Kombucha
Health

Ternyata Kombucha Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan Lho

Sartika Nuralifah
Senin, 14 Juni 2021 - 17:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kombucha adalah minuman fermentasi yang terbuat dari teh manis dan scoby. Apa benar kombucha dapat membantu menurunkan berat badan?

Kombucha adalah minuman yang diklaim mempunyai beberapa manfaat. Kombucha dapat dibuat dengan berbagai cara, tetapi metode tradisional melibatkan fermentasi alami teh manis dengan budaya hidup.

Anna Dominey, Manajer Umum Minuman Obat Inggris menjelaskan remedy Kombucha yang dibuat dalam jumlah sedikit dan diseduh dalam waktu lama selama 30 hari, yang menghasilkan minuman bersoda yang lezat dan menyegarkan dengan keseimbangan rasa manis dan asam. Ini adalah minuman yang secara alami bebas dari gula dan penuh antioksidan serta asam organik.

Ketika kombucha difermentasi secara alami dan disimpan mentah, tidak dipasteurisasi dan tanpa filter, kombucha mengandung bakteri yang sehat, hidup, dan baik.

Anna menjelaskan budaya hidup berpotensi mendukung kesehatan usus dengan meningkatkan keragaman flora usus, mencegah pertumbuhan serangga jahat yang membuat kita sakit dan memasok miliaran mikro-organisme yang penuh dengan vitamin, mineral dan serat yang menyehatkan. Bakteri di dalam usus digunakan sebagai sumber makanan untuk menghasilkan metabolit penting untuk kesehatan yang baik.

“Dengan meningkatkan kesehatan usus kita, maka kita dapat meningkatkan kekebalan, dan semua efek lanjutan lainnya dari penyerapan nutrisi yang lebih baik, seperti peningkatan mood, metabolisme, dan kesehatan otak. Selain manfaat ini, minuman seperti kombucha juga menawarkan alternatif rendah kalori dan rendah karbohidrat untuk minuman ringan dan pilihan bebas alkohol lainnya, yang seringkali tinggi kalori dan karbohidrat.” Ujar Anna.

Kombucha adalah pilihan yang baik untuk siapa saja, terutama orang yang ingin lebih sehat. Kombucha cocok untuk siapa pun yang mencari cara mudah untuk menjadi lebih sehat, untuk mendukung kesehatan usus mereka, untuk mengurangi gula, atau ingin menolak makanan dan minuman olahan demi alternatif yang lebih alami.

Kombucha tidak hanya merupakan minuman ringan yang lezat dan menyegarkan, tetapi juga merupakan alternatif alkohol yang bagus bagi mereka yang ingin mengurangi konsumsi minuman beralkohol.

Tidak ada takaran untuk meminum kombucha. Kombucha dapat diminum kapanpun sesuai yang kita mau.

Anna menjelaskan sebagian orang lebih suka meminum kombucha pada sore hari, terutama bagi mereka yang mencari cara untuk mengurangi gula dan pemanis buatan. Sebagian orang lagi menikmatinya di malam hari sebagai alternatif alkohol atau sebagai  bahan pencampur yang sehat. Ini juga berfungsi dengan baik sebagai pendamping makanan. 

Akankah kombucha membantu menurunkan berat badan?

Kombucha tidak akan secara langsung membantu kita menurunkan berat badan, tetapi jika kita mengganti minuman bersoda dan manis dengan kombucha, kita dapat mendapatkan maanfaat  berat badan yang menurun. Anna menjelaskan begitu banyak minuman bersoda  yang mengandung gula dan/ pemanis buatan, tetapi satu kaleng Remedy Kombucha 330ml mengandung hanya sembilan kalori.

Kombucha secara alami bebas gula dan rendah kafein. Maka dari itu, mengkonsumsi kombucha adalah cara sederhana namun efektif untuk mengurangi asupan gula, kalori, dan kafein, tanpa mengurangi kualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro