Kini telah hadir skincare alternatif retinol yang lebih lembut tetapi memiliki efek anti-aging, Bakuchiol./ilustrasi
Fashion

Lebih Aman Bakuchiol, Skincare Alternatif Retinol

Yuliana Hema
Rabu, 16 Juni 2021 - 10:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda mencari skincare untuk melawan penuaan (anti-aging) salah satu kandungan skincare yang direkomendasikan adalah retinol. 

Retinol adalah bahan perawatan kulit yang digunakan untuk membalikkan tanda-tanda penuaan. Sayangnya, kandungan retinol ini cukup keras pada kulit sehingga jika kulit Anda tidak terbiasa dapat menimbulkan iritasi. 

Namun kini telah hadir skincare alternatif retinol yang lebih lembut tetapi memiliki efek anti-aging, Bakuchiol. 

Lantas, apa itu Bakuchiol? 

Bakuchiol merupakan senyawa kimia yang diekstraksi dari Psoralea corylifolia , juga dikenal sebagai tanaman babchi.

Babchi merupakan tumbuhan asal India dan telah lama menjadi bagian dari pengobatan Ayurveda dan sering digunakan untuk mengobati penyakit kulit mulai dari gatal dan kemerahan hingga vitiligo.

Sifat Bakuchiol yang antioksidan, anti-inflamasi dan antibakterinya membuat para peneliti menjadi dan beberapa pengguna skincare jatuh cinta dengan kandungan ini. 

Manfaat Bakuchiol 

Melansir dari Newsweek, Juru Bicara American Academy of Dermatology (AAD) sekaligus seorang dokter kulit asal New York Debra Jaliman mengatakan Bakuchiol memiliki efek beberapa manfaat salah satunya mencegah garis-garis halus. 

"Penelitian telah menunjukkan bahwa bakuchiol membantu mencegah garis-garis halus dan kerutan, membantu pigmentasi, elastisitas dan kekencangan," jelas Jaliman. 

Jaliman juga merekomendasikan Bakuchiol ini untuk kepada semua kondisi kulit yang berbeda-beda mulai dari kulit kering, berjerawat terutama bagi Anda yang berkulit sensitif. 

Sebuah studi double-blind yang dilaporkan dalam British Journal of Dermatology menemukan bahwa penggunaan retinol selama 12 minggu pencobaan menimbulkan efek iritasi. Secara umum iritasi kulit, atau bahkan rasa terbakar, adalah salah satu kemungkinan kelemahan utama retinol. 

Bakuchiol, yang ternyata lebih lembut dari retinol, pasti bisa menjadi alternatif bagi orang-orang dengan kulit sensitif.

Apakah aman untuk wanita hamil?

Pasalnya, dokter umumnya menyarankan agar menghindari retinol selama masa kehamilan dan menyusui. 

Namun belum bisa dipastikan apakah Bakuchiol ini benar-benar aman untuk wanita hamil atau tidak. Tetapi ada beberapa ahli yang mempercayai kandungan ini aman. 

“Tidak seperti retinol yang harus dihindari saat hamil, bakuchiol aman digunakan,” kata Dr. Dendy Engelman, dilansir dari The Skincare Edit. 

Sedangkan masih ada ahli kulit lain yang sedang menunggu lebih banyak bukti untuk dapat disimpulkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yuliana Hema
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro