Covid-19 Varian Delta. /LIPI
Health

Terbaru! WHO Keluarkan Panduan Sementara Surveilans Varian Covid-19

Ni Luh Anggela
Rabu, 11 Agustus 2021 - 13:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini mengeluarkan panduan sementara surveilans varian SARS-CoV-2 yang bertujuan untuk menggambarkan serangkaian minimal kegiatan surveilans yang direkomendasikan di tingkat nasional untuk mendeteksi dan memantau prevalensi relatif varian SARS-CoV-2.

Panduan ini juga untuk menguraikan serangkaian kegiatan untuk karakterisasi dan penilaian risiko yang ditimbulkan oleh varian-varian tersebut. Serangkaian indikator juga disediakan untuk membakukan pemantauan dan pelaporan publik tentang peredaran varian.
 
SARS-CoV-2 adalah virus RNA untai tunggal berselubung positif dengan genom 30 kilobase, yang, seperti semua virus, mengakumulasi mutasi nukleotida dari waktu ke waktu. Mutasi ini menghasilkan pembentukan garis keturunan virus yang berbeda. Sejak karakterisasinya, sekuensing genomik SARS-CoV-2 telah dilakukan untuk mengidentifikasi mutasi dan substitusi asam amino yang sesuai. Meskipun kemunculan varian baru ini diharapkan dan sebagian besar tidak berdampak pada perilaku viral, beberapa mutasi dapat menghasilkan perubahan fenotipe.
 
Risiko kesehatan masyarakat dari varian yang diketahui dan yang muncul dapat dikategorikan secara luas ke dalam lima domain utama yaitu, peningkatan transmisibilitas, perjalanan klinis yang lebih parah, kegagalan untuk dideteksi oleh tes diagnostik, penurunan efektivitas kekebalan alami dan kekebalan yang diturunkan dari vaksin, dan penurunan kerentanan terhadap terapi.
 
WHO mengklasifikasikan "varian kepentingan" (VOI) atau "varian yang menjadi perhatian" (VOC) menurut dampak global dari faktor-faktor ini. Per 9 Juli 2021, WHO telah menetapkan tujuh VOI dan empat VOC.
 
Surveilans genom global untuk SARS-CoV-2 adalah fungsi kesehatan masyarakat yang penting, dengan tujuan utama untuk menginformasikan keputusan nasional dan global seputar kesehatan masyarakat dan tindakan sosial (PHSM), diagnostik, terapi, dan vaksinasi. Surveilans varian dapat dilakukan melalui surveilans genomik serta melalui deteksi sinyal epidemiologis dan tren yang tidak terduga.
 
WHO menjelaskan, kedua untaian bukti ini harus disatukan pada waktu yang tepat untuk memberikan pemahaman yang luas tentang evolusi virus dan dampak potensialnya pada pengendalian penyakit, untuk memandu respons kesehatan masyarakat.
 
Terlepas dari fenotipe VOI dan VOC yang diketahui, WHO terus merekomendasikan implementasi dan penyesuaian PHSM untuk mengontrol penularan.
 
Urutan genetik rutin sangat penting untuk mengikuti kemunculan dan dampak VOI dan VOC. Negara dengan keterbatasan kapasitas untuk melakukan pengurutan sangat didorong untuk mengambil langkah-langkah untuk memfasilitasi akses ke regional dan internasional kemitraan pengurutan atau meningkatkan kapasitas mereka melalui sistem pengurutan atau jaringan laboratorium yang ada, tulis WHO.
 
Kemudian, pengambilan sampel untuk sekuensing genetik harus mempertimbangkan semua himpunan bagian berikut, jika memungkinkan:
- Sampel acak, mewakili distribusi geografis dan demografis infeksi SARS-Cov-2
- Pengambilan sampel yang ditargetkan berfokus pada subset spesifik dari kasus yang terkait dengan risiko kesehatan masyarakat: kegagalan diagnostik, kasus yang divaksinasi, infeksi ulang, kasus immunocompromised
- Wabah, peringatan atau peristiwa tidak biasa lainnya.
 
Semua urutan yang dilaporkan harus dikaitkan dengan kumpulan informasi terkait minimum, yang disebut metadata, dan menyertakan rincian inti. Jika memungkinkan, metadata deskriptif dan metadata untuk karakterisasi harus disertakan.
 
Adapun kombinasi ilmu laboratorium, manifestasi klinis, dan investigasi epidemiologi terperinci diperlukan untuk secara akurat dan cepat mengkarakterisasi risiko kesehatan masyarakat dari varian SARS-CoV-2.
 
Pedoman sementara WHO ini ditulis oleh WHO dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (US CDC) dengan berkonsultasi dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika (ACDC), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Eropa (ECDC), dengan umpan balik tambahan dari kelompok penasihat ahli, seperti Kelompok Penasihat Teknis Epidemiologi WHO.
 
Panduan ini didasarkan pada tinjauan bukti yang muncul tentang varian epidemiologi dan metode karakterisasi, yang mencakup semua wilayah, menggunakan mesin pencari berbahasa Inggris. Topik pencarian termasuk: strategi pengambilan sampel berbasis kesehatan masyarakat, pengurutan genom, filogeni, epidemiologi genom dan metode pengawasan, metadata genom dan manajemen basis data, analisis basis data genom untuk tujuan kesehatan masyarakat, serta bukti karakterisasi spesifik untuk mutasi dan varian spesifik yang menjadi perhatian dan minat .
 
Bukti disintesis mengikuti bagian tematik dari panduan. Referensi tambahan diberikan oleh para ahli, dan dokumen panduan yang ada dari WHO dan mitra lainnya juga dirujuk. Dokumen ini dapat diperbarui seiring dengan munculnya bukti dan metodologi baru tentang investigasi varian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro