Ilustrasi/Greatist
Relationship

8 Ciri-ciri Anda Terlalu Tergantung pada Pasangan

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 20 Juli 2021 - 16:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saling membutuhkan dalam sebuah pasangan adalah hal yang lumrah.

Namun, bagaimana jika salah satunya terlalu tergantung pada pasangannya, hingga tidak bisa menjalani apapun tanpa pasangan?

Hal seperti ini, bisa berdampak buruk pada dirinya sendiri dan juga pada pasangan bahkan hubungan mereka.

Pada mereka sendiri, akan sulit menjalani hidup jika hubungan harus berakhir. Sedangkan pada pasangan, akan selalu harus memenuhi kebutuhan si tergantung ini.

Hal ini, tentunya lambat laun akan membuat hubungan menjadi tidak sehat dan bisa berakhir pada kandasnya di tengah jalan.

Lantas seperti apa sih ciri-ciri Anda terlalu tergantung pada pasangan? berikut perinciannya dilansir dari Bolde:

1. Membutuhkan pasangan di samping Anda sepanjang waktu

Jika Anda pergi ke toko, Anda mengharapkan dia ikut dengan Anda. Anda tidak pergi keluar pada malam perempuan karena dia tidak bisa datang. Harapan yang sama berlaku untuknya. Jika Anda tidak bisa pergi ke suatu tempat bersama, Anda tidak akan pergi. Terkadang itu berarti banyak tinggal di rumah bersama. Di lain waktu itu berarti menyulap rencana sehingga Anda selalu bisa bersama. Hanya karena Anda adalah bagian dari pasangan, bukan berarti Anda bukan lagi individu. Anda membutuhkan hidup Anda sendiri atau itu tidak akan pernah berhasil.

2. Mengiriminya pesan sepanjang waktu

Dan Anda berharap dia membalas pesan Anda segera. Dari membuat pilihan tentang makan malam hingga memberi tahu dia bahwa Anda telah menyelesaikan semua cucian, Anda mengiriminya pesan tentang semua yang terjadi seperti yang terjadi di hari Anda. Tidak ada yang punya waktu untuk memeriksa ponsel mereka untuk pesan dari pasangan mereka sepanjang hari. Dia (semoga) memiliki pekerjaan dan kemungkinan berada di teleponnya menjawab teks dari Anda tidak membantunya berkonsentrasi.

3. Iri dengan semua orang yang berinteraksi dengannya

Jika ada seseorang yang menuntut perhatian pasangan Anda, Anda cemburu. Anda ingin perhatiannya tertuju pada Anda sepanjang waktu dan ketika tidak, Anda panik. Kecemburuan seperti ini tidak rasional dan bisa sangat menyakitkan. Ini memberi tahu pasangan Anda bahwa Anda tidak mempercayainya.

4. Membutuhkan validasi konstan

Jika pasangan Anda tidak memperhatikan warna baru pada kuku Anda, itu membuat Anda kesal. Jika dia tidak memberi tahu Anda betapa bagusnya pekerjaan yang Anda lakukan pada cat baru di dinding kamar tidur, Anda pikir Anda melakukan pekerjaan yang mengerikan. Anda mengharapkan dia untuk memvalidasi secara verbal semua yang Anda lakukan. Ini adalah tanda kurangnya identitas diri dan harga diri Anda dan itu adalah sesuatu yang perlu Anda perbaiki.'

5. Mengharapkan dia berubah untuk Anda

Dia datang dengan kebiasaan buruk, dan Anda mungkin sangat menyadarinya ketika Anda bersama. Masalahnya adalah Anda berharap Anda bisa mengubah kebiasaan itu dan dia akan mengubahnya untuk Anda. Orang terkadang bisa dan memang berubah. Mereka berhenti merokok, berhenti menggigit kuku, dan makan lebih sehat. Orang-orang mengubah hal-hal itu ketika mereka siap melakukannya, bukan karena seseorang mengharapkannya dari mereka. Ini pasti kasusnya dengan pacar Anda, jadi berhentilah mengharapkan hal-hal menjadi berbeda.

6. Mengubah siapa diri Anda untuknya

Jika dia memberi tahu Anda bahwa dia tidak suka ketika Anda menghabiskan begitu banyak waktu di telepon, Anda segera mengurangi penggunaan telepon Anda. Ketika dia mengatakan dia tidak menyukai cara Anda berpakaian, Anda pergi dan membeli lemari pakaian baru yang sesuai dengan keinginannya. Berhenti melakukan ini. Mengubah siapa diri Anda dan cara Anda bertindak adalah sesuatu yang tidak akan pernah membantu dalam jangka panjang. Akhirnya, Anda tidak akan bisa mengikuti tuntutannya untuk berubah.

7. Mengintip barang-barangnya

Jika ponselnya tergeletak di sofa tidak terkunci, Anda tidak dapat menahan diri untuk membaca pesannya. Anda mencari melalui sakunya di binatu. Ada harapan bahwa Anda akan menemukan sesuatu yang dia lakukan atau seseorang yang dia ajak bicara yang Anda anggap melanggar aturan. Bagaimana kalau mempercayainya?

8. Bergerak terlalu cepat

Anda terlalu terburu-buru menjalani hubungan. Bahkan mengajak menikah meski baru sebentar berhubungan.

Jika Anda ingin tidak terlalu membutuhkan, habiskan waktu dengan diri Anda sendiri. Baca, jurnal, jalan-jalan, atau makan sendirian di restoran. Pikirkan tentang siapa yang Anda inginkan satu atau lima tahun dari sekarang dan cari tahu apa yang perlu Anda lakukan untuk menjadi orang itu. Visualisasikan diri Anda menjadi orang itu, bahagia dan puas dengan siapa Anda dan ingat bahwa apakah Anda berpasangan atau sendirian, orang itu sudah ada di dalam diri Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro