Botol dengan stiker bertuliskan, Covid-19 / vaksin Coronavirus / Injeksi dan jarum suntik medis terlihat di depan logo AstraZeneca yang ditampilkan dalam ilustrasi (31/10/2020)./Antara-Reutersrn
Health

Penelitian: Vaksin AstraZeneca Timbulkan Risiko Gangguan Pendarahan 

Ni Luh Anggela
Kamis, 10 Juni 2021 - 11:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Orang-orang yang menerima vaksin Covid yang dibuat oleh Oxford-AstraZeneca memiliki risiko gangguan pendarahan yang sedikit meningkat, dan mungkin masalah darah langkah lainnya, kata para peneliti melaporkan pada hari Rabu (9/6/2021).
 
Temuan ini dari sebuah penelitian terhadap 2,53 juta orang dewasa di Skotlandia yang menerima dosis pertama mereka, baik vaksin AstraZeneca atau yang dibuat oleh Pfizer-BioNTech. Penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine. Sekitar 1,7 juta suntikan merupakan vaksin AstraZeneca. Studi ini tidak menemukan peningkatan risiko gangguan darah dengan vaksin Pfizer-BioNTech.
 
Vaksin AstraZeneca tidak dizinkan untuk digunakan di Amerika Serikat, tetapi telah disahkan oleh Badan Obat-obatan Eropa, regulator obat Uni Eropa, serta banyak negara di luar blok. Namun, laporan tentang gangguan pembekuan dan pendarahan langka pada orang dewasa yang lebih muda, beberapa fatal, menyebabkan sejumlah negara membatasi penggunaan vaksin untuk orang yang lebih tua dan beberapa negara menghentikannya sama sekali.
 
Melansir The New York Times pada Kamis (10/6/2021), studi baru ini menemukan bahwa vaksin AstraZeneca terkait dengan sedikit peningkatan risiko gangguan yang disebut purpura trombositopenik kekebalan tubuh, atau I.T.P., yang dapat menyebabkan memar dalam beberapa kasus tetapi juga pendarahan serius pada orang lain. Risiko itu diperkirakan 1,13 kasus per 100.000 orang menerima dosis pertama mereka, hingga 27 hari setelah vaksinasi.

"Perkiraan itu akan menjadi tambahan dari insiden khas di Inggris, sebelum vaksin digunakan, yang diperkirakan enam hingga sembilan kasus per 100.000," tulis New York Times, Kamis (10/6/2021). 

Kondisi itu dapat diobati, dan tidak ada satu pun kasus dalam penerima vaksin yang fatal, kata para peneliti. Mereka menekankan bahwa manfaat vaksin jauh lebih besar daripada risiko kecil, dan mencatat bahwa Covid itu sendiri jauh lebih mungkin daripada vaksin untuk menyebabkan I.T.P.

Namun, para peneliti juga menulis bahwa meskipun risiko dari vaksin AstraZeneca kecil, vaksin alternatif untuk individu dengan risiko Covid-19 rendah mungkin dijamin ketika pasokan memungkinkan.

Tidak mengherankan menemukan I.T.P. dalam beberapa penerima vaksin, para peneliti mencatat bahwa peningkatan kecil dalam risiko juga telah terjadi dengan vaksinasi untuk campak, gondok dan rubella, dan suntikan untuk hepatitis B dan flu.

Dalam komentar yang diterbitkan dengan penelitian, para ahli tentang gangguan darah mengatakan bahwa I.T.P. mungkin sulit didiagnosis dan bahwa kemungkinan koneksi membutuhkan analisis lebih lanjut. 

"Meskipun demikian, risiko I.T.P yang diinduksi vaksinasi pada tingkat yang diusulkan tampaknya jauh lebih rendah daripada banyak risiko yang terkait dengan Covid-19 itu sendiri," tulis peneliti. 

Studi di Skotlandia juga menemukan peningkatan risiko pembekuan darah arteri yang sangat kecil dan pendarahan yang mungkin terkait dengan vaksin AstraZeneca. Tetapi para peneliti mengatakan tidak ada cukup data untuk menyimpulkan bahwa vaksin itu terkait dengan jenis gumpalan darah langka di otak yang disebut sinus trombosis vena otak. Awal tahun ini, laporan tentang gumpalan otak itu membuat beberapa negara menangguhkan atau membatasi penggunaan vaksin.

Para peneliti mengatakan mereka tidak dapat mengesampingkan koneksi ke gumpalan otak, tetapi tidak ada cukup kasus untuk dianalisis.

"Gumpalan otak sama langkanya dengan gigi ayam," ujar Prof. Aziz Sheikh, penulis senior penelitian ini, dari University of Edinburgh. 

Kekhawatiran serupa telah muncul tentang gangguan langka yang melibatkan gumpalan otak dan pendarahan, terutama pada wanita yang lebih muda, terkait dengan vaksin Johnson & Johnson, yang disahkan di Amerika Serikat dan negara-negara lain. Enam kasus AS, termasuk satu kematian, membuat pejabat kesehatan federal memerintahkan jeda dalam penggunaan vaksin pada bulan April.

Jeda diangkat setelah 10 hari, dan vaksin dipulihkan dengan pelabelan untuk memperingatkan konsumen tentang risiko gumpalan dan ketersediaan vaksin lainnya. Beberapa kasus lagi diidentifikasi kemudian, dan dokter disarankan untuk menghindari penggunaan heparin, perawatan standar, dalam kasus ini, karena dapat membuat kondisinya lebih buruk.

Risiko pembekuan telah membuat Denmark menurun untuk menggunakan vaksin AstraZeneca atau Johnson & Johnson.Vaksin AstraZeneca dan Johnson & Johnson keduanya menggunakan apa yang disebut vektor virus untuk membawa bahan genetik ke dalam sel penerima, dan beberapa peneliti telah menyarankan bahwa vektor dapat menyebabkan gangguan darah langka.

Para penulis studi Skotlandia mengatakan mereka tidak tahu apakah temuan mereka pada vaksin AstraZeneca memiliki implikasi untuk vaksin Johnson & Johnson, yang belum mereka pelajari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro