Seorang petugas medis memegang vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech di Rumah Sakit Careggi, Florence, italia, Minggu (27/12/2020)./Antara-Reuters
Health

Sudah Suntik Vaksin Tapi Masih Positif Covid-19? Ini yang Harus Anda Lakukan

Sartika Nuralifah
Kamis, 24 Juni 2021 - 13:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  - Jika Anda salah satu dari sedikit orang yang divaksinasi lengkap yang kemudian dinyatakan positif Covid-19, apa yang harus Anda lakukan?

Orang yang divaksinasi lengkap dan mengalami gejala yang konsisten dengan Covid-19 harus mengisolasi diri dari orang lain.

"Secara umum, seseorang yang dites positif harus diisolasi selama 10 hari,” kata Dr. Galea, C.D.C. Eric Cioe-Peña, direktur Kesehatan Global di Northwell Health di New Hyde Park di New York, dilansir dari New York Times.

Pedoman itu tidak jauh berbeda dengan pedoman bagi seseorang yang dites positif sebelum vaksin tersedia.

“Memang masih harus diisolasi dengan pemahaman dan dalam pikiran yang tenang maka Anda sedikit lebih baik." Katanya.

Jika keluar rumah untuk berobat ke dokter, gunakan masker dan terapkan social distancing. “Pada dasarnya, seseorang harus mengisolasi dan kemudian menguji ulang, dan yang terakhir mungkin berkonsultasi dengan penyedia,” kata Dr. Galea.

Selain itu, orang yang terinfeksi harus tinggal area terpisah dan menggunakan kamar mandi terpisah, jika tersedia. Ini penting karena orang yang terinfeksi, bahkan yang tanpa gejala dapat menularkan virus kepada seseorang yang tidak divaksinasi, termasuk anak-anak di bawah usia 12 tahun atau orang yang tidak dapat divaksinasi karena masalah kesehatan terkait imun dan lainnya.

Anda juga harus sering mendisinfeksi permukaan yang disentuh di rumah jika seseorang sakit atau dinyatakan positif Covid-19.

Mungkin bermanfaat juga menyalakan kipas angin dan membuka pintu dan jendela untuk ventilasi segar di kediaman. Dan jangan berbagi barang-barang rumah tangga seperti peralatan makan, gelas dan handuk selama masa karantin.

Seberapa seriuskah gejala kondisi langka ini?

Dr Cioe-Peña mengatakan orang yang terinfeksi yang telah divaksinasi mungkin memiliki gejala ringan atau tidak ada gejala sama sekali. “Di era pasca-vaksin, tes Covid-positif jauh lebih tidak menakutkan,” katanya.

Untuk sebagian besar orang berpikir akan baik-baik saja dan  akan memiliki kasus ringan. Atau mungkin bahkan tidak menyadarinya.

Gejala yang paling serius termasuk hidung tersumbat dan nyeri tubuh ringan, kata Dr. Sunil Sood, spesialis penyakit menular pediatrik di South Shore University Hospital di Bay Shore di New York. Tetapi ini mungkin berbeda pada individu yang divaksinasi dengan sistem kekebalan yang lemah seperti orang dewasa yang lebih tua dan orang-orang dengan kondisi medis tertentu atau mereka yang menggunakan obat tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro