Inisiatif ini juga akan didukung oleh upaya bersama tiga lembaga untuk mengumpulkan dan membuat data yang kuat dan inklusif dapat diakses yang diperlukan untuk memandu respons yang efektif terhadap pandemi Covid-19. /WHO
Health

WHO, WIPO dan WTO Sepakati Kolaborasi Atasi Pandemi Covid-19

Ni Luh Anggela
Jumat, 25 Juni 2021 - 13:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pada 15 Juni 2021, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) dan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menggelar pertemuan untuk memetakan kolaborasi dalam mengatasi pandemi Covid-19 dan tantangan global yang mendesak di persimpangan kesehatan masyarakat, kekayaan intelektual dan perdagangan.

Sadar akan tanggung jawab bersama, Direktur Jenderal WHO, WIPO dan WTO melalui laman resmi WHO, Jumat (25/6/2021) berjanji untuk membawa sepenuhnya keahlian dan sumber daya dari institusi masing-masing untuk menanggung dalam mengakhiri pandemi Covid-19 dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan semua orang, dimanapun di seluruh dunia.

“Kami menggarisbawahi komitmen kami terhadap akses universal dan adil ke vaksin Covid-19, terapi, diagnostik, dan teknologi kesehatan lainnya, komitmen yang didasarkan pada pemahaman bahwa ini adalah keharusan moral yang mendesak yang membutuhkan tindakan praktis segera,” tulis WHO.

Tiga lembaga ini sepakat untuk membangun lebih lanjut komitmen jangka panjang mereka terhadap Kerjasama Trilateral WHO-WIPO-WTO yang bertujuan untuk mendukung dan membantu semua negara saat mereka berupaya menilai dan menerapkan solusi berkelanjutan dan terintegrasi untuk tantangan kesehatan masyarakat. Dalam kerangka kerja sama yang ada ini, WHO,WIPO dan WTO sepakat untuk meningkatkan dan memfokuskan dukungannya dalam konteks pandemi melalui dua inisiatif khusus.

Pertama, ketiga lembaga ini akan berkolaborasi dalam menyelenggarakan lokakarya pengembangan kapasitas praktis untuk meningkatkan arus informasi terkini tentang perkembangan terkini dalam pandemi dan tanggapan untuk mencapai akses yang adil ke teknologi kesehatan Covid-19. Tujuan dari lokakarya ini adalah untuk memperkuat kapasitas pembuat kebijakan dan para ahli di pemerintah anggota untuk mengatasi pandemi dengan tepat.

Lokakarya pertama dalam rangkaian ini adalah lokakarya tentang alih teknologi dan perizinan, yang dijadwalkan pada September. Lokakarya ini akan membantu anggota tiga lembaga ini memperbarui pengetahuan dan pemahaman mereka tentang bagaimana kekayaan intelektual, pengetahuan dan transfer teknologi bekerja dalam kenyataan. Ini akan berada dalam konteks teknologi medis dan produk serta layanan terkait. Lokakarya pertama ini akan diikuti oleh lokakarya lain tentang tema praktis terkait.

Kedua, ketiga lembaga ini akan menerapkan platform bersama untuk bantuan teknis tripartit ke negara-negara yang terkait dengan kebutuhan mereka akan teknologi medis Covid-19, menyediakan platform serba ada yang akan menyediakan berbagai keahlian tentang akses, IP, dan masalah perdagangan yang disediakan oleh tiga lembaga, organisasi, dan mitra lainnya, secara terkoordinasi dan sistematis.

Platform untuk bantuan teknis akan, khususnya, mendukung negara untuk menilai dan memprioritaskan kebutuhan yang tidak terpenuhi untuk vaksin Covid-19, obat-obatan dan teknologi terkait, dan memberikan bantuan teknis yang tepat waktu dan disesuaikan dalam memanfaatkan sepenuhnya semua opsi yang tersedia untuk mengakses vaksin, obat-obatan dan teknologi, termasuk melalui koordinasi antara anggota yang menghadapi tantangan serupa untuk memfasilitasi tanggapan kolektif.

Inisiatif ini juga akan didukung oleh upaya bersama tiga lembaga untuk mengumpulkan dan membuat data yang kuat dan inklusif dapat diakses yang diperlukan untuk memandu respons yang efektif terhadap pandemi Covid-19. Ini akan mencakup pembaruan berkala ikhtisar langkah-langkah terkait Covid- 19 yang dipetakan dalam sumber daya utama untuk kerja sama trilateral, publikasi WHO-WIPO-WTO bertajuk Mempromosikan Akses ke Teknologi dan Inovasi Medis: Persimpangan antara Kesehatan Masyarakat, Kekayaan Intelektual dan Perdagangan, diterbitkan pada 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro