Membersihkan wajah dari makeup/Istimewa
Fashion

Kesalahan Membersihkan Wajah yang Sering Dilakukan

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 23 Agustus 2021 - 19:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kulit adalah organ sensitif yang membutuhkan perawatan dari waktu ke waktu. Dalam hal perawatan kulit, setiap jenis orang akan melakukan hal yang berbeda pada kulitnya.

Tetapi jika yang harus diperhatikan semua orang adalah cara membersihkan kulit wajah yang tepat.

Dengan kata sederhana, pembersihan kulit adalah reaksi terhadap bahan aktif apa pun yang meningkatkan tingkat pergantian sel kulit. Kulit terdiri dari lapisan yang mampu meremajakan dirinya sendiri.

Maka setiap lapisan kulit digantikan oleh lapisan lain yang terdiri dari sel-sel kulit yang sehat. Namun, pembersihan kulit yang tidak tepat akan menimbulkan beberapa masalah seperti sebum berlebih, kotoran yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawatan.

Dilansir dari indianexpress, Senin (23/8/2021) berikut kesalahan saat pembersihan kulit yang buat wajah jadi bermasalah :

1. Produk riasan baru

Menggunakan produk rias baru seperti alas bedak, concealer, atau primer bisa menyebabkan kulit bermasalah. Penyebabnya bisa karena riasannya tidak sesuai dengan jenis kulit. Atau, produk tersebut mungkin memiliki perawatan kulit aktif yang diinduksi di dalamnya seperti retinol, asam hialuronat, aha, bha dan lainnya.

2. Keringat

Jika Anda adalah seseorang yang banyak berolahraga dan memakai banyak riasan yang menyebabkan berkeringat, Anda perlu melakukan pembersihan ganda. Jika tidak, itu akan menyebabkan pembersihan yang tidak optimal.

3. Riasan

Masalah wajah bisa muncul karena Anda tidak menghapusnya dengan benar. Gunakan air misel untuk menghapus riasan dan kemudian pembersih.

4. Rutinitas perawatan kulit

Setiap kali ada perubahan dalam rutinitas perawatan kulit, misalnya mencoba produk baru, kulit akan memiliki penyesuaiannya sendiri. Baiknya, cobalah untuk beberapa saat menunggu hasilnya apakah rutinitas itu cocok pada wajah atau tidak.

5. Pengelupasan

Jika Anda melakukan eksfoliasi secara berlebihan, baik dengan memasukkan retinol, asam, mencukur tanpa rekomendasi dokter, ini bisa jadi sumber masalah kulit wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro