Stroke/webmd.com
Health

Tips Sederhana Turunkan Risiko Stroke, Lakukan Ini di Pagi Hari

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 28 Mei 2021 - 07:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Stroke lima kali lebih mungkin terjadi jika Anda menderita atrial fibrillation (AF) atau irama jantung abnormal yang terasa seolah-olah jantung berdebar-debar. Ini terjadi ketika ruang atas otot bergetar atau berkedut karena impuls listrik.

Gejala AF termasuk jantung berdebar, nyeri dada, kelelahan, sesak napas, dan pusing. Kondisi perasaan berdebar-debar dapat berlangsung selama beberapa saat hingga beberapa jam.

Mengapa ini terjadi? British Heart Foundation (BHF) menyatakan bahwa "kerusakan jantung adalah penyebab paling umum". Ini bisa jadi akibat tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, diabetes, atau beberapa kondisi lain, seperti:

1. Penyakit katup jantung
2. Penyakit jantung bawaan
3. Perikarditis
4. Kardiomiopati
5. Operasi jantung
6 Sindrom sinus sakit

Ini juga dapat disebabkan oleh "stres fisik dan mental", dan dikaitkan dengan:

1. Asma
2. Kanker paru-paru
3. Emboli paru

The American Heart Associated mengatakan bahwa Anda dapat menghindari AF dan, akibatnya berisiko terkena stroke, dengan tidak minum kopi di pagi hari. AF meningkatkan risiko pembentukan gumpalan darah di dalam otot jantung, yang dapat mengancam jiwa.

Misalnya, jika gumpalan darah mengalir ke otak, itu bisa menyebabkan stroke. John Hopkins Medicine menjelaskan cara terbaik untuk menurunkan risiko AF sepanjang hidup Anda.

Ini termasuk tidak merokok, mengikuti diet gaya Mediterania, aktif secara fisik, dan menjaga berat badan normal. Tindakan ini akan membantu meminimalkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner - dua faktor yang dapat menyebabkan AF.

Jika Anda mengembangkan AF, kebanyakan orang akan diberi resep obat pengencer darah, seperti warfarin. Mungkin ada pemicu untuk AF, yang mungkin unik untuk orang dengan kondisi tersebut.

Misalnya, beberapa orang mungkin mengalami jantung berdebar-debar jika minum kopi. Jadi, jika minum kopi memicu jantung berdebar-debar, sebaiknya hindari minuman tersebut sepenuhnya.

Pemicu umum lainnya termasuk stres, alkohol, olahraga tertentu, dan beberapa makanan. Mungkin berguna untuk membuat buku harian gejala sehingga Anda dapat mengidentifikasi pemicu khusus untuk Anda.

Anda dapat memeriksa apakah jantung Anda berdebar-debar dengan merasakan denyut nadi Anda. Untuk melakukan ini, letakkan dua jari di arteri di bagian bawah pergelangan tangan Anda untuk merasakan apakah arteri tidak teratur.

Sementara itu, BHF menyoroti tanda-tanda stroke - ingatlah untuk bertindak CEPAT.

F - kelemahan wajah
A - kelemahan lengan
S - masalah bicara
T - waktu untuk menelepon 999

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro