Ilustrasi Sariawan/Istimewa
Health

Perhatikan, Kondisi Mulut Anda Bisa Menjadi Tanda Gejala Diabetes Tipe 2

Ni Luh Anggela
Senin, 7 Juni 2021 - 10:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Diabetes muncul ketika hormon insulin, pengatur gula darah, menjadi kurang efektif. Orang dengan kadar gula darah tinggi tiga kali lebih mungkin mengalami masalah gigi daripada mereka yang tidak memiliki kondisi tersebut. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Kelebihan gula dalam darah menghasilkan lebih banyak gula dalam air liur Anda tempat berkembang biak yang ideal untuk bakteri jelas badan amal Diabetes UK melansir dari Express Senin (7/6/2021).

Bakteri menghasilkan asam yang menyerang email gigi dan merusak gusi. Gula darah tinggi juga dapat merusak pembuluh darah di mulut, yang dapat memicu infeksi. Kerusakan gigi, radang gusi (yaitu gingivitis), dan mulut kering (xerostomia) semuanya dapat dikaitkan dengan kadar gula darah yang tinggi.

Masalah gigi lainnya dapat mencakup periodontitis, sariawan mulut, mulut teriritasi dan sakit, kehilangan gigi, abses, dan gingivitis (juga dikenal sebagai penyakit gusi).

NHS menyatakan bahwa gusi sehat "harus merah muda, tegas dan menjaga gigi Anda aman di tempatnya".

"Gusi Anda seharusnya tidak berdarah saat Anda menyentuh atau menyikatnya," tambah NHS.

Tanda-tanda peringatan dini penyakit gusi meliputi gusi merah dan bengkak serta gusi berdarah setelah menyikat atau menggunakan benang gigi. Jika tidak diobati, jaringan dan tulang yang menopang gigi juga dapat terpengaruh – ini dikenal sebagai periodontitis.

1. Periodontitis

Gejala periodontitis seperti bau mulut (halitosis), rasa tidak enak di mulut Anda, gigi goyang yang bisa membuat Anda susah makan, dan kumpulan nanah yang berkembang di bawah gusi atau gigi Anda (yaitu abses gusi).

Lalu bagaimana cara terbaik untuk merawat gigi Anda? NHS merekomendasikan menyikat gigi dua kali sehari, sekali sebelum tidur, selama dua menit.

Pastikan pasta gigi yang Anda gunakan mengandung sekitar 1.350ppm hingga 1.500ppm fluoride – informasi ini bisa Anda lihat pada sisi tabung pasta gigi. Sedangkan untuk obat kumur, ini paling baik digunakan pada waktu alternatif (bukan saat Anda menyikat gigi). Ini karena kandungan pada obat kumur dapat membersihkan fluoride dalam pasta gigi – mineral yang membantu mencegah kerusakan gigi. NHS juga menyarankan flossing gigi setiap hari, sebelum menyikat gigi, dan mengunjungi dokter gigi setidaknya setiap dua tahun sekali.

Perawatan gigi seperti kerak dan poles dapat menghilangkan plak dan karang gigi yang menumpuk pada gigi – ini adalah "pembersihan profesional".

2. Sariawan

Orang dewasa dengan sariawan akan memiliki mulut merah yang memiliki bercak putih di atasnya. Jika Anda menghapus bercak putih, mereka dapat meninggalkan bintik-bintik merah yang bisa berdarah.

Gejala lain sariawan mulut meliputi retak di sudut mulut, tidak dapat mencicipi sesuatu dengan benar, rasa tidak enak di mulut, nyeri di dalam mulut (misalnya, lidah sakit atau gusi sakit), serta kesulitan makan dan minum.

Perlu Anda perhatikan bahwa sariawan oral "tidak menular", sehingga tidak dapat ditularkan kepada seseorang dengan berciuman.

Seorang apoteker akan dapat mengarahkan Anda ke pengobatan over-the-shelf terbaik untuk sariawan.

"Jika Anda membiarkan sariawan tidak diobati, infeksi dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh," NHS memperingatkan.

Jika Anda ingin tahu apakah Anda menderita diabetes atau tidak, Anda perlu melakukan tes darah.

Beri tahu dokter Anda secara khusus bahwa Anda menginginkan tes darah yang menguji diabetes. Gejala lain dari gula darah tinggi termasuk sering buang air kecil, rasa haus yang ekstrim, meningkatnya rasa lapar, luka yang lambat sembuh, penglihatan kabur, dan kelelahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro