Makanan mengandung Omega 3/Istimewa
Health

4 Manfaaat Omega-3 untuk Kesehatan, Bukan Cuma Bikin Otak Sehat

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 3 Juni 2021 - 15:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di banyak iklan makanan, seringkali kita membaca keterangan mengandung omega 3.Sebenarnya apa sih omega 3 itu dan manfaatnya untuk kesehatan?

Omega-3 merupakan asam lemak baik yang memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh manusia.

Asam lemak ini, tersusun dan EPA dan DHA yang penting untuk menjaga fungsi otak dan retina.

Dari 100 persen Omega-3 yang masuk ke dalam tubuh, lebih dari 40 persen digunakan untuk menyusus dinding sel neuron pada otak, lalu 30 persen untuk retina mata dan sisanya untuk jantung dan saraf.

Nutritionist Youvit, Puteri Aisyaffa Host mengatakan bila kebutuhan Omega-3 bagi orang dewasa dan anak berbeda.

"Pada orang dewasa membutuhkan 250 mg dan anak 145 mg perharinya. Maka dari itu perannya begitu penting untuk tubuh, bila kekurangan sedikit saja akan menggangu sistem tubuh," ujarnya secara virtual pada acara Luncurkan Vitamin Gummy dengan Omega-3 Pertama di Indonesia Youvit Omega-3 Launching Party : Dengarkan Kata Jantungmu, Kamis (3/6/2021).

Kandung omega-3 sangat berperan penting pada kesehatan setiap orang, maka dari itu mengkonsumsi makanan mengandung omega-3 sangat penting.

Berikut adalah manfaat dari omega-3 yang telah bisnis rangkum :

1. Menutrisi otak

Omega-3 membantu meningkatkan kelancaran aliran darah di otak, sehingga mengatasi gejala depresi, kecemasan, memperbaiki mood, dan mengurangi resiko munculnya demensia (pikun).

2. Memperlancar aliran darah

Omega-3 juga membantu melancarkan peredaran darah di jantung sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, omega-3 mempertahankan kesehatan sel tubuh, sehingga dapat mencegah munculnya penyakit tidak menular seperti stroke, diabetes, dan obesitas.

3. Kecerdasan

Sebagai asam lemak baik, sebanyak lebih dari 40 persen kandungan pada omega-3 digunakan sebagai unsur penyusun dinding sel neuron yang terdapat di otak. Sehingga, omega-3 sangat baik dalam meningkatkan kecerdasan anak, termasuk mempertajam daya tangkap dan daya ingatnya.

4. Mata

Omega-3 juga membantu menjaga kesehatan mata dengan meningkatkan ketajaman visual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro