Antibodi koktail
Health

Jepang Beri Izin Darurat Antibodi Koktail untuk Obat Covid-19, Pernah Dipakai Trump

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 20 Juli 2021 - 08:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Koktail antibodi yang dikembangkan oleh Regeneron Pharmaceuticals yang berbasis di AS mendapatkan persetujuan darurat khusus oleh kementerian kesehatan Jepang untuk dipakai pengobatan covid-19.

Dikembangkan dengan Roche, pengobatan diberikan di AS saat itu. Salah satunya diberikan pada Presiden Donald Trump saat tertular COVID-19 tahun lalu. Itu menerima otorisasi penggunaan darurat dari Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS pada November itu.

"Ini adalah langkah maju yang besar. Perawatan akan diberikan terutama untuk pasien rawat inap yang berisiko mengalami gejala parah," kata Menteri Kesehatan Jepang Norihisa Tamura dilansir dari Nikkei Asia.

Disampaikan melalui infus satu kali, koktail menggabungkan antibodi monoklonal casirivimab dan imdevimab, yang mengikat permukaan virus untuk mencegah replikasinya.

Obat ini ditujukan untuk pasien dengan risiko mendasar, seperti penyakit kronis atau obesitas, dengan gejala ringan hingga sedang. Ini dapat diberikan kepada orang dewasa dan anak-anak dengan berat 40 kg atau lebih.

Perawatan itu mungkin juga efektif terhadap versi baru virus corona, seperti varian delta yang sangat menular yang pertama kali diidentifikasi di India, menurut kementerian.

Pengiriman ke penyedia layanan kesehatan di seluruh Jepang akan dimulai Selasa.

Sebuah uji klinis menemukan bahwa koktail mengurangi risiko rawat inap atau kematian hingga 70% pada pasien berisiko tinggi, menurut Regeneron.

Selain itu, uji coba yang disponsori Universitas Oxford pada hampir 10.000 pasien menemukan bahwa itu mengurangi kematian hingga seperlima dan mempersingkat rawat inap sekitar empat hari di antara pasien yang sebelumnya tidak memiliki antibodi virus corona sendiri.

"Perawatan yang telah tersedia sejauh ini umumnya ditujukan untuk kasus yang parah, jadi opsi menyetujui untuk kasus ringan hingga sedang membuka lebih banyak pilihan untuk perawatan," kata Takeshi Urano, seorang profesor di fakultas kedokteran di Universitas Shimane.

Dia menjelaskan obat itu mencegah kasus yang lebih ringan dari memburuk akan membantu mengurangi tekanan pada penyedia layanan kesehatan juga.

Unit Roche Chugai Pharmaceutical akan bertanggung jawab atas uji klinis Jepang dan distribusi koktail, yang akan diproduksi di luar negeri. Chugai telah mengajukan permohonan pada bulan Juni untuk persetujuan darurat khusus, yang diberikan untuk perawatan tertentu yang sudah digunakan di luar negeri.

Pemerintah Jepang menanggung biaya perawatan untuk virus corona sebagai aturan umum, dan koktail baru juga akan ditawarkan secara gratis kepada pasien. Pemerintah telah menandatangani kesepakatan pengadaan dengan Chugai untuk perawatan selama tahun ini.

Tetapi beberapa kekhawatiran tetap ada. Koktail antibodi dilaporkan memperburuk gejala pada pasien dengan gejala parah sehingga membutuhkan oksigen dan ventilator aliran tinggi. Uji klinis juga belum membuktikan kemanjurannya pada pasien yang telah menunjukkan gejala selama delapan hari atau lebih. Pemerintah Jepang akan mendesak penyedia medis untuk memberikan koktail kepada pasien yang memenuhi syarat sedini mungkin.

Tiga perawatan lain sekarang tersedia untuk virus corona di Jepang, yakni remdesivir dari Gilead Sciences, deksametason, dan baricitinib dari Eli Lilly. Semua awalnya digunakan untuk penyakit lain, seperti rematik.

Sementara beberapa penelitian telah melaporkan penurunan kematian di antara pasien yang menerima remdesivir, uji klinis oleh Organisasi Kesehatan Dunia tidak menemukan bahwa obat meningkatkan kelangsungan hidup. Badan tersebut mengeluarkan rekomendasi bersyarat terhadap penggunaan remdesivir pada pasien yang dirawat di rumah sakit.

Pedoman pengobatan Jepang memperingatkan bahwa remdesivir mungkin tidak efektif pada kasus yang parah. Tetapi itu dianggap sebagai pilihan yang efektif untuk kasus-kasus sedang, dan Jepang memperluas indikasinya ke pasien dengan pneumonia pada Januari.

Sementara itu, pasien rawat inap tertentu yang menerima baricitinib dan remdesivir pulih dalam 10 hari, dibandingkan dengan 18 dengan remdesivir saja, sebuah penelitian delapan negara yang diterbitkan pada bulan Maret. Deksametason dikatakan menurunkan angka kematian pada kasus COVID-19 yang parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro