Ilustrasi proses bayi tabung (IVF)/huffingtonpost.com
Health

Mitos dan Fakta Seputar Bayi Tabung, Pasangan Wajib Tahu!

Feni Freycinetia Fitriani
Kamis, 12 Agustus 2021 - 22:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Program bayi tabung atau in-vitro fertilization (IVF) merupakan perawatan kesuburan yang telah membantu banyak wanita mencapai impian mereka memiliki bayi. Simak mitos dan fakta yang beredar seputar bayi tabung.

Seperti diketahui, program bayi tabung atau IVF dilakukan jika wanita tidak dapat hamil secara alami. Ini merupakan salah satu metode yang efektif bagi pasangan yang ingin memiliki momongan.

Namun, ada beberapa mitos terkait perawatan kesuburan melalui program bayi tabung yang membuat orang enggan memilihnya. Berikut enam mitos dan fakta seputar kehamilan menggunakan program bayi tabung atau IVF yang perlu Anda ketahui seperti dilansir Times of India.

1. Mitos: Usia Hanyalah Angka
Fakta: Untuk memilih program bayi tabung, usia ternyata bukan hanya angka. Pasangan memiliki kesalahpahaman bahwa mereka bisa mendapatkan perawatan IVF kapan saja, tapi hal itu tidak benar. Usia adalah faktor besar untuk keberhasilan perawatan IVF. Dengan bertambahnya usia, kemampuan untuk hamil berkurang dan dengan demikian tingkat keberhasilan program bayi tabung bisa menurun.

2. Mitos: Bayi Tabung Menyakitkan
Fakta:Program bayi tabung atau IVF tidak menyakitkan. Obat suntik yang digunakan dalam prosedur IVF diberikan oleh suntikan berteknologi maju, yang dibuat tanpa rasa sakit. Dan proses pengambilan telur dilakukan saat pasien dibius. Jadi, IVF sama sekali bukan proses yang menyakitkan bagi wanita.

3. Mitos: Bayi Tabung Menghadapi Masalah Kesehatan
Fakta: Jutaan bayi telah lahir melalui program bayi tabung atau IVF. Nyatanya, mereka normal seperti bayi yang dikandung secara normal. Anak-anak yang lahir lewat IVF tidak memiliki komplikasi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro