Ilustrasi/Popsugar
Fashion

5 Tips Merawat Diri di Tengah Pandemi

Ni Luh Anggela
Senin, 26 Juli 2021 - 19:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi terus berlanjut. Tidak diragukan, semua orang di seluruh dunia merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Kasus yang kembali melonjak naik, mau tidak mau membuat beberapa negara seperti Australia dan Singapura memberlakukan kembali penguncian lokal atau memperketat pembatasan.
 
Di tengah situasi yang membingungkan ini, ada baiknya Anda mulai berinvestasi dalam perawatan diri, baik untuk kesejahteraan individu maupun demi kesehatan sosial kita.
 
Lantas, apa yang bisa Anda lakukan untuk memastikan Anda menjaga diri sendiri dan memprioritaskan kesehatan Anda di tengah situasi ini?
 
Melansir Medical News Today, Senin (26/7/2021), berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.
 
1. Tetapkan batasan yang jelas antara kantor dan rumah

Meskipun pembatasan telah dilonggarkan di beberapa negara, banyak orang terus bekerja dari rumah dalam upaya untuk tetap aman dan menjaga orang lain tetap aman atau karena pengaturan kerja dari rumah memungkinkan mereka untuk mengakomodasi tugas perawatan bagi anggota keluarga.
 
Sementara pengaturan semacam itu memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam menjadwalkan tugas yang berhubungan dengan pekerjaan dan rumah ke dalam satu hari, itu juga berarti bahwa batas antara waktu kerja dan waktu pribadi Anda menjadi kabur.
 
Ini dapat dengan mudah menyebabkan kelelahan, pengalaman stres kronis dan kelelahan yang dapat memiliki efek jangka panjang pada kesejahteraan dan produktivitas.

Itulah mengapa sangat penting untuk menetapkan batasan yang jelas, kata para ahli. Jika memungkinkan, orang harus menunjuk ruangan tertentu untuk bekerja.
 
Ini dapat membantu memisahkan area "kantor" dari sisa rumah seseorang dalam pikiran mereka sendiri. Jadi, pada akhir hari kerja, hanya dengan keluar dari ruang kerja yang ditentukan dapat membantu seseorang "mematikan" "mode kerja" mereka.
 
Menjadwalkan istirahat yang ketat untuk makan dan waktu mengisi ulang juga dapat membantu mengimbangi stres dan membantu seseorang mempertahankan rasa sejahtera secara umum.
 
Selain itu, menyisihkan beberapa menit di awal dan di akhir hari kerja untuk melakukan sesuatu yang berbeda — seperti berlari atau berjalan-jalan — dapat membantu mensimulasikan perjalanan kerja, sehingga dengan jelas memisahkan "waktu kerja" dan "waktu rumah".
 
2. Dapatkan pola pikir yang benar untuk mengawali hari

Praktisi pemrograman neurolinguistik bisnis dan pelatih kesehatan mental Tania Diggory, mengatakan salah satu cara untuk memprioritaskan perawatan diri di masa yang tidak pasti ini adalah dengan menetapkan niat untuk melakukan hal-hal yang kita nikmati di awal setiap hari.
 
"Perawatan diri datang dalam berbagai bentuk, tidak hanya dalam hal-hal yang kita lakukan dan luangkan waktu - seperti membaca, memasak, meditasi, atau olahraga - tetapi juga tentang pola pikir," kata Diggory kepada MNT.
 
“Studi telah menunjukkan bahwa mengambil istirahat mikro di siang hari untuk refleksi dan belas kasih diri dapat mengurangi stres dan depresi dan memungkinkan perhatian dan fokus yang lebih besar — atribut yang sangat penting untuk dipelihara selama masa perubahan dan ketidakpastian ini,” katanya.
 
Beberapa peneliti juga menyarankan agar kita mengenakan pakaian khusus kerja untuk mendapatkan pola pikir yang benar untuk bekerja. Ini adalah konsep yang dikenal sebagai "kognisi terselubung", di mana Anda menggunakan pakaian Anda sebagai alat untuk menempatkan Anda dalam pola pikir yang benar untuk pengalaman yang ingin Anda miliki — dalam hal ini, untuk membantu Anda merasa siap untuk bekerja.
 
3. Jatah jumlah berita dan konsumsi media sosial

Wajar ketika Anda tetap mendapatkan informasi tentang situasi lokal dan global, pembatasan yang diberlakukan dan apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi. Namun terus-terusan berhadapan dengan perangkat Anda dan informasi yang buruk dan tidak pasti dapat berdampak serius pada kesehatan mental, hubungan dan aspek kesejahteraan fisik Anda.
 
Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjatah jumlah berita yang Anda baca dalam sehari, serta beristirahat dari media sosial. Anda juga dapat mengganti kegiatan mengonsumsi berita atau media sosial dengan kegiatan lain seperti membaca, berolahraga, atau bermeditasi untuk membantu mengurangi tingkat stres dan mengurangi kecemasan.
 
4. Pastikan Anda tidur dengan nyenyak

Tidur yang nyenyak sangat penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Orang dewasa umumnya mendapat manfaat dari setidaknya 7 jam tidur tanpa gangguan, yang tanpanya mereka cenderung mengalami kelelahan, perubahan suasana hati, dan penurunan fokus, di antara efek lainnya.
 
“Dengan dunia yang semakin dinamis, dan banyak dari kita menghabiskan periode waktu dalam keadaan gairah yang tinggi, seperti kecemasan dan kegembiraan, keseimbangan emosional dan fleksibilitas kognitif berperan dalam memastikan kita merasa optimis secara fungsional tentang masa depan dan menangani ketidakpastian dan ketidakstabilan kita. kemungkinan besar akan dihadapi,” kata Lee Chambers, seorang psikolog lingkungan dan konsultan kesejahteraan.
 
Beberapa cara untuk memastikan bahwa Anda dapat tertidur lebih mudah termasuk menetapkan rutinitas tidur yang melibatkan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, menghindari perangkat Anda sebelum tidur, berlatih mindfulness atau meditasi sebelum tidur, dan memastikan ruangan berada pada suhu yang tepat.
 
5. Terlibat dengan kegiatan yang Anda sukai dan ketahui batasan Anda

Selain terlibat dengan kegiatan yang Anda sukai, Chambers menyebutkan bahwa menulis jurnal dapat membantu meningkatkan kondisi mental dan emosional Anda.
 
Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa tulisan ekspresif - di mana Anda menceritakan peristiwa dan menggambarkan bagaimana mereka memengaruhi kita - dapat membantu Anda mengelola dan memproses emosi negatif.
 
Berjalan-jalan dan menikmati waktu yang dihabiskan di alam juga bermanfaat bagi kesejahteraan fisik dan psikologis Anda, seperti yang telah berulang kali ditunjukkan oleh penelitian.
 
Chambers menekankan bahwa Anda harus mengakui keterbatasan Anda dan memelihara hubungan sosial sebanyak mungkin.  Berbagi kekhawatiran sambil merasa cukup aman untuk menjelajahi kenyataan adalah bentuk perawatan diri itu sendiri, yang mempromosikan kebaikan dan kasih sayang untuk diri sendiri dan orang lain, yang sangat kuat dalam menemukan harmoni di dunia yang selalu berubah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro