Suasana sepi di sekitar Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (1/6/2021). Malaysia meluncurkan paket US$9,7miliar untuk membantu orang dan perusahaan saat lockdown nasional selama dua minggu yang dimulai hari ini. Bloomberg/Samsul Said
Health

Percepat Vaksinasi, Malaysia akan Ikut Uji Klinis Vaksin Covid-19 Baru dari China

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 6 Juni 2021 - 08:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Malaysia akan mengambil bagian dalam uji klinis fase tiga untuk vaksin COVID-19 baru yang diproduksi oleh Produk Biologi Kangtai Shenzhen China.

Studi klinis akan dilakukan di delapan pusat penelitian di Malaysia, kata direktur jenderal kesehatan Dr Noor Hisham Abdullah, Sabtu (5 Juni) dilansir dari Channel News Asia.

Uji klinis itu bakal melibatkan 3.000 orang dewasa berusia 18 tahun ke atas, dan diperkirakan akan memakan waktu 15 hingga 19 bulan.

"Selain Malaysia, negara lain yang terlibat dalam studi klinis adalah Kolombia, Argentina, Pakistan, Filipina, dan Ukraina," kata Dr Noor Hisham.

"Vaksin itu juga sebelumnya disetujui oleh China melalui Persetujuan Penggunaan Darurat pada 14 Mei." tambahnya.

Dia juga mengatakan bahwa penelitian ini dapat memberikan informasi klinis tentang efektivitas, keamanan, dan keberlanjutan vaksin COVID-19 kepada warga Malaysia.

Ini merupakan keunggulan yang dibutuhkan Malaysia, tambah Dr Noor Hisham, dalam upayanya mencapai herd immunity melalui program imunisasi COVID-19 secara nasional.

Malaysia melaporkan 7.452 kasus COVID-19 baru pada hari Sabtu, sedikit lebih rendah dari 7.748 infeksi yang tercatat sehari sebelumnya.

Selangor mencatat jumlah kasus tertinggi dengan 2.509, diikuti oleh Kuala Lumpur (678), Negeri Sembilan (843), Sarawak (651), Johor (412), Penang (370), Kelantan (312), Pahang (286), Kedah (263) dan Perak (252).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro