Olahraga bersama pasangan di TikTok
Relationship

10 Cara Bangun Kepercayaan dalam Hubungan Anda dan Pasangan

Ni Luh Anggela
Jumat, 28 Mei 2021 - 11:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kepercayaan menjadi hal penting dalam menjalani sebuah hubungan. Anda membutuhkan kepercayaan untuk merasa aman dengan apa yang Anda miliki dan untuk mengetahui bahwa orang tersebut tidak akan menyerah ketika keadaan menjadi kurang baik.

Anda membutuhkan kepercayaan untuk mengetahui bahwa ketika Anda mengalami suatu momen, mereka akan ada di sana untuk memegang tangan Anda. Anda membutuhkan kepercayaan dalam suatu hubungan agar merasa aman, dipeluk, dan benar-benar dicintai.

Namun, kepercayaan adalah hal yang rumit, terutama bagi Anda yang cenderung berhati-hati karena terlalu banyak orang yang mengkhianati Anda di masa lalu. Hubungan adalah kerja keras, kepercayaan adalah bisnis yang rumit, dan membangun serta memelihara kepercayaan adalah pekerjaan jangka panjang yang tidak pernah berakhir bagi kedua belah pihak.

Akan tetapi dari mana memulainya? Melansir Women’s Health, Jumat (28/5/2021), beberapa pakar memberi saran tentang cara membangun kepercayaan dalam hubungan Anda. Dan hanya sebagai pengingat: Kiat ini untuk Anda dan pasangan, jadi Anda mungkin ingin mendorong mereka untuk membaca ini juga.

1. Berada di sana saat mereka membutuhkan Anda.

Ketika kehidupan membuat Anda terpukul, ada baiknya memiliki seseorang untuk mengatasi pukulan itu bersama Anda. Theresa Herring, seorang terapis pernikahan dan keluarga berlisensi mengatakan bahwa ketika momen-momen ini terjadi — seperti kematian keluarga, keguguran, kehilangan pekerjaan, pandemi, atau sejenisnya — kehadiran sangatlah penting. Ini tentang memprioritaskan pasangan Anda dan kebutuhan emosional mereka dan mereka melakukan hal yang sama dalam keadaan apapun.

2. Bersikaplah responsif dan ikut terlibat.

"Saat Anda berkomunikasi atau menghabiskan waktu dengan pasangan Anda, perhatikan dan selaraskan dengan perasaan dan pengalaman mereka," saran Shawntres Parks, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi. Itu berarti tidak memeriksa Instagram saat mereka berbicara dengan Anda, serta merespons dengan nada dan emosi Anda secara tepat.

Jika Anda berada dalam hubungan jarak jauh , Anda masih dapat memvalidasi emosi dan pengalaman pasangan Anda melalui telepon, teks, atau video call, "selama Anda cukup memberi perhatian yang cukup untuk mengenali perasaan pasangan Anda dan meluangkan waktu untuk mengajukan pertanyaan klarifikasi jika Anda tidak yakin, "kata Parks.

Sebaliknya, jika Anda adalah orang yang merasa ingin berbagi sesuatu yang penting dengan pasangan Anda, beri tahu mereka sebelum Anda memulai. Cobalah dengan pertanyaan, "Apakah ini saat yang tepat untuk membicarakan hal ini?" untuk memastikan mereka tersedia secara emosional. “Mengatur waktu yang disepakati bersama untuk berbicara memberi semua pihak kesempatan untuk hadir sesering mungkin,” saran Parks.

3. Bersikaplah konsisten dan berkomitmen

“Apa pun yang Anda lakukan untuk membangun hubungan positif dalam hubungan harus dilakukan berulang-ulang,” kata Parks.

Untuk membangun rumah yang kuat, Anda harus meletakkan bata demi bata agar terasa seperti rumah. Hubungan juga sama — mereka melakukan tindakan yang berkomitmen dan konsisten. Dan itu akan menghindarkan Anda dari banyak keraguan dan stres.

Jadi, tunjukkan pada pasangan Anda ketika Anda mengatakan akan — bahkan ketika keadaan menjadi sulit, dan penuhi janji Anda, sehingga mereka tahu bahwa mereka dapat mengandalkan Anda dalam jangka panjang.

4. Prioritaskan waktu yang berkualitas.

“Waktu yang berkualitas juga membantu Anda dan pasangan membangun kesadaran tentang batasan pribadi dan ekspektasi hubungan Anda, ”kata Parks.

5. Tanggapi kebutuhan mereka.

Membangun kepercayaan sebenarnya bisa sangat sederhana. “Dengarkan apa yang penting bagi mereka, dan lakukanlah,” kata Herring. Terkadang, ini membutuhkan sedikit pengorbanan, seperti menjadwal ulang rencana happy hour ketika pasangan Anda memberi tahu Anda bahwa mereka mengalami hari yang buruk di tempat kerja dan membutuhkan dukungan atau pelukan Anda. “Melakukan hal itu, secara tidak langsung mengatakan, 'Aku mendengarmu, aku melihatmu, dan kamu penting.' Dan itu adalah dasar dari kepercayaan, ”katanya.

6. Tetapkan batasan

Anda mencintai pasangan Anda dan segala yang ada padanya, tetapi Anda juga bisa memutuskan kapan bisnis Anda hanya milik Anda dan kapan mereka bisa terlibat.

Mengapa batasan itu penting? Menurut Parks, menetapkan batasan akan membantu pasangan Anda memperlakukan Anda sebagaimana Anda ingin diperlakukan. "Tanpa mengetahui batasan Anda, kemungkinan pasangan Anda akan melakukan atau mengatakan sesuatu yang akan melanggar satu atau banyak batasan," kata Parks.

Luangkan waktu Anda sendiri untuk mengidentifikasi batasan Anda, dan kemudian sisihkan waktu untuk berdiskusi dengan pasangan Anda tentang batasan tersebut. “Anda dapat memberi tahu pasangan Anda, ‘waktu saya sangat penting bagi saya. Jika Anda akan terlambat, saya akan menghargai Anda mengkomunikasikannya sehingga saya dapat menyesuaikan jadwal saya sesuai dengan itu’, ”saran Parks.

“Meskipun ketepatan waktu tidak penting secara universal, mengomunikasikan batasan pribadi seperti ini dari waktu ke waktu menciptakan budaya pemahaman dalam hubungan di mana kepercayaan diperkuat karena semua orang tahu apa yang diharapkan dari satu sama lain,” kata Parks.

7. Saling menghormati

"Meremehkan, mengkritik, dan berteriak sangat cepat mengikis kepercayaan,” kata Herring. “Seiring waktu, hal itu dapat membuat pembangunan kembali menjadi hampir tidak mungkin.”

Jadi, buat aturan untuk argumen Anda, karena saat itulah rasa hormat sering menjadi masalah. Setuju untuk tidak pernah menggunakan hal-hal yang tidak akan Anda toleransi.

8. Tepati janji

“Katakan apa yang Anda maksud dan lakukan apa yang Anda katakan,” kata Herrings. "Jika pasangan Anda bisa memercayai kata-kata Anda, itu sangat berarti." Ini juga bisa menjadi hal-hal kecil, seperti berjanji untuk menelepon tukang dan benar-benar melakukannya. Kepercayaan berkembang dalam situasi ketika orang memiliki kesempatan untuk menjatuhkan bola tetapi benar-benar datang untuk menunjukkan bahwa mereka dapat diandalkan.

9. Bertanggung jawab atas tindakan Anda

Jika Anda pernah gagal ketahuilah bahwa Anda masih bisa memelihara kepercayaan dalam hubungan Anda dengan mengakui kekurangan Anda.

Misalnya, jika Anda lupa mengambil dry-cleaning, alih-alih menyalahkan pasangan karena tidak mengingatkan Anda, ' akui dan lakukan secepat mungkin . Melakukan hal itu mendorong mereka untuk melakukan hal yang sama, dan itu juga mengatakan, "Hei, saya tidak sempurna, tetapi saya akan mencoba yang terbaik untuk Anda." Itulah kepercayaan yang tulus dalam bentuk terbaiknya.

10. Segera di bahas saat masalah sedang terjadi

Ketika ada sesuatu dalam hubungan yang mengganggu Anda, jangan gigit lidah. Itu menahan pasangan Anda. Anda mungkin berpikir Anda membantu mereka, tetapi kemungkinan besar Anda akan menyampaikan keluhan Anda dengan cara lain (yang lebih buruk) di kemudian hari. Tidak ada yang mau menjadi orang yang berkomentar begitu saja dari tiga bulan lalu, lalu memulai pertengkaran yang tidak adil entah dari mana.

Sebaliknya, bagikan kekhawatiran saat itu muncul. Dengan melakukan itu, ini menunjukkan bahwa Anda cukup nyaman untuk jujur dan terus terang dengan orang penting Anda pada saat itu. Dan dengan cara ini, “pasangan Anda tidak perlu khawatir tentang suasana hati yang buruk tentang mereka, dan mereka dapat lebih mudah berada di sana untuk Anda,” kata Herring. “Komunikasi yang baik dan tepat waktu memfasilitasi kepercayaan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro