Tanaman Sambiloto/istimewa
Health

Teruji Klinis, Ekstrak Sambiloto Dipakai Sebagai Obat Covid-19 Gejala Ringan di Thailand

Newswire
Rabu, 30 Juni 2021 - 05:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ekstrak sambiloto atau Andrographis paniculata kini telah digunakan sebagai terapi komplementer untuk pasien Covid-19 gejala ringan di lima rumah sakit milik pemerintah di Thailand.

Sambiloto adalah termasuk herbal asli Indonesia yang telah lama diketahui memiliki khasiat sebagai imunomodulator (stimulasi imun sekaligus antiradang) dan antivirus.

"Pemerintah Thailand setuju penggunaan ekstrak sambiloto karena bermanfaat menurunkan tingkat keparahan wabah (Covid-19) dan memotong biaya pengobatan," kata Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia Inggrid Tania.

Menurut Inggrid, hasil-hasil penelitian praklinis dari sambiloto sejalan dengan uji klinis khasiat dan keamanannya yang telah dilakukan terhadap pasien Covid-19 gejala ringan tersebut. Uji klinis yang merupakan penelitian awal di Thailand disebutnya memberi bukti kalau sambiloto aman dikonsumsi dan efektif memperbaiki kondisi pasien yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 melalui uji PCR.

"Perbaikan terjadi dalam 3 hari intervensi tanpa efek samping jika sambiloto dikonsumsi pasien dalam 72 jam setelah timbul gejala," katanya mengutip hasil pilot study di Thailand.

Sedang uji di laboratorium menunjukkan senyawa aktif sambiloto terutama andrographolidae dapat berikatan dengan protein SARS-CoV-2. Melalui serangkaian mekanisme, senyawa mampu menghambat replikasi virus itu dan mengurangi dampak peradangan.

Oleh sebab itu, Inggrid merekomendasikan ekstrak sambiloto yang diproduksi di Indonesia bisa dikonsumsi mereka yang berusia 12 tahun ke atas. Terutama saat jumlah kasus baru infeksi Covid-19 yang sedang melonjak saat ini. Dosisnya, 2x2 kapsul atau 3x1 kapsul untuk tujuan pencegahan Covid-19. "Dosis 3x2, terutama 5x2 kapsul, untuk terapi komplementer," katanya.

Pada orang dengan gangguan fungsi hati atau ginjal, Inggrid menilai perlu ada penyesuaian dosis secara individual. Rekomendasi tak diberikannya kepada orang dengan autoimun, ibu hamil dan menyusui. Pasien yang mengkonsumsi obat penurun gula darah dan/atau tekanan darah juga dimintanya berhati-hati karena sambiloto bersifat menurunkan gula dan tekanan darah.

Lebih jauh Inggrid menjelaskan kalau eksrak sambiloto juga diuji klinis untuk pasien Covid-19 di Indonesia. Bedanya, esktrak dalam dosis kecil dan dikombinasikan bersama meniran, jahe merah dan sembung. Hasil uji klinis, sekalipun sudah selesai sejak akhir tahun lalu, masih menunggu evaluasi oleh BPOM yang hingga aritkel ini dibuat masih ditunggu Inggrid dkk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro