Makanan untuk kesehatan otak/boldsky.com
Health

4 Suplemen Terbaik untuk Asupan Otak

Yuliana Hema
Kamis, 24 Juni 2021 - 19:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga kesehatan otak sama pentingnya dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sayangnya tetapi tidak sedikit yang abai untuk menjaga kesehatan otak. 

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan otak dengan mengonsumsi suplemen tambahan.

Melansir dari Eat This Not That, Kamis (24/6/2021) ada empat suplemen yang direkomendasikan oleh ahli diet yang bisa Anda konsumsi setiap harinya untuk menutrisi otak. 

1. Omega-3

Suplemen asam lemak omega-3 merupakan suplemen yang tepat jika Anda mencari suplemen untuk menjaga ketajaman otak sekaligus meningkatkan kesehatan mental. 

Niket Sonpal seorang dokter spesialis gastroenterologi menyebutkan asam lemak memainkan peran penting dalam memerangi proses penuaan otak. 

“Omega-3 telah terbukti meningkatkan fungsi di otak, seperti memori dan waktu reaksi," kata Sonpal. 

2. Vitamin B

Mengonsumsi vitamin B dapat membantu mendukung jalur neurotransmitter di otak, yang dapat membantu mengatur suasana hati Anda.

Seorang psikoterapis sekaligus ahli kesehatan otak, Terlyn Sell mengatakan masih banyak orang yang mengabaikan vitamin B untuk menjaga kesehatan otak. 

“Vitamin B kompleks yang mencakup semua delapan vitamin B lebih baik daripada hanya mengonsumsi satu vitamin B saja,” papar Sell. 

3. Vitamin E

Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan dan dapat mendukung kesehatan otak secara keseluruhan. 

"Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E melindungi otak dari stres oksidatif, yaitu ketika produksi dan akumulasi oksigen di otak tidak seimbang," ucap Sonpal. 

Sonpal menambahkan efek samping stres oksidatif adalah kelelahan, kehilangan memori, dan sakit kepala berulang. 

4. Asam Amino 

Asam amino adalah suplemen terpenting untuk kesehatan otak. Sebelum mengonsumsi asam amino, pastikan Anda telah memeriksakan diri ke dokter. Hal ini bertujuan untuk memastikannya tidak mengganggu obat dan suplemen lain.

Sell menjelaskan tanpa asam amino jenis 5HTP, otak Anda tidak dapat memproduksi serotonin atau hormon "merasa baik" yang membantu menghasilkan perasaan sejahtera dan bahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yuliana Hema
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro