Tumbuhan laba-laba
Relationship

10 Tanaman yang Bisa Menghasilkan Oksigen, Dikoleksi Yuk

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 6 Juli 2021 - 09:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahukah Anda jika ada beberapa tanaman yang bisa menghasilkan oksigen?

Penelitian menunjukkan tanaman dalam ruangan membantu membersihkan udara dari racun umum dan polutan dalam ruangan seperti formaldehida dan benzena.

Lantas bagaimana sebenarnya tanaman bisa menghasilkan oksigen?

Dilansir dari .ucl.ac.uk, tumbuhan membuat makanannya dalam proses yang disebut fotosintesis. Apa kata yang besar! Ini sebenarnya berarti "membuat sesuatu menggunakan cahaya", foto berarti cahaya, dan sintesis berarti "membuat".

Tumbuhan membutuhkan tiga bahan utama untuk membuat makanannya: air, karbon dioksida, dan sinar matahari. Tanaman mengambil air yang mereka butuhkan dari tanah melalui akarnya. Karbon dioksida adalah gas yang ditemukan di udara; tanaman dapat mengambil gas ini melalui lubang kecil di daunnya.

Begitu mereka memiliki air dan karbon dioksida, mereka dapat menggunakan energi dari sinar matahari untuk membuat makanan mereka. Sisa dari pembuatan makanan nabati adalah gas lain yang disebut oksigen. Oksigen ini dilepaskan dari daun ke udara. Lihatlah gambar di bawah ini untuk melihat sistem ini beraksi.

Berikut daftar tumbuhan yang paling banyak menghasilkan oksigen seperti dilansir dari plantedshack.com:

1. Pohon Pinang

10 Tanaman yang Bisa Menghasilkan Oksigen, Dikoleksi Yuk

Pohon ini dikenal sebagai palem emas, palem kupu-kupu, dan palem kuning. Berasal dari hutan tropis, mereka biasanya ditemukan di beberapa bagian India dan Filipina.

Pohon pinang yang matang dan dewasa dapat tumbuh setinggi 7 kaki, dan menambah 6 hingga 10 inci pertumbuhan per tahun tetapi dapat ditanam dalam pot atau wadah yang rapat untuk mengatur tingginya. Ini adalah salah satu dari sedikit genus palem yang dapat mentolerir pemangkasan, dan dapat bertahan hingga 10 tahun, tetapi perlu direpoting setiap beberapa tahun.

Mereka dapat ditempatkan di dalam ruangan dan biasanya membutuhkan tanah yang cukup lembab selama musim kemarau, dan tanah yang cukup kering selama bulan-bulan yang lebih dingin. Ini bekerja dengan baik di lampu yang disaring, jadi jauhkan dari paparan langsung ke matahari jika memungkinkan. Daun palem cenderung menguning-hijau di bawah sinar matahari langsung. Mereka mungkin juga membutuhkan pupuk dan jumlah air cukup sering.

Pohon pinang yang indah ini adalah pohon tropis yang bagus untuk produksi oksigen, dan menempatkan dua tanaman besar dalam jarak yang cukup dekat satu sama lain pasti dapat meningkatkan kadar oksigen di rumah Anda.

Mereka tidak hanya menghasilkan tingkat oksigen yang tinggi, tetapi juga memurnikan udara dari polutan berbahaya seperti formaldehida, xilena, benzena, dan toluena. Ini benar-benar dapat membantu banyak masalah sinus, membantu memperbaiki pola pernapasan (yang dapat membantu mereka yang kesulitan tidur di malam hari), dan secara keseluruhan memperkuat sistem saraf mereka yang memilikinya.

2. Tanaman Ular (Sansevieria trifasciata zeylanica)

10 Tanaman yang Bisa Menghasilkan Oksigen, Dikoleksi Yuk

Kadang-kadang dikenal sebagai "lidah ibu mertua", tanaman ini dianggap sangat efisien dalam produksi oksigen dan berasal dari Afrika dan Brasil.

Ini telah menjadi salah satu tanaman dalam ruangan yang paling dicintai bahkan sebelum sifat penghasil oksigennya, menemukan jalannya ke rumah tangga dan kantor. Ini dianggap lezat dan perawatannya cukup rendah dan mudah dirawat.

Mereka biasanya berwarna hijau tua atau kuning dalam penampilan dengan pola indah yang berbeda dan dapat tumbuh antara 1 dan 3 kaki. Ada berbagai macam spesies tanaman ular untuk dipilih dan dianggap sebagai sejenis sukulen.

Karena mereka adalah sejenis sukulen, penyiraman yang terlalu banyak dapat berdampak buruk bagi mereka dan dapat menyebabkan pembusukan akar dari tanah yang terlalu lembab dan basah. Masukkan ke dalam pot dengan lubang drainase yang tepat seperti pot terra cotta, bukan pot plastik. Disarankan juga agar mereka disirami dasar.

Tanaman ular menyukai sinar matahari tidak langsung, tetapi dapat mentolerir sejumlah sinar matahari langsung. Mereka juga diketahui bertahan hidup di area rumah yang minim cahaya.

Perlu diingat bahwa tanaman ini tumbuh cukup cepat, yang mungkin memerlukan pembagian dan repotting. Mereka juga dapat menghasilkan bunga sesekali.

Sebuah studi udara bersih yang difasilitasi oleh NASA mengakui tanaman ini juga memurnikan udara dengan menyerap formaldehida, nitrogen oksida, xilena, benzena, dan trikloroetilen.

Yang unik dari tanaman ini adalah sebagian besar tanaman berfotosintesis di siang hari dan bernafas di malam hari, yang berarti mereka menyerap oksigen di malam hari dan idealnya tidak disimpan di kamar tidur.

Tanaman ular terus menghasilkan oksigen sepanjang malam karena tidak bergantung pada seluruh siklus fotosintesis untuk memproduksinya.

Ini membuat pengalaman tidur yang lebih baik karena meningkatkan pernapasan, mengurangi iritasi mata dan alergi, dan secara keseluruhan mendorong tidur lebih nyenyak, menjadikannya tanaman yang bagus untuk kamar tidur.

3. Tumbuhan laba-laba (Chlorophytum comosum)

10 Tanaman yang Bisa Menghasilkan Oksigen, Dikoleksi Yuk

Dianggap sebagai tanaman lain yang mudah beradaptasi, tanaman laba-laba ini juga sering muncul di dalam rumah.

Tanaman ini dinamai demikian karena bentuk daunnya dan cara tumbuhnya mirip dengan laba-laba. Mereka biasanya mulai sebagai bunga putih kecil dan memiliki varietas hijau tetapi kadang-kadang rentan terhadap ujung coklat.

Tanah yang dikeringkan dengan baik dan sinar matahari yang cerah tetapi tidak langsung pasti akan membantu tanaman ini tumbuh dengan sangat baik. Mereka juga rentan terhadap busuk akar, jadi pastikan tanahnya mengering sebelum jadwal penyiraman berikutnya.

Fluorida yang sering ditemukan di air juga dapat menyebabkan penumpukan garam di tanah, yang menyebabkan ujung tanaman ini berubah warna menjadi coklat. Ini juga mengapa drainase yang tepat akan dibutuhkan.

Mereka berkembang dalam suhu yang lebih dingin, di suatu tempat sekitar 55 hingga 65 ° F.

4. Ara menangis (Ficus benjamina)

10 Tanaman yang Bisa Menghasilkan Oksigen, Dikoleksi Yuk

Juga dikenal sebagai pohon ficus, sebenarnya adalah tanaman kecil namun elegan dengan daun yang penuh, lebat, dan mengkilap.

Cukup umum dalam lansekap interior, sangat mudah beradaptasi dengan kondisi cahaya terbatas.

Tumbuh di dalam ruangan, tanaman ara yang menangis dipangkas dan tumbuh di mana saja antara 3 hingga 6 kaki, tetapi ketika ditanam di luar ruangan, mereka dapat mencapai ketinggian hingga 60 kaki.

Menanam tanaman ini bisa cukup mudah karena perawatannya cukup rendah, tetapi mereka membutuhkan penyiraman secara teratur selama masa pertumbuhannya. Mereka dapat diberi lebih sedikit air selama musim gugur hingga musim dingin.

Tanah pot yang mengering dengan cepat akan membantu pohon ficus, dan pastikan untuk tidak membiarkannya tidak dikeringkan karena dapat menyebabkan busuk akar.

Penelitian yang dilakukan di Busan Korea di Universitas Nasional Pukyong menyatakan bahwa buah ara yang menangis mampu meningkatkan kadar oksigen.

Dia juga dikenal untuk menyaring senyawa organik volatil (VOC) berbahaya seperti formaldehida, benzena, dan trikloroetilena.

5. Gerbera Daisy (Gerebra Jamesonii atau viridfolia)

10 Tanaman yang Bisa Menghasilkan Oksigen, Dikoleksi Yuk

Terlepas dari penampilannya yang menakjubkan, tanaman berwarna-warni ini menawarkan lebih dari sekadar memenuhi mata.

Berasal dari Afrika Selatan, tanaman ini hadir dalam berbagai ukuran dan warna. Oranye, merah muda, kuning, dan putih adalah beberapa warna yang paling umum. Tingginya bisa dari 8 hingga 24 inci, dan bunganya tumbuh di suatu tempat antara 2 hingga 5 inci. Mereka memiliki bunga tunggal, ganda, atau banyak kelopak.

Anda dapat menanam bunga aster gerbera dengan 3 cara berbeda: pembibitan, biji, atau pembagian. Menanam dari bibit atau tanaman yang dibagi membuat pengalaman lebih mudah.

Tanaman ini menyukai sinar matahari yang cerah selama musim panas dan musim semi, tetapi sinar matahari tidak langsung selama musim dingin, karena tanaman ini dapat mekar secara ajaib sepanjang musim dingin. Yang terbaik adalah menempatkannya di area yang memiliki banyak aliran cahaya dan di tanah bertekstur pasir yang tetap lembab.

Mahkota tanaman ini harus terlihat di atas tanah. Tanam mereka terlalu dalam dan biarkan mereka rentan terhadap busuk mahkota.

Mereka juga rentan terhadap penyakit jamur lainnya, itulah sebabnya jadwal penanaman dan penyiraman yang benar sangat penting untuk tanaman ini. Dengan perawatan yang tepat, tanaman cantik ini bisa bertahan hingga dua tahun!

Menurut studi udara bersih NASA, gerbera daisy juga menghilangkan polutan dari udara seperti formaldehida, benzena, dan trikloroetilen. Mereka juga melepaskan oksigen di malam hari, seperti tanaman ular.

6. Bunga lili perdamaian (Spathiphyllum wallisii)

10 Tanaman yang Bisa Menghasilkan Oksigen, Dikoleksi Yuk

Tanaman putih mencolok ini adalah tanaman cantik lainnya yang menyenangkan mata dan fungsional.

Ini juga merupakan tanaman hias yang mudah dirawat dan mudah beradaptasi. Bunganya memiliki spathe, yang merupakan penampilan seperti tudung putih. Mereka membutuhkan tanah yang lembab dan kelembaban.

Ini asli dari hutan hujan tropis di Amerika, dan bunga putih benar-benar membuat penampilan yang anggun.

NASA juga menganggapnya sebagai salah satu tanaman pemurni udara yang paling efektif, karena juga melepaskan oksigen pada malam hari, serta meningkatkan kelembaban sebesar 5% dan pada gilirannya membuat tidur malam yang nyenyak.

Namun, berhati-hatilah karena tanaman ini sangat beracun bagi kucing.

7. Lidah buaya (Aloe barbadensis miller)

10 Tanaman yang Bisa Menghasilkan Oksigen, Dikoleksi Yuk

Sebuah hall-of-famer karena memiliki banyak manfaat yang berbeda, tanaman lidah buaya melakukannya lagi.

Meskipun dikenal luas karena khasiat obatnya, tanaman lidah buaya juga menghasilkan oksigen. Kadang-kadang disebut sebagai "tanaman ajaib".

Ini disetujui FDA untuk penyedap, digunakan dalam kosmetik, dan banyak produk perawatan kulit yang berbeda dapat digunakan sebagai suplemen makanan dan banyak digunakan untuk pengobatan herbal.

Semak bertangkai pendek ini memiliki lebih dari 400 spesies tanaman sukulen yang berbeda, dan berasal dari Afrika Utara. Tanaman ini juga tumbuh subur di lingkungan yang cerah, tetapi dapat rentan terhadap sengatan matahari, dan membutuhkan penyiraman minimal.

Mereka adalah bagian dari genus kaktus, yang berarti mereka beradaptasi dengan lebih baik di tanah kering.

Ini terkenal karena membersihkan udara dari racun seperti aldehida dan benzena, dan menghasilkan oksigen di malam hari yang juga menjadikannya tanaman yang bagus untuk kamar tidur.

8. Anggrek (Orchidaceae)

10 Tanaman yang Bisa Menghasilkan Oksigen, Dikoleksi Yuk

Bunga-bunga yang biasanya berwarna putih, merah muda, atau ungu ini cantik karena fungsional. Mereka melambangkan keanggunan, cinta, dan bahkan kesuburan.

Anggrek membutuhkan banyak drainase untuk memastikan bahwa kelembaban di tanah mengalir sepenuhnya. Lumut atau tanah berbasis kulit kayu disarankan agar juga cepat kering.

Mereka membutuhkan banyak cahaya dan harus ditempatkan secara strategis di dekat jendela yang menghadap ke selatan atau timur. Mereka menyukai cahaya tetapi tidak terpapar langsung.

Iklim mempengaruhi seberapa banyak atau sedikit anggrek yang harus disiram. Biasanya, anggrek perlu disiram setiap beberapa hari, tetapi penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan akarnya membusuk. Iklim yang lebih kering atau rumah ber-AC mungkin juga memerlukan gerimis setiap hari menggunakan botol semprot.

9. Tulsi (Ocimum tenuiflorum)

10 Tanaman yang Bisa Menghasilkan Oksigen, Dikoleksi Yuk

Juga dikenal sebagai Basil Suci dan dedaunan spiritual, tanaman ini berasal dari India dan bagian lain dari Asia Tenggara.

Karena ini adalah tanaman tropis, itu akan membutuhkan suhu yang lebih hangat setidaknya 70 ° F. Tanah harus lembab secara signifikan dan memastikan bingkai jendela 4 hingga 6 jam dari sinar matahari setiap hari.

Hal ini juga dianggap sebagai ratu herbal dan digunakan untuk beberapa hal penting seperti pengobatan untuk asma, pilek, sakit tenggorokan, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi, serta pelemas stres dan mengendalikan peradangan.

Ia dikenal karena memberikan oksigen 20 jam per hari, selain menyerap racun berbahaya seperti karbon monoksida, karbon dioksida, dan sulfur dioksida.

10. Tanaman Pothos (Epipremnun aureum)

10 Tanaman yang Bisa Menghasilkan Oksigen, Dikoleksi Yuk

Tanaman lain yang mudah dirawat, tanaman pothos dianggap sebagai tanaman yang bagus untuk memulai.

Mereka tumbuh dengan baik di terang, cahaya tidak langsung, serta area cahaya rendah. Mereka juga dapat beradaptasi dengan jenis tanah kering dan vas penuh air. Tanah yang kaya nutrisi atau miskin, Anda yakin pothos Anda akan tetap tumbuh subur!

Hal ini indah dan hidup. Kemungkinan untuk meningkatkan kualitas udara dengan juga menyerap formaldehida, benzena, dan karbon monoksida. Ini juga melepaskan oksigen di malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro