Buah pisang/Istimewa
Health

Inilah Buah yang Bisa Kurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi

Sartika Nuralifah
Kamis, 17 Juni 2021 - 13:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penelitian menjelaskan bahwa makan buah-buahan dapat membantu mengurangi risiko hipertensi.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan utama. Ternyata beberapa buah sangat baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah-buahan yang dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi adalah buah jeruk. Jeruk bali dan lemon, memiliki efek menurunkan tekanan darah tinggi karena kaya akan vitamindan mineral sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Penelitian juga menunjukkan minum jus jeruk dapat membantu mengurangi tekanan darah Selain itu buah jeruk telah menunjukkan sifat anti hipertensi. Sebuah studi acak menyatakan dari 22 pasien sehat berusia 18-59 menunjukkan bahwa setelah minum jus jeruk 500 ml/hari tekanan darah menurun.

Jus jeruk bali juga memiliki banyak khasiat yang bermanfaat dan merupakan sumber vitamin C serta antioksidan yang baik. Studi menunjukkan bahwa jika dibandingkan  degan jus jeruk lainnya, jus jeruk bali menghasilkan penurunan tekanan arteri rata-rata yang lebih besar daripada jus jeruk.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa buah-buahan dapat membantu mengelola tekanan darah melalui berbagai mekanisme.

Selain buah jeruk, pisang juga merupakan salah satu buah yang umumnya dikenal sebagai sumber potasium yang baik.

Tidak banyak diketahui juga, bahwa buah delima juga merupakan buah yang mengandung banyak mineral esensial daripada pisang.

Menurut situs medis Healthline, buah delima dapat mengandung sekitar 666mg potasium, dibandingkan 422mg dalam pisang berukuran sedang. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di US National Library of Medicine National Institutes of Health mencatat bahwa diet dengan mengkonsumsi buah-buahan telah menunjukkan kemanjuran juga dalam mengendalikan tekanan darah, hal ini karena mekanisme buah dan sayuran dapat membantu mengelola tekanan darah bervariasi sesuai dengan kandungan kalium, kandungan flavonoid dan polifenol, dan kandungan seratnya.

Healthline menyatakan bahwa buah delima adalah buah yang sangat sehat karena merupakan sumber potasium yang baik. NHS juga merekomendasikan untuk tidak merokok, karena ini dapat sangat meningkatkan risiko stroke atau serangan jantung. Jika kita mulai menerapkan gaya hidup sehat, kita akan melihat perbedaan dalam tekanan darah kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro