Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau disuntik vaksin Covid-19 AstraZeneca di sebuah apotek di Ottawa, Ontario, Kanada, Jumat (23/4/2021)./Antara/Reuters-Blair Gable
Health

Vaksin Covid-19, Ini 9 Persiapan Penting Sebelum Terima Vaksin Virus Corona

Lukman Nur Hakim
Rabu, 23 Juni 2021 - 13:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penyebaran virus Covid-19 di Indonesia saat ini sudah memasuki fase berbahaya. Terlebih kenaikan kasus yang sangat signifikan dalam sepekan terakhir yang membuat penyebaran virus ini semakin meluas.

Kini menjaga jarak dan berdiam diri dirumah merupakan cara terampuh untuk menjaga tubuh kita, dan pemberian vaksinasi juga harus dilakukan agar tubuh kita bisa kebal terhadap virus tersebut. 

Pada saat pemberian vaksin, kita harus mempersiapkan segala hal dari dokumen sampai kesehatan kita. Sebab, pemberian vaksin diberikan jika masyarakat yang menerima vaksin dalam kondisi sehat dan tidak sakit.

Dilansir dari Self.com pada Rabu (23/6/2021) ada 9 hal yang harus dipersiapkan sebelum menjalani vaksinasi. Berikut 9 hal yang harus dipersiapkan tersebut:

1. Ketahuilah jenis vaksin

Ada beberapa jenis vaksin yang tersebar dan dipakai untuk diberikan kepada masyarakat. Sebelum anda menjalani vaksinasi pelajari dulu jenis vaksin yang akan anda pilih, hal tersebut berkaitan dengan efek samping yang akan diterima oleh tubuh anda. Jika memilih jenis vaksin yang salah bisa jadi efek samping yang didapatkan lebih banyak dari pada jenis yang lainnya.

2. Pakai pakaian yang mudah dijangkau nakes

Ketika ingin diberikan vaksin sebisa mungkin pakai baju yang mudah untuk dijangkau oleh nakes. Semisal penyuntikan vaksin di lengan kanan sebisa mungkin memakai baju yang gampang untuk dibuka lengan tanganya. Jika untuk perempuan, pakai baju dan lapisi dengan jaket atau cardigan yang ketika dibuka langsung ke lengan dan tidak membuka semuanya.

3. Perhatikan riwayat alergi 

Sebelum melakukan vaksinasi perhatikan juga riwayat alergi yang anda punya. Sebab, terkadang alergi tersebut bisa menjadi lebih parah ketika diberikan vaksin jika jenis vaksin tersebut tidak cocok kedalam tubuh anda.

4. Perhatikan efek samping setelah vaksin

Sebelum melakukan vaksin anda harus mengetahui jika vaksin memiliki efek samping yang berbeda setiap orangnya. Sisihkan waktu 15-25 menit setelah anda diberikan vaksin untuk menunggu reaksi seperti apa yang akan kalian dapatkan, setelah itu laporkan kepada nakes terkait efek samping yang kalian alami setelah waktu tersebut.

persiapan vaksin covid astrazeneca sinovac
persiapan vaksin covid astrazeneca sinovac

5. Siapkan dokumen pendamping

Sebelum datang ke tempat vaksin, usahakan untuk merapikan dokumen pendamping sebelum divaksin. Dokumen seperti KTP, KK, dan dokumen lain yang digunakan untuk mendaftarkan diri anda agar diberikan vaksin.

6. Tunda pemberian vaksin lain

Ketika ingin diberikan vaksinasi Covid-19, sebaiknya tunda dulu beberapa pemberian vaksin lain agar tidak ada kesalahan dosis yang akan anda terima.

7. Buatlah perawatan pasca vaksin

Setelah vaksin kadang ada masyarakat yang mendapatkan efek samping setelah diberikan vaksin. Maka dari itu, buatlah janji dengan dokter atau nakes terkait dengan perawatan pasca vaksin. Perawatan pasca vaksin ini dianjurkan kepada masyarakat yang mendapatkan efek samping setelah vaksin sangat besar.

8. Batasi olahraga 

Sebelum melakukan vaksin sebisa mungkin batasi olahraga yang kalian jalani, sebab itu akan berdampak pada otot anda. Pembatasan olahraga juga dimaksudkan agar tubuh tidak lemas ketika diberikan vaksin dan meminimalisir adanya efek samping.

9. Jangan rayakan dengan orang banyak setelah anda divaksin

Sebelum vaksin anda sepenuhnya kelar jangan merayakan pesta dengan orang-orang banyak. Sebab, pemberian vaksin bukan membuat anda kebal namun hanya untuk menjaga imun tubuh dari serangan virus tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro