Sel kanker/Istimewa
Health

Hati-Hati! Pola Makan Buruk Berisiko Picu 12 Jenis Kanker Ini

Jessica Gabriela Soehandoko
Senin, 9 Agustus 2021 - 12:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker dan pola makan atau diet Anda memiliki hubungan terutama dengan berpotensinya muncul beberapa tipe kanker.

Pilihan gaya hidup sehari-hari dapat mempengaruhi kesehatan Anda dalam jangka panjang, seperti bagaimana pola makan yang Anda pilih dalam sehari-hari. Hal ini terlihat dari studi yang baru dilakukan pada tahun 2020, bahwa konsumsi alkohol dikaitkan dengan 740.000 diagnosis kanker baru.

Lalu, bagaimana dengan makanan yang Anda makan setiap hari? Apakah dapat meningkatkan risiko kanker Anda?

Howard Grossman, MD, Dewan Pakar Medis, seorang internis bersertifikat dan pemenang Penghargaan Keberanian amfAR yang dilansir dari eatthis, mengatakan bahwa sebagian besar masalahnya bukan pada makanannya, tapi aditifnya.

"Selalu aman untuk mengatakan bahwa diet seimbang yang membatasi bahan tambahan makanan akan menjadi yang paling sehat.” Ucapnya.

Grossman juga memberikan beberapa faktor yang dapat dikaitkan dengan permasalahan kanker yakni sebagai berikut.

1. Daging olahan

Grossman menyebutkan daging olahan sebagai kategori yang telah dikaitkan dengan kanker . Hal ini seperti hot dog, bacon, dan apapun yang bukan potongan segar. Permasalahan pada daging olahan seperti bacon dan makanan asap adalah nitrit.

Tingkat nitrit dan nitrat yang tinggi, yang sering ditemukan dalam daging olahan dapat meningkatkan risiko kanker otak, kanker tiroid, kolorektal, dan lambung. Senyawa itu sendiri tidak karsinogenik, atau sesuatu yang berpotensi menyebabkan kanker, dan di dalam tubuh zat-zat tersebut bergabung dengan molekul lain, dan dapat membentuk zat karsinogenik.

2. Daging merah

Daging merah telah dikaitkan dengan kanker kolorektal, prostat, dan pankreas, namun masih belum pasti. Namun untuk membentuk tindakan pencegahan, maka Anda dapat membatasi asupan daging merah.

3. Alkohol

Konsumsi alkohol yang tinggi telah dikaitkan dengan kanker mulut, kerongkongan, perut, payudara, hati dan usus besar, terutama jika Anda mengonsumi Alkohol secara berlebihan.

4. Obesitas

Obesitas juga menjadi salah satu faktor risiko banyak kanker. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi minuman manis dan makanan manis lainnya, yang berpotensi untuk menambah berat badan.

Grossman mengatakan bahwa tidak ada studi yang benar-benar definitif pada manusia. Masih ada banyak hal yang tidak diketahui tentang hubungan antara makanan dan kanker.

Grossman berkesimpulan untuk membantu mencegah kanker dengan mengikuti diet yang membatasi makanan olahan, membatasi daging merah dan makanan manis, dan asupan alkohol. Dirinya juga memberitahu orang-orang untuk tetap dengan mengonsumsi makanan yang ‘utuh’ seperti buah-buahan dan sayuran, daging tanpa lemak, ikan tanpa garam, dan berhenti untuk mengonsumi berbagai makanan yang tidak dari biasanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro