Vaksin buatan Pfizer yang disetujui Inggris
Health

Studi : Antibodi dari Vaksin Pfizer dan AstraZeneca Turun Setelah 2-3 Bulan

Ni Luh Anggela
Rabu, 28 Juli 2021 - 09:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tingkat antibodi total mulai menurun sejak enam minggu setelah vaksinasi lengkap dan dapat berkurang lebih dari 50 persen selama 10 minggu, menurut data baru dari studi Virus Watch UCL.
 
Temuan ini konsisten di semua kelompok orang tanpa memandang usia, penyakit kronis atau jenis kelamin.
 
Temuan tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet, mencakup data dari 600 orang dan menunjukkan tingkat antibodi jauh lebih tinggi setelah dua dosis vaksin Pfizer daripada setelah dua dosis vaksin AstraZeneca.

Tingkat antibodi juga jauh lebih tinggi pada orang yang divaksinasi daripada mereka yang penyintas covid-19.
 
Dilaporkan UCL News, Rabu (28/7/2021), Madhumita Shrotri dari UCL Institute of Health Informatics mengatakan, tingkat antibodi setelah kedua dosis vaksin AstraZeneca dan Pfizer pada awalnya sangat tinggi, yang kemungkinan menjadi bagian penting mengapa kedua vaksin sangat protektif terhadap Covid-19 yang parah.
 
“Namun, kami menemukan tingkat ini turun secara substansial selama dua hingga tiga bulan. Jika mereka terus menurun pada tingkat ini, kami khawatir bahwa efek perlindungan dari vaksin mungkin juga mulai berkurang, terutama terhadap varian baru, tapi kami belum bisa memprediksi seberapa cepat itu akan terjadi.” kata Shrotri.
 
Para penulis menyoroti bahwa meskipun implikasi klinis dari penurunan tingkat antibodi belum jelas, beberapa penurunan diperkirakan terjadi dan penelitian saat ini menunjukkan bahwa vaksin tetap efektif melawan penyakit parah.
 
Untuk Pfizer, tingkat antibodi berkurang dari median 7506 U/mL pada 21-41 hari, menjadi 3320 U/mL pada 70 hari atau lebih. Untuk Astra Zeneca, tingkat antibodi berkurang dari median 1201 U/mL pada 0–20 hari menjadi 190 U/mL (67–644) pada 70 hari atau lebih.
 
“Ketika kami memikirkan siapa yang harus diprioritaskan untuk dosis booster, data kami menunjukkan bahwa mereka yang divaksinasi paling awal, terutama dengan vaksin AstraZeneca, kemungkinan sekarang memiliki tingkat antibodi terendah.” jelas Profesor Rob Aldridge dari Institut Informatika Kesehatan UCL.
 
Temuan mereka mendukung rekomendasi dari Komite Bersama untuk Vaksinasi dan Imunisasi (JCVI) bahwa orang dewasa yang rentan secara klinis, mereka yang berusia 70 tahun atau lebih, dan semua penghuni panti jompo untuk orang dewasa yang lebih tua harus diprioritaskan untuk dosis booster.
 
Selain itu, mereka yang divaksinasi dengan vaksin AstraZeneca, termasuk sebagian besar penghuni panti jompo, cenderung memiliki tingkat antibodi yang jauh lebih rendah daripada mereka yang divaksinasi dengan vaksin Pfizer.
 
“Jadi ini mungkin juga perlu dipertimbangkan saat memutuskan siapa yang harus diprioritaskan saat booster diluncurkan,” kata Aldridge.
 
Peneliti mencatat bahwa keterbatasan data termasuk ukuran sampel yang kecil untuk beberapa kelompok dan fakta bahwa setiap individu hanya menyumbangkan satu sampel, sehingga mereka belum dapat memastikan seberapa cepat tingkat antibodi turun untuk setiap individu, atau apakah ini akan terus turun atau mencapai tingkat yang stabil selama beberapa bulan ke depan.
 
Mereka juga mencatat bahwa orang yang berbeda akan memiliki tingkat kekebalan yang berbeda tergantung pada kemampuan menetralkan virus dari antibodi mereka serta respons sel T mereka, dan bahkan ketika tingkat antibodi yang terukur rendah, kemungkinan akan ada memori kekebalan yang berkelanjutan yang dapat menawarkan perlindungan jangka panjang.
 
Penelitian lebih lanjut akan penting untuk menentukan apakah ada ambang tingkat antibodi yang diperlukan untuk perlindungan terhadap penyakit parah.
 
“Kami tahu vaksin sangat baik dalam mencegah penyakit parah, tetapi mereka tidak sempurna, dan data kami menemukan perlindungan akan berkurang seiring waktu.” kata Profesor Andrew Hayward dari UCL Epidemiologi dan Perawatan Kesehatan menambahkan.
 
Dengan tingkat Covid-19 yang meningkat pesat dan prediksi tingkat yang sangat tinggi selama beberapa minggu dan bulan ke depan, penting bagi mereka yang rentan secara klinis, yang tingkat antibodinya sekarang mungkin telah turun, untuk terus berhati-hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro