Ilustrasi buah segar
Health

5 Trik Simpel Agar Makanan Tidak Cepat Busuk dan Basi

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 16 Agustus 2021 - 11:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Makanan menjadi salah satu sumber utama tertular penyakit. Makanan yang tidak di jaga kebersihannya akan terpapar banyak kuman dan bakteri yang menyebabkan peningkatan penyakit.

Oleh karena itu, menjaga makanan tetap aman sama baiknya dengan menjaga diri agar tetap aman.
Dilansir dari indiaexpress, Senin (16/8/2021) berikut beberapa tips menjaga makanan tidak cepat busuk dan basi:

1. Perhatian ekstra

Musim hujan membutuhkan sedikit perawatan dan kebersihan ekstra. Musim hujan membawa sejumlah virus dan bakteri berbahaya yang dapat menghambat kesehatan Anda.

Sangat penting untuk memberi perhatian ekstra tidak hanya pada kebersihan diri, tetapi juga seberapa baik mengelola makanan. Buah-buahan dan sayuran sangat rentan terhadap jamur.

Jadi, pastikan membeli buah dan sayuran segar dan mencucinya hingga bersih. Tidak peduli seberapa baik kemasannya, di cuci sebelum akan di makan sangat penting.

2. Masak dengan baik

Masak makanan dengan baik dan perlahan guna memastikan aman untuk dikonsumsi. Cuci sayuran berdaun hijau dengan air garam sebelum dimasak untuk membersihkan kuman dan bakteri.

3. Masukan makanan sisa dalam kulkas

Jamur lebih mudah tumbuh pada makanan yang sudah dimasak, itu karena mereka bertahan hidup pada kelembaban di atmosfer. Jadi sangat penting menyimpan sisa makanan di lemari es sedini mungkin. Kemas dalam wadah yang tepat dengan tutup yang rapat untuk mencegah kontaminasi.

4. Jaga kulkas tetap bersih

Kulkas yang tidak bersih hanya dapat menurunkan kualitas makanan yang disimpan. Jadi, bersihkanlah sekali dalam dua minggu. Hindari menyimpan makanan yang sudah busuk. Buanglah makanan apa pun yang meninggalkan bau tidak sedap. Pastikan tidak mengisi lemari es secara berlebihan karena dapat menyebabkan pembusukan produk segar.

5. Berikan sedikit ruang

Menyimpan makanan di kompartemen yang berbeda membantu udara bersirkulasi dengan baik. Dengan begitu dapat meningkatkan umur simpan makanan. Gunakan kain bersih atau kantong kertas untuk menyimpan berbagai buah dan sayuran secara terpisah. Jaga agar daging mentah tetap beku dan pastikan ada cukup ruang di antara semua barang yang disimpan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro