Biji Chia/Istmewa
Health

5 Makanan Kaya Omega-3 Ini Dapat Jaga Kesehatan Jantung dan Panjang Umur

Ni Luh Anggela
Rabu, 18 Agustus 2021 - 16:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Omega-3 penting untuk kesehatan Anda. Ini sudah dikonfirmasi lebih lanjut oleh sebuah studi baru yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition.
 
Para peneliti mulai menentukan apakah ada hubungan antara omega-3 dan umur panjang dengan melacak 2.240 peserta selama 11 tahun dan menganalisis kadar omega-3 dalam darah mereka.

Dalam penelitian ini, mereka menemukan bahwa  memiliki tingkat omega-3 yang lebih tinggi dalam darah dapat memprediksi tingkat kematian yang lebih rendah pada orang di atas usia 65 tahun. Menurut analisis mereka, orang dengan kadar omega-3 tinggi dalam darah mereka yang tidak merokok memiliki perkiraan kelangsungan hidup tertinggi.
 
"Omega-3 dikaitkan dengan manfaat kesehatan jantung dan mungkin memiliki peran dalam memerangi peradangan," jelas Amanda Baker Lemein, RD, yang tidak terafiliasi dengan penelitian ini. Dia menambahkan bahwa asam lemak omega-3 terjadi dalam beberapa bentuk berbeda, banyak di antaranya ditemukan dalam makanan yang paling kaya nutrisi.
 
Lemein menyoroti lima makanan kaya omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan dapat membuat Anda berumur panjang, melansir Well + Good, Rabu (18/8/2021).

1.  Ikan berlemak

Ikan adalah salah satu makanan omega-3 terbaik. Ikan berlemak seperti salmon, sarden, tuna, dan mackerel mengandung nutrisi yang sangat tinggi.
 
"Banyak ahli nutrisi merekomendasikan memulai yang sederhana dengan memasukkan dua porsi ikan berlemak per minggu ke dalam makanan harian Anda," kata Lemein.
 
2. Biji rami

Biji rami mungkin kecil, tetapi Lemein mengatakan mereka penuh dengan omega-3. Faktanya, kandungan omega-3 yang tinggi adalah alasan mengapa mereka dikaitkan dengan membantu melindungi dari penyakit kardiovaskular. Selain asam lemak omega-3, biji rami juga merupakan sumber magnesium, tiamin, dan serat yang baik.
 
3. Biji chia

Selain biji rami, biji chia juga mengandung lemak sehat. Meskipun ukurannya mirip dengan biji rami, mereka sebenarnya berasal dari dua tanaman yang berbeda. Biji chia lebih tinggi serat dan proteinnya daripada biji rami, tetapi keduanya merupakan sumber omega-3 yang kuat. Apapun yang Anda suka, Anda dapat meningkatkan kepadatan nutrisi makanan Anda dengan menambahkan satu sendok teh biji chia.
 
4. Kenari

Semua kacang-kacangan kaya nutrisi, tetapi kenari paling banyak menghasilkan nutrisi dibandingkan kacang lainnya. Itu sebabnya kacang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan kardiovaskular, peningkatan fungsi kognitif, penurunan gejala depresi, dan pengurangan peradangan secara keseluruhan.
 
5.  Minyak alga

Apa yang Anda masak juga dapat menambahkan lebih banyak omega-3 ke dalam makanan Anda. Lemein mengatakan, minyak alga khususnya kaya akan asam lemak. Minyak goreng lain dengan omega-3 termasuk minyak canola, minyak biji rami, dan minyak kenari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro