Anak-anak minum susu. /Unicef
Health

Ini Pentingnya Susu Bagi Kehidupan Manusia

Janlika Putri Indah Sari
Rabu, 9 Juni 2021 - 20:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Susu menjadi minuman pertama yang dikenal oleh manusia sejak dari lahir.

Baik itu Air Susu Ibu (ASI), susu formula atau susu jenis lainnya, susu selalu berperan penting kesehatan manusia.

Susu sendiri merupakan salah satu sumber gizi unik karena mudah untuk dikonsumsi semua kalangan. Mulai dari ibu hamil hingga anak-anak memiliki susu yang khusus.

FKGM Universitas Gadjah Mada, Prof. dr. Mohammad Juffrie menjelaskan mengapa susu menjadi begitu penting bagi manusia. Itu karena kandungan protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh ada pada susu.

“ Kandungan baik pada susu baik bagi anak, terutama agar terhindar dari kekurangan gizi mikro seperti anemia defisiensi besi hingga kekurangan gizi makro seperti gizi buruk yang berujung stunting,” paparnya secara virtual acara Peningkatan Produksi dan Konsumsi Susu Turut Cegah Stunting, Rabu (9/6/2021).

Untuk itu, menurutnya upaya peningkatan produksi dan konsumsi susu di Indonesia perlu dibarengi dengan edukasi kepada masyarakat.

Susu sendiri sebagai sumber makronutrien dan mikronutrien dapat mencegah menjaga kesehatan secara umum anak. Dalam jangka panjang, meningkatknya konsumsi susu akan membuat masyarakat yang berkualitas.

Minum susu disertai prinsip gizi seimbang bagi ibu hamil turut mencegah bayi lahir pendek atau stunting. Susu yang berkualitas dapat berasal dari susu segar maupun susu terfortifikasi, dan perlu disertai dengan konsumsi gizi seimbang lainnya.

Produksi dan konsumsi susu juga ditentukan dari dunia usaha yang membawa inovasi serta menyediakan akses gizi bagi masyarakat.

“Selain susu segar, susu berkualitas yang mudah ditemui di masyarakat adalah susu terfortifikasi yang telah dilengkapi dengan gizi penting seperti protein, zat besi, vitamin C atau vitamin dan mineral lainnya,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro