Ilustrasi/Psychologytoday
Relationship

8 Cara Membantu Pasangan Anda Terlibat Secara Emosional

Ni Luh Anggela
Rabu, 16 Juni 2021 - 20:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setiap orang dapat memberikan keterampilan dukungan emosional kepada orang yang mereka cintai tanpa harus menjadi terapis mereka. Beberapa pasangan, terutama pasangan penghindar, membutuhkan bantuan untuk mengakses dan mengekspresikan emosi mereka.
 
Mempelajari bagaimana melakukan keterampilan untuk satu sama lain menciptakan keamanan emosional, kepercayaan dan koneksi dalam hubungan dan pada akhirnya menciptakan keterikatan yang aman.
 
Julie Menanno, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi dan konselor profesional klinis berlisensi, membagikan beberapa cara yang bisa dilakukan agar pasangan Anda terlibat secara emosional.
 
“Tidak semua orang akan merespons dengan baik satu sama lain, jadi silahkan ambil apa yang Anda suka dan tinggalkan sisanya.” tulis  Julie pada laman Instagramnya @thesecurerelationship, Rabu (16/6/2021).
 
1. Hindari pertanyaan "Bagaimana perasaan Anda?"

Pasangan yang belum belajar untuk terhubung dengan emosi mereka menjadi sangat kewalahan ketika ditanya bagaimana perasaan mereka. Mereka benar-benar tidak tahu jawabannya tetapi merasa seolah-olah mereka seharusnya tahu, yang membuat mereka pada akhirnya merasa seolah-olah gagal. Mereka sering merespons dengan menutup diri atau menjadi defensif.
 
Alih-alih bertanya "bagaimana perasaanmu?" coba beberapa opsi lain di tulisan ini untuk membantu pasangan Anda lebih berhubungan dengan pengalaman batin mereka, yang membantu Anda merasa terhubung.
 
2. Renungkan dan Biasakan

Ketika pasangan Anda berbagi dengan Anda, gunakan keterampilan refleksi: "Jadi yang Anda katakan adalah bahwa itu membuat Anda malu ketika saya memberi tahu teman-teman saya tentang pertengkaran kita. Apakah saya benar?" Bertanya "apakah aku benar?" memberi mereka ruang untuk lebih mengklarifikasi dan tidak dikotak-kotakkan. Ini juga menghormati dan menunjukkan rasa ingin tahu.
 
Biasakan: Tetap dengan keadaan emosional pasangan Anda alih-alih mencoba membuatnya "tenang", dan atau tidak marah, sedih, atau emosi negatif lainnya. Semakin seseorang merasa seolah-olah mereka "dirasakan" secara emosional, semakin cepat perasaan mereka akan mereda. "Wow. Itu mengerikan. Aku juga akan marah."
 
3.  Memvalidasi, memvalidasi, dan memvalidasi

Beberapa pasangan tidak tahu bagaimana (atau tidak merasa berguna) untuk membicarakan perasaan mereka sehingga mereka tidak pernah memiliki kesempatan untuk merasa divalidasi. Mereka tidak tahu apa yang mereka lewatkan.
 
Pasangan penghindar berkembang dengan perasaan sukses, jadi cobalah untuk fokus pada apa yang mereka berikan, alih-alih apa yang tidak mereka berikan. Beritahu mereka bahwa rasanya menyenangkan untuk diizinkan masuk. "Terima kasih telah mengizinkan saya masuk. Saya merasa terhubung dengan Anda" Tindakan mengungkapkan penghargaan dapat menjalin ikatan dengan sendirinya.
 
4.  Apa artinya itu untukmu? 

Ketika pasangan Anda berbagi cerita dengan Anda menggunakan banyak detail dan fakta, cobalah untuk penasaran tentang apa arti fakta itu bagi mereka.  Fakta harus memiliki makna emosional, jika tidak, mereka tidak akan menghabiskan energi untuk membicarakannya.  Misalnya, ketika pasangan Anda berbicara tentang situasi di tempat kerja dan Anda mulai keluar dari zona karena ada begitu banyak informasi yang datang kepada Anda, coba katakan sesuatu seperti "Saya benar-benar ingin mendengar cerita penting ini, tetapi itu akan membantu saya merasa lebih terhubung dan terlibat jika Anda dapat memberitahu saya apa artinya semua ini bagi Anda. Ketika David mengatakan itu kepada Anda, apakah Anda merasa direndahkan? Jika demikian, itu pasti terasa tidak enak. Apakah Anda merasa sedih atau marah tentang itu?"
 
5.  Baca bahasa tubuh pasangan

Mereka yang tidak dapat mengatakan apa-apa untuk perasaan mereka akan menunjukkannya dalam bahasa tubuh mereka.  Misalnya, "Kaki Anda gemetar, apakah itu berarti Anda sedang cemas."  "Kamu mengatakan kamu tidak marah, tetapi wajahmu merah dan kamu bernafas lebih cepat. Aku tahu sulit bagimu untuk berbicara tentang marah, tetapi aku perlu kamu berbicara sekarang agar kita bisa menyelesaikannya.  ini."  "Wajahmu bersinar sekarang saat kamu berbicara. Itu membantuku melihat betapa baiknya kamu berada dalam situasi di mana kamu merasa percaya diri."
 
6. Gunakan perasaan anda untuk merasakan perasaan mereka

Karena emosi itu menular, kita sering kali dapat merasakan di dalam tubuh kita apa yang dirasakan pasangan kita saat mereka berbicara, bahkan ketika mereka mungkin tidak menyadari perasaan itu.  Ketika ini terjadi, cobalah berbagi pengalaman Anda dengan mereka dan menjadi penasaran.  Alih-alih bertanya "bagaimana perasaanmu?"  coba dengan "saat Anda mengatakan ini kepada saya, saya mulai merasa sangat bingung. Apakah saya mungkin menangkap beberapa kebingungan dalam diri Anda? Seperti, Anda belum cukup tahu apa pendapat Anda tentang situasi ini?"
 
7.  Gunakan hipotesis

Hal ini dapat memudahkan pasangan Anda untuk memiliki dan mengungkapkan perasaan tanpa pamrih.  "Jika secara hipotesis Anda merasa sedih tentang sesuatu, apakah itu?"
 
8. Cari tahu masa lalu mereka dengan lembut

Menunjukkan rasa ingin tahu tentang pengalaman pasangan Anda dengan emosi di masa kanak-kanak. Hubungan masa lalu dapat membangun kesadaran akan pengalaman emosional, dan bagaimana pengalaman itu mungkin muncul di masa sekarang.  "Ketika kamu masih kecil, bagaimana tanggapan orang tuamu ketika kamu marah atau sedih?"  "Bagaimana orang tuamu memperlakukanmu saat tidak melakukan kesalahan?"  "Apakah kamu pernah berbicara tentang emosi di masa lalumu?”
 
Cobalah untuk tidak menganggap cara ini sebagai cara untuk mendapatkan hasil tertentu, tetapi lebih sebagai cara untuk memperdalam percakapan sedikit demi sedikit.  Tidak ada yang berubah dari tidak sadar secara emosional menjadi sadar secara emosional dalam semalam.  Dibutuhkan waktu, keamanan, kesabaran, dan pengulangan. 
 
Julie mengatakan, mendukung pasangan Anda secara emosional tidak berarti Anda menjadi terapis mereka.  Itu berarti Anda menjadi pasangan yang mendukung.  Terapis dilatih untuk mendukung secara emosional sehingga mereka dapat menciptakan keamanan emosional yang cukup untuk melakukan pekerjaan mereka. 
 
“Dukungan emosional itu sendiri bukanlah pekerjaan terapi.  Mereka adalah dua hal yang berbeda.  Manusia tidak perlu membayar manusia lain untuk mendukung secara emosional;  kita perlu belajar melakukan itu untuk satu sama lain.  Gratis.” ungkap Julie. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro