Seorang warga menerima suntikan vaksin Covid-19 Sinovac saat vaksinasi masal /Antara-Reutersrn
Health

Vaksin Sinovac Efektif dan Aman Digunakan untuk Masyarakat

Newswire
Kamis, 3 Juni 2021 - 12:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Asia Tenggara Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan Vaksin Sinovac efektif dan aman digunakan masyarakat berdasarkan persetujuan penggunaan darurat atau "Emergency Use of Listing" (EUL) dari WHO.

"WHO, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat dan European Medicines Agency (EMA) Eropa memang sejak awal menggunakan 'cut off' di atas 50 persen untuk persetujuannya," katanya melalui pernyataan secara tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Tjandra yang juga bergelar Guru Besar Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu mengatakan persetujuan WHO atas hasil penelitian fase tiga skala besar di Brasil menunjukkan efikasi 51 persen mencegah Covid-19 bergejala.

Selain itu, Sinovac juga memiliki efikasi 100 persen mencegah Covid-19 pada pasien yang mengalami kondisi gangguan kesehatan berskala berat dan 100 persen terhadap perawatan pasien di rumah sakit. "Tentu sesudah disuntik dua kali," katanya.

Dalam laporan WHO, kata Tjandra, juga dituliskan data penelitian di Indonesia dengan efikasi 65,3 persen dan di Turki 83,5 persen terhadap Covid-19 yang bergejala.

"Juga disebutkan hasil penelitian pendahuluan pascapenggunaan di Chile dengan melibatkan sekitar 2,5 juta orang dengan perkiraan efektifitas 67 persen terhadap Covid-19 yang bergejala, 85 persen terhadap kemungkinan dirawat di rumah sakit dan 80 persen terhadap kemungkinan kematian," katanya.

Tjandra mengatakan hasil penelitian pendahuluan di Manaus, Brasil, melaporkan vaksin Sinovac memiliki efektivitas 49,6 persen terhadap varian baru SARS-CoV-2 bernama P1. "Setidaknya satu dosis penyuntikan," katanya.

Tjandra mengatakan proses EUL terhadap produk vaksin memiliki sejumlah tahapan, di antaranya perusahaan vaksin akan mendaftar dulu ke WHO untuk mendapat EUL.

Selanjutnya, dilakukan analisa ilmiah dan mendalam yang melibatkan Strategic Advisory Group of Expert (SAGE) on Immunization, sebagai suatu badan independen yang membantu WHO dari sudut kepakaran ilmiahnya.

"Sesudah ada 'lampu hijau' dari SAGE, maka akan dianalisa lebih lanjut oleh WHO, dalam hal ini Department of Registration and Prequalification," katanya.

Dampak EUL terhadap vaksin Sinovac, kata Tjandra, dapat mendorong kegiatan vaksinasi Covid-19 yang lebih masif lagi di berbagai belahan dunia.

"EUL ini akan dapat digunakan dalam bantuan internasional multater, seperti COVAX. Kebetulan saya sebagai anggota Independent Allocation of Vaccines Group (IAVG) yang memang menyediakan vaksin bagi negara-negara yang membutuhkannya," katanya.

Tjandra menambahkan EUL dari WHO dapat memberi bukti-bukti ilmiah yang cukup lengkap tentang vaksin dan dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan baku setiap negara untuk mengeluarkan Emergency Use of Authorization (EUA) untuk penggunaannya di negara mereka masing-masing.

"Keterangan saya ini untuk memastikan bahwa vaksin Sinovac ini efektif dan aman, jadi tidak perlu ada keraguan sama sekali," katanya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro