Ilustrasi isolasi mandiri
Health

10 Cara Rawat Pasien Covid-19 di Rumah Agar Tidak Menularkan

Janlika Putri Indah Sari
Jumat, 9 Juli 2021 - 10:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Saat ini pemerintah Indonesia menginstruksikan pasien covid-19 gejala ringan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah.

Ini artinya, penting bagi anggota keluarga yang lain untuk merawat pasien di rumah agar kondisi tetap stabil selama isoman.

Jika Anda merawat anggota keluarga positif Covid-19 di rumah ikuti saran ini untuk melindungi diri Anda dan orang lain.

Dilansir dari laman resmi CDC, Jumat (9/7/2021) berikut cara merawat pasien Covid-19 isolasi mandiri di rumah :

1. Sediakan kamar tidur dan kamar mandi terpisah untuk orang yang sakit Covid-19

2. Melakukan kontak dekat dalam jarak sekitar atau minimal 1 meter. Menjauh dalam sementara waktu akan membantu menghentikan penyebaran Covid-19.

3. Jika Anda terpaksa harus berbagi ruang, pastikan ruangan memiliki aliran udara yang baik. Buka jendela untuk meningkatkan sirkulasi udara. Memperbaiki ventilasi membantu menghilangkan tetesan pernapasan dari udara.

4. Hindari terima tamu yang tidak perlu, terutama kunjungan oleh orang-orang yang berisiko tinggi terkena penyakit parah.

5. Pengasuh atau orang yang merawat juga harus dikarantina. Pengasuh dan siapa pun yang telah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang memiliki Covid-19 harus tinggal di rumah, kecuali dalam keadaan terbatas.

6. Makan di kamar atau area terpisah. Orang yang sakit harus makan atau diberi makan di kamar mereka, jika memungkinkan.

7. Mencuci piring dan peralatan makan menggunakan sarung tangan dan air panas. Cuci semua piring, gelas, atau peralatan makan yang digunakan oleh orang yang sakit dengan sarung tangan. Cuci dengan sabun dan air panas atau di mesin pencuci piring.

8. Bersihkan tangan setelah melepas sarung tangan atau memegang barang yang bekas disentuh pasien Covid-19.

9. Hindari berbagi barang pribadi. Jangan berbagi piring, gelas, peralatan makan, handuk, tempat tidur, atau barang elektronik seperti ponsel dengan orang yang sakit Covid-19 di rumah.

10. Selalu mengenakan masker. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan tentang langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengelola kesehatan dan risiko tertular Covid-19. Pastikan Anda sudah divaksinasi lengkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro