Pria sakit pinggang/istimewa
Health

12 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Pria di Usia 40 Tahun

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 2 Agustus 2021 - 12:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bagi banyak orang, memasuki usia 40-an adalah waktu untuk merasa lebih nyaman dan mapan. Itu karena Anda menjadi lebih aman secara profesional dan pribadi.

Tapi jika menyakut kesehatan, usia 40-an Anda adalah masa ketika masalah kesehatan dapat muncul. Begitu juga kebiasaan buruk yang dilakukan oleh para pria di usia tersebut. Itu justru bisa menimbulkan masalah kesehatan

Dirangkum dari eatthis, Senua (2/8/2021) berikut kebiasaan buruk pria di usia 40an bagi kesehatan yang harus dihindari:

1. Jarang medical Check up

Pria lebih mungkin untuk membersihkan gigi daripada mengunjungi dokter mereka. Penyakit jantung, BPH, dan kolesterol tinggi cenderung mulai muncul di usia paruh baya.

2. Tidak Aktif

Hanya sekitar 5 persen orang dewasa Amerika yang berolahraga 30 menit setiap hari. Gaya hidup yang tidak banyak bergerak meningkatkan risiko obesitas dan penyakit terkait, termasuk penyakit jantung, kanker, diabetes, dan stroke.

3. Mengabaikan Nyeri Kronis

Saat Anda mengalami rasa sakit yang tidak kunjung hilang, kemungkinan besar tubuh Anda sedang mencoba mengingatkan Anda akan suatu masalah. Jadi jangan pernah abaikan nyeri kronis yang bisa menjadi indikasi dari masalah kesehatan Anda.

Jika Anda memiliki rasa sakit yang berulang atau tidak akan hilang, jangan ditahan dan mencoba kuat. Temuilah dokter segara.

4. Abai Kesehatan Mental

Pria mengabaikan rasa sakit psikologis bahkan lebih dari rasa sakit fisik. Pria berusia 40-an memiliki kecenderungan untuk mengabaikan kebutuhan emosional mereka, yang mengarah pada peningkatan stres dan penyakit terkait stres.

5. Postur Buruk

Nyeri punggung, khususnya nyeri punggung bawah, dapat disebabkan oleh postur tubuh yang buruk dan otot perut yang lemah. Dan itulah area spesifik yang perlu ditargetkan dan diperkuat untuk menghilangkan rasa sakit dan mencegah kambuh di masa depan.

Langkah pertama untuk memperbaikinya adalah dengan berkonsentrasi pada duduk tegak dan menarik bahu ke belakang dan ke bawah saat duduk, berdiri, atau berjalan.

6. Cara Olahraga yang Salah

Seiring dengan aktivitas kebugaran yang dilakukan di usia 40an, ada risiko untuk cedera yang dapat berkisar dari patah tulang, keseleo, ketegangan, hingga nyeri lutut dan punggung.

Maka perlu beberapa menit waktu pemanasan sebelum aktivitas fisik apa pun untuk membuat darah mengalir, dan memberi tahu otot dan persendian bahwa mereka akan mulai bekerja, karena otot dingin kurang fleksibel

7. Tidak rutin cek Testosteron

Bagi kebanyakan pria di atas 45 tahun, sekitar empat dari 10 menderita Low T.

Testosteron rendah tidak selalu ada hubungannya dengan kemampuan fisik untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi. Ini lebih berkaitan dengan hasrat dan libido yang rendah. Kabar baiknya, kondisi ini seharusnya tidak membuat pria merasa malu, dan itu sangat bisa diobati.

8. Mengabaikan Kesehatan Prostat

Di luar kanker kulit, kanker prostat adalah penyebab kanker paling umum kedua untuk pria di Amerika Serikat. Kabar baiknya adalah bahwa kebanyakan pria memiliki kemungkinan tinggi untuk selamat dari penyakit ini.

9. Merokok

Merokok tidak hanya merusak paru-paru namun juga merusak ginjal dan kandung kemih, sistem penyaringan tubuh, juga harus memproses racun dari asap rokok.

Dari risiko gagal ginjal hingga berbagai jenis kanker urologi. Merokok adalah salah satu kebiasaan gaya hidup yang sebenarnya tidak sepadan.

10. Tidak Memantau Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi tidak hanya buruk bagi jantung Anda. Faktanya, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol adalah salah satu penyebab utama gagal ginjal di Amerika Serikat.

The American Heart Association merekomendasikan untuk memeriksakan tekanan darah Anda setidaknya sekali setiap dua tahun.

11. Berat Badan Bertambah

Obesitas adalah salah satu faktor risiko tertinggi untuk sejumlah kanker, termasuk kandung kemih dan ginjal. Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya kelebihan berat badan, yang belum tentu obesitas secara klinis juga meningkatkan risiko.

12. Makan Tidak Benar

Organ tubuh tidak dirancang untuk memenuhi tuntutan yang diberikan oleh konsumsi makanan olahan, tinggi gula dan tinggi lemak. Dan ketika mereka dipaksa untuk menyaring zat-zat ini dalam jangka panjang, konsekuensinya bisa parah dan mengancam jiwa.

Maka Fokuslah untuk memasukkan makanan utuh yang paling murni ke dalam tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro