Ilustrasi/Wowamazing
Health

3 Tanda Tekanan Darah Anda Sangat Tinggi

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 28 Mei 2021 - 08:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, biasanya ditandai dengan tidak adanya gejala. Namun, jika tekanan darah Anda mencapai level yang berbahaya, gejalanya bisa muncul.

Tekanan darah tinggi menggambarkan kekuatan di mana darah menekan dinding arteri. Seiring waktu, kekuatan ini dapat menyebabkan arteri - saluran yang memasok darah ke organ vital - menyempit dan menyempit. Hasilnya adalah lebih sedikit darah yang mengalir melalui mereka; mekanisme yang menjadi pendahulu penyakit jantung.

Apa yang membuat tekanan darah tinggi sangat mematikan adalah biasanya tidak ada gejala yang mengingatkan Anda akan proses ini. Namun, jika tekanan darah Anda melewati ambang tertentu, tanda peringatan yang terlihat mungkin muncul.

Platform Kesehatan Ada menjelaskan kadang-kadang, orang dengan hipertensi esensial mungkin mengalami sakit kepala, pusing dan penglihatan kabur, tetapi gejala ini tidak mungkin terjadi sampai tekanan darah mencapai tingkat yang sangat tinggi.

Hipertensi esensial adalah jenis tekanan darah tinggi yang penyebabnya tidak dapat diidentifikasi dengan jelas.

Beberapa orang juga melaporkan bahwa detak jantungnya terdengar lebih keras dari biasanya dan terasa seperti di dalam telinga.

"Ini mungkin lebih menonjol karena semakin tinggi tekanan darahnya," jelas platform kesehatan tersebut.

Dalam kebanyakan kasus, satu-satunya cara untuk mengetahui apakah tekanan darah Anda tinggi adalah dengan memeriksakan tekanan darah Anda.

Untungnya, Anda dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengubah gaya hidup sehat.

Menurut Harvard Health, buah-buahan, sayuran, makanan olahan susu rendah lemak, kacang-kacangan, karbohidrat dari biji-bijian, dan lemak tak jenuh semuanya memiliki efek menyehatkan pada tekanan darah.

Penting juga untuk mengurangi garam karena garam meningkatkan tekanan darah. Menurut Action on Salt, kelompok yang peduli dengan garam dan pengaruhnya terhadap kesehatan, diet tinggi garam mengganggu keseimbangan natrium alami dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro