Ilustrasi serangan jantung
Health

Mencegah Serangan Jantung dari Makanan yang Anda Konsumsi

Jessica Gabriela Soehandoko
Kamis, 19 Agustus 2021 - 13:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Serangan jantung merupakan salah satu penyakit darurat medis yang cukup serius. Oleh karena itu, asupan nutrisi untuk tubuh perlu diperhatikan lebih lanjut.

Serangan jantung dapat terjadi ketika suplai darah ke jantung tiba-tiba tersumbat yang sering disebabkan oleh pembekuan darah. Gejala serangan jantung harus ditindak segera untuk meminimalkan kerusakan terutama pada otot jantung.

Menurut Heart Foundation, Anda bisa saja merasakan gejala yang kurang jelas, seperti rasa terbakar di dada dan sesak nafas.

Anda juga mungkin tidak memiliki gejala tanda peringatan sama sekali. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tetap memperhatikan gejala-gejala peringatan.

Cara mencegah serangan jantung

Mengubah gaya hidup merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah serangan jantung. Anda harus menghindari makanan yang tidak sehat seperti yang mengandung tinggi lemak. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak plak lemak menumpuk di arteri Anda.

Selain itu, dilansir dari Express, National Health Service mengatakan bahwa makanan yang tidak sehat yang tinggi lemak akan membuat aterosklerosis atau pengerasan arteri yang lebih buruk dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Makanan yang tinggi lemak jenuh, dapat meningkatkan penumpukan kolesterol LDL, yakni kolesterol berbahaya yang berkumpul di bagian dalam dinding arteri Anda.

Mentega, lemak babi, daging berlemak dan keju, merupakan makanan yang mengadung makanan tinggi lemak jenuh. BHF mengatakan bahwa Anda perlu mengganti lemak jenuh dengan karbohidrat olahan. Makanan ini seperti minyak ikan, kacang-kacangan, atau minyak nabati seperti minyak lobak atau minyak bunga matahari yang tampaknya dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Anda juga dapat mencoba diet mediterania, yakni diet yang kaya akan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan dan lemak yang tak jenuh. Makanan ini biasanya makanan asupan rendah daging dan asupan susu.

Tindakan pertolongan pertama

Jika Anda mendadak mengalami serangan jantung, hal yang dapat Anda lakukan adalah tetap duduk dan tetap tenang, dan hubungi rumah sakit terdekat.

Anda juga dapat mengonsumsi asprin 300mg jika memilikinya, dalam jangkauan tunggu paramedis.

Penting bagi Anda untuk mendapatkan perhatian medis dengan segera, terutama dalam keadaan darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro