Penyemprotan cairan disinfektan menggunakan mobil armoured water cannon (AWC) milik polisi di sejumlah jalan raya di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Jumat (4/6/2021)./Antara/HO-Humas Polres Kudus
Health

Pemerintah Disinfeksi Jalan Raya, Dokter Faheem Younus: Buang-Buang Waktu dan Uang

Mutiara Nabila
Rabu, 7 Juli 2021 - 09:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah di sejumlah daerah di Indonesia melakukan langkah disinfeksi di jalan-jalan raya dan ruang terbuka. Menurut dokter asal Amerika Serikat (AS) Faheem Younus, kegiatan tersebut hanya buang-buang waktu, uang, dan energi.

“Benar-benar buang-buang waktu, uang, dan energi. Desinfeksi permukaan TIDAK diperlukan di jalan dan ruang terbuka. Rumah sakit dan kamar dengan pasien COVID adalah cerita lain,” ujarnya melalui akun Twitter @FaheemYounus, Selasa (6/7/2021).

Dia juga menegaskan, bahwa pembelian disinfektan berlebihan terutama di rumah tangga juga dinilai terlalu berlebihan. Dia mengarahkan agar uang yang digunakan untuk membeli disinfektan bisa digunakan untuk membeli masker saja.

“Cuci tangan Anda dan belanjakan uang Anda untuk masker,” tegasnya.

Dokter Younus juga menjelaskan, bahwa Covid-19 umumnya menyebar dari orang ke orang melalui kontak dekat atau udara di dalam ruangan. Adapun penyebaran lewat permukaan sangat langka terjadi.

“Berhentilah mengkhawatirkan pegangan, gagang pintu, koran, pakaian, bahan makanan. Cuci tangan saja, fokus di tempat yang penting,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro