Seorang petugas medis memegang vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech di Rumah Sakit Careggi, Florence, italia, Minggu (27/12/2020). Sebagian masyarakat melaporkan gejala infeksi Covid-19 usai divaksin/Antara-Reuters
Health

Usai Vaksin, Ini Gejala Infeksi Covid-19 Paling Sering Dilaporkan

Novita Sari Simamora
Jumat, 9 Juli 2021 - 14:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Usai disuntik vaksin virus corona dosis pertama, sebagian masyarakat melaporkan adanya infeksi Covid-19 dan ada beberapa gejala umum yang dialami.

Saat ini, masyarakat di Indonesia banyak terinfeksi Covid-19 varian delta, yang lebih cepat menular. Mutasi jenis ini lebih menyerang masyarakat yang lebih berisiko.

Mengutip dari Times of India, Jumat (9/7/2021), gejala orang yang terinfeksi Covid-19 sangat bervariasi. Berikut gejala infeksi virus corona yang umum dirasakan usai divaksin:

1. Sakit kepala

Sakit kepala adalah salah satu gejala paling umum dari Covid-19 dan juga dilaporkan sebagai gejala strain Delta. Nyeri kepala, di sekitar pelipis, dapat disebabkan oleh peradangan dan disertai mialgia (nyeri otot) dan nyeri tubuh. Sakit kepala biasanya dirasakan sekitar 3 hari.

2. Pilek

Dokter menyarankan agar tidak mengabaikan gejala seperti pilek, hidung tersumbat dan hidung tersumbat, dan sebaliknya segera diuji.

Sementara virus bermutasi dan menjadi lebih kuat dalam serangannya, gejala pernapasan bagian atas, seperti pilek bisa dialami secara umum. Carilah kronologi gejala Anda dan dapatkan bantuan.

3. Bersin

Bersin adalah gejala aneh yang harus diwaspadai oleh orang yang telah divaksinasi. Lebih khusus lagi, banyak bersin adalah tanda orang yang divaksinasi berbagi setelah dites positif terkena virus.

4. Sakit tenggorokan

Iritasi di tenggorokan juga bisa menjadi gejala Covid-19 yang perlu diwaspadai. Sakit tenggorokan biasanya jadi tanda alergi atau infeksi musiman, juga dapat menyerang pasien Covid-19. 

Jika Anda mengalami sakit tenggorokan yang berkepanjangan, suara parau, sesak napas atau kesulitan saat menelan makanan, itu mungkin merupakan tanda Anda harus menjalani tes swab PCR sekarang.

Apakah ada gejala lain?

Gejala infeksi Covid-19 terus berkembang dan bermutasi. Gejala lain yang sering dilaporkan seperti sesak napas, diare, sakit perut, mual, pusing, kelelahan dan nyeri otot juga bisa menjadi gejala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro