Kanker payudara. /hindustantimes.com
Health

8 Tanda Peringatan Anda Berisiko Kena Kanker

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 2 Agustus 2021 - 14:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Vonis kanker adalah suatu kata yang tidak ingin didengar dari dokter oleh semua orang.

Meskipun kanker menakutkan, sangat penting untuk mengetahui penyakit ini lebih awal. Dengan begitu dapat meningkatkan peluang bertahan hidup dan menghentikan pertumbuhan atau penyebarannya.

Mempelajari beberapa tanda bahwa Anda terkena kanker adalah salah satu cara untuk proaktif dalam menangkap penyakit ini sejak dini.

Dilansir dari eatthis, Senin (2/8/2021) berikut tanda yang harus diwaspadai saat mengidap kanker :

1. Benjolan dan Pembengkakan di Kelenjar Getah Bening

Ketika tubuh Anda sedang melawan pilek, flu, atau penyakit lainnya, kelenjar getah bening di leher dan ketiak Anda mungkin membengkak atau terlihat membesar. Ini sangat normal dan merupakan tanda bahwa tubuh bekerja lembur untuk mencoba membunuh penyakit dengan cepat.

Namun, jika pembengkakan di kelenjar getah bening akan hilang dalam beberapa minggu dan jika tetap bengkak atau menjadi benjolan, itu pertanda ada sesuatu yang salah.

Menurut Dr. Adrian Bloor dari The Christie Private Care, jika Anda menemukan benjolan atau pembengkakan baru yang tidak hilang setelah beberapa hari, maka rekomendasinya adalah mencari perhatian medis

"Ini bisa menjadi indikator awal kanker darah," katanya.

Pembengkakan kelenjar getah bening Anda bisa jadi bukan apa-apa, tetapi bisa juga merupakan tanda limfoma, leukemia, atau myeloma.

2. Tinja Berdarah

Melihat darah di tinja Anda bisa menakutkan. Maka penting untuk diperhatikan jika Anda melihat warna merah saat buang air besar.

Darah dalam tinja Anda bisa disebabkan oleh sejumlah penyakit, beberapa di antaranya tidak terlalu serius. Namun, itu juga bisa menjadi indikasi kanker usus besar.

Darah di tinja bisa saja terjadi karena Anda memiliki celah atau retakan pada jaringan di sekitar rektum Anda. Atau bisa juga dari wasir atau dari kolitis ulserativa atau banyak jenis penyakit lainnya.

Darah hanyalah tanda peringatan, itu bukan jaminan kanker.

Namun, darah merah terang yang jelas pada tinja atau gerakan usus yang lebih sulit harus diselidiki untuk kemungkinan kanker usus besar.

Temui dokter jika melihat darah di tinja Anda, sehingga kanker usus besar dapat disingkirkan.

3. Suara Serak Jangka Panjang

Jika Anda terlalu banyak minum pada malam sebelumnya, naik roller coaster, atau melihat band favorit, itu bisa menyebabkan suara serak.

Sembuh dari pilek atau penyakit lain juga dapat menyebabkan Anda mengalami suara serak selama beberapa hari. Namun, jika suara Anda menjadi serak tanpa sebab dan suara serak ini berlangsung selama beberapa minggu, itu mungkin merupakan tanda kanker laring.

Menurut Dr. Dale Ekbom, M.D. dari Mayo Clinic, Ketika suara serak berlangsung lebih dari dua minggu, daftar penyebab potensial tumbuh jauh lebih besar.

Dia menyebutkan kanker laring sebagai penjelasan yang mungkin dari suara serak jangka panjang. Dan ketika terdeteksi dini, kanker pita suara sering berhasil diobati dengan pembedahan atau radiasi.

"Suara serak Anda mungkin terkait dengan penyakit yang berkepanjangan atau iritasi sederhana pada pita suara Anda, tetapi sebaiknya periksakan jika terus berlanjut," sarannya.

4. Kulit Berwarna Kuning

Penyakit kuning adalah menguningnya kulit dan mata yang dapat menyebabkan gatal dan iritasi atau mungkin tidak terasa sama sekali. Kulit menjadi kuning ketika saluran empedu Anda tersumbat oleh tumor dan pigmen kuning yang disebut bilirubin menumpuk di sistem. Penyakit kuning dapat diobati melalui pengobatan atau pembedahan.

Namun, penyebab penyakit kuning itulah yang mengkhawatirkan. Sekitar setengah dari pasien didiagnosis dengan tumor di dalam kepala pankreas dan banyak dari mereka akan datang dengan penyakit kuning.

Jika kulit Anda berwarna kekuningan, sebaiknya segera temui dokter untuk memastikan Anda tidak menderita kanker pankreas.

5. Tumbuh Benjolan Aneh di Kulit

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), sekitar dua juta orang Amerika setiap tahun didiagnosis dengan karsinoma sel basal, suatu bentuk umum dari kanker kulit. Menangkap kanker kulit jenis ini sejak dini sangat penting untuk menghentikan penyebarannya. Kabar baiknya adalah jenis kanker kulit ini tumbuh perlahan, tetapi kabar buruknya adalah mudah disalahartikan sebagai jerawat atau bekas luka.

The AAD memperingatkan bahwa karsinoma sel basal sering berkembang di kepala atau leher dan terlihat seperti pertumbuhan benjolan kulit yang mengkilat, terangkat, dan bulat.

Jika Anda melihat pertumbuhan kulit abnormal atau iritasi yang terlihat seperti ini, jadwalkan janji temu dengan dokter kulit Anda.

Meskipun pertumbuhan ini mungkin bukan apa-apa, itu bisa mengindikasikan karsinoma sel basal, dan jika diketahui lebih awal, ini adalah prosedur sederhana untuk menghilangkannya.

6. Kejang

Dalam beberapa kasus, kejang mungkin merupakan akibat dari tumor atau pertumbuhan otak yang bisa menjadi kanker.

Menurut Dr. Jessica W. Templer, MD dari Northwestern Medicine Comprehensive Epilepsy Center, pasien mungkin tidak menyadari bahwa kejang adalah konsekuensi dari tumor otak mereka.

"Kejang yang disebabkan oleh tumor otak kompleks dan berbeda untuk setiap pasien tergantung pada jenis dan lokasi tumor," jelasnya.

Kejang Anda dapat menunjukkan kadar glukosa abnormal atau tumor jinak, tetapi yang terbaik adalah mencari pengobatan segera untuk mengetahui apakah kanker otak adalah penyebab utamanya.

7. Benjolan Keras di Sebelah Payudara

Deteksi dini adalah kunci untuk menghentikan penyebaran kanker payudara. Benjolan pada jaringan payudara Anda adalah tanda-tanda bahwa kanker mungkin tumbuh. Namun, para profesional di Pusat Perawatan Payudara Carol M. Baldwin dari Stony Brook Cancer Center menyatakan, kebanyakan benjolan payudara yaitu 80% dari yang dibiopsi adalah jinak atau non-kanker.

Meskipun sebagian besar benjolan dan benjolan tidak bersifat kanker, penting untuk mewaspadai benjolan keras pada payudara Anda. Para profesional medis ini memperingatkan bahwa
sebagian besar tumor ganas muncul pertama kali sebagai benjolan tunggal yang keras atau penebalan yang sering. Tetapi tidak kehadirannya selalu tanpa rasa sakit.
Maka, jika Anda melihat ada benjolan, penebalan, atau kelainan, konsultasikan dengan dokter dan segera lakukan mammogram.

8. Bercak Putih atau Abu-abu di Mulut

Anda mungkin menemukan bercak putih di mulut sebagai iritasi dari makanan, kawat gigi, gigi palsu, atau retainer. Namun, jika melihat area menebal di mulut Anda yang berwarna putih atau abu-abu dan tidak dapat dikerok, mungkin Anda telah mengembangkan leukoplakia. Itu merupakan kondisi perubahan jaringan yang mungkin bersifat prakanker.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada sekitar 657.000 kasus baru kanker mulut yang berkembang di dunia setiap tahun. Jika Anda seorang pengguna tembakau, sering minum alkohol, atau menjalani gaya hidup yang tidak sehat, Anda lebih mungkin mengembangkan suatu bentuk kanker mulut.


Leukoplakia mungkin dapat diobati dan tidak menyebabkan kanker mulut jika diketahui lebih awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro