Sakit punggung/istimewa
Health

5 Gejala Sakit Jantung yang Sering Terabaikan

Ni Luh Anggela
Jumat, 13 Agustus 2021 - 11:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tanda-tanda serangan penyakit jantung seringkali diabaikan. Padahal, berdasarkan Survei Sample Registration System (SRS) pada 2014, di Indonesia menunjukkan, Penyakit Jantung Koroner (PJK) menjadi penyebab kematian tertinggi pada semua umur setelah stroke, yakni sebesar 12,9 persen.
 
Mengutip Halodoc, Jumat (13/7/2021), penyakit jantung koroner merupakan kondisi ketika pembuluh darah utama yang memberi pasokan darah, oksigen, dan nutrisi untuk  jantung menjadi rusak.
 
Penyakit jantung koroner dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, kegemukan, kebiasaan merokok serta peradangan pada pembuluh darah.
 
Melansir Express, Jumat (13/8/2021), gejala-gejala berikut harus Anda waspadai karena bisa jadi mengindikasikan potensi masalah jantung.
 
1. Sakit perut atau gangguan pencernaan

Sensasi terbakar atau nyeri jenis gangguan pencernaan di dada atau perut Anda bisa menunjukkan serangan jantung atau masalah jantung.

Gangguan pencernaan memiliki gejala yang sangat mirip dengan serangan jantung sehingga Anda tidak boleh mengabaikan perasaan ini. Jika Anda mengalami gejala ini, segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan.
 
2. Nyeri dada

Nyeri dada adalah tanda klasik serangan jantung, namun masih banyak yang mengabaikannya. Jika Anda mengalami nyeri dada, ini bisa menjadi keadaan darurat medis dan Anda harus menghubungi fasilitas kesehatan terdekat jika Anda merasa sangat tidak sehat. Orang yang pernah mengalami serangan jantung menggambarkan gejalanya sebagai berat, sesak, atau tekanan di dada.
 
Jika nyeri dada dimulai saat Anda memaksakan diri tetapi hilang saat Anda berhenti, ini mungkin masih menjadi perhatian. Ini bisa mengindikasikan angina, yang biasanya disebabkan oleh penyakit jantung koroner.
 
3. Merasa berkeringat

Merasa berkeringat adalah gejala yang tidak biasa, yang dapat mengindikasikan penyakit jantung. Jika Anda merasa panas dan berkeringat disertai nyeri di dada, Anda harus memanggil ambulans. Ini bisa jadi tanda serangan jantung yang akan segera terjadi.
 
4. Sakit rahang atau punggung

Saat serangan jantung menyerang, rasa sakit bisa dirasakan di bagian tubuh yang lain. Rasa sakit bahkan bisa dirasakan di rahang, atau punggung. Jika terus berlanjut Anda bisa menelepon fasilitas kesehatan terdekat. Beberapa penelitian mengatakan bahwa gejala pada wanita mungkin lebih bervariasi dari nyeri dada biasa.
 
5. Pergelangan kaki bengkak

Pergelangan kaki bengkak memang sering terjadi dan ada banyak alasan yang dapat menyebabkan hal ini terjadi. Namun, ini juga dapat mengindikasikan gagal jantung. Karena itu, jika pergelangan kaki Anda bengkak, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro