehatan Anda!"

2. Kerusakan dan kehilangan gigi

Kerusakannya tidak selalu terlihat jelas sejak awal, tetapi merokok dalam jangka panjang akan menyebabkan gigi Anda berangsur-angsur membusuk.

Ketika merokok, pasokan oksigen yang tersedia untuk gusi dibatasi sehingga saraf tidak menerima pasokan darah sehat yang memadai untuk tetap sehat.

Ruang yang cukup besar dapat muncul di antara gigi dan di sekitar garis gusi.

Tidak hanya segitiga hitam ini sedap dipandang, tetapi mereka juga sering dapat menyebabkan infeksi dengan makanan menjadi terperangkap di antara gigi.

Ini akan mengakibatkan rongga tumbuh lebih besar dan struktur gigi melemah. Dalam kasus terburuk, gigi pada akhirnya akan rontok atau perlu dicabut.

Jika Anda mencapai titik kehilangan gigi dan kerusakan gigi, ini akan menyebabkan tanda-tanda penuaan lebih lanjut dan yang paling pasti prosedur gigi yang lebih mahal.

Mereka menunjukkan bahwa dengan harga rokok satu bulan saja, Anda dapat berupaya untuk memiliki satu set gigi yang luar biasa dan memastikan wajah Anda tampak lebih muda.

3. Penyakit periodontal

Penyakit periodontal, juga dikenal sebagai penyakit gusi, adalah infeksi bakteri pada mulut yang seiring waktu, menyebabkan kerusakan pada gusi dan gigi.

Tanda-tanda pertama adalah berdarah ketika flossing dan kadang-kadang bahkan pendarahan saat menyikat.

Juru bicara Banning Dental mengatakan: "Saat penyakit periodontal berkembang, gusi mulai terlihat seperti surut - tanda klasik lainnya dari gigi perokok.

Penyakit periodontal dapat pulih kembali jika diketahui lebih awal, jadi jika Anda seorang perokok dan mengalami hal ini, berhenti merokok dan membuat janji dengan dokter gigi menjadi sangat penting.

4. Kerusakan tulang

Jika penyakit gusi tidak diperiksa dan diobati, infeksi akan menyebar dan menyebabkan kerusakan tulang. Infeksi akan bergerak lebih dalam ke dalam jaringan gusi dan struktur tulang yang mendasarinya, menyebabkan tulang menjadi rusak.

Terkadang dalam kasus yang lebih lanjut, pembedahan menjadi perlu dilakukan. Itu dapat memiliki efek yang menghancurkan pada struktur garis rahang Anda dan fitur wajah secara keseluruhan.

Pengeroposan tulang menyebabkan tampilan tenggelam dan ditarik dan membutuhkan intervensi dan rekonstruksi yang jauh lebih besar. Tolong jangan sampai Anda mencapai tahap ini.

5. Kanker mulut

NHS melaporkan bahwa sekitar 8.300 orang didiagnosis menderita kanker mulut setiap tahun di Inggris, yaitu sekitar satu dari setiap 50 kanker yang didiagnosis.

Para ahli Dental Practise menunjukkan bahwa penyebab utama kanker mulut dikaitkan dengan merokok dan minum alkohol, dua hal yang dapat Anda hentikan. Kanker mulut dapat memengaruhi setiap bagian mulut, termasuk bibir, gusi, pipi, gigi dan lidah.

Karena kita bergantung pada mulut kita untuk makan, minum dan berkomunikasi ini adalah kondisi yang sangat menantang, yang benar-benar hanya dapat diobati dengan operasi, radioterapi dan kemoterapi. Ini bukan sesuatu yang harus dianggap enteng, tetapi risikonya dapat dikurangi secara besar-besaran dengan menendang kebiasaan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro