Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Minum Parasetamol Saat Perut Kosong Apakah Berbahaya?

Kebanyakan orang dapat mengonsumsi parasetamol dengan aman, bahkan termasuk wanita hamil dan menyusui. Namun, beberapa orang perlu ekstra hati-hati saat meminumnya karena bisa alergi terhadap parasetamol.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 24 Agustus 2021  |  15:33 WIB
Parasetamol - News.com.au
Parasetamol - News.com.au

Bisnis.com, JAKARTA –Paracetamol adalah obat penghilang rasa sakit yang berguna mengobati sakit dan nyeri.
Karena kemampuannya tersebut, parasetamol termasuk dalam kelompok obat yang dikenal sebagai analgesik atau obat penghilang rasa sakit.

Tablet ini dapat digunakan untuk mengobati rasa sakit seperti sakit kepala, nyeri haid, sakit punggung atau sakit gigi serta gejala pilek dan flu. Obat ini sangat umum sehingga kebanyakan orang tidak pernah memeriksa instruksi yang tepat pada kemasan.

Bila mengacu pada cara minum obat yang umum, biasanya akan disarankan untuk makan terlebih dahulu. Namun ternyata, parasetamol justru aman jika dikonsumsi saat perut kosong.

Dilansir dari express, (24/8/2021) parasetamol dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Anda dapat makan dan minum secara normal saat mengonsumsi parasetamol.

Situs NHS menyatakan dapat dengan aman mengonsumsi parasetamol dengan perut kosong.
Parasetamol tidak mengiritasi lapisan lambung, jadi tidak masalah jika Anda belum makan.

Sebaliknya, Ibuprofen, aspirin, dan obat antiinflamasi lainnya justru dapat mengiritasi lapisan lain, jadi biasanya disarankan untuk makan dulu sebelum minum obat tersebut.

Tablet parasetamol dapat diberikan kepada siapa saja yang berusia di atas 10 tahun yang tidak alergi terhadapnya. Selain sakit dan nyeri, obat ini dapat digunakan untuk menurunkan suhu tinggi dan biasanya bekerja dalam waktu satu jam.

Ingatlah selalu baca instruksi obat apa pun karena dosisnya terkadang bervariasi dari satu merek ke merek lainnya. Anda tidak boleh mengonsumsi parasetamol dengan obat lain yang mengandung parasetamol.

Kebanyakan orang dapat mengonsumsi parasetamol dengan aman, bahkan termasuk wanita hamil dan menyusui. Namun, beberapa orang perlu ekstra hati-hati saat meminumnya karena bisa alergi terhadap parasetamol.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obat parasetamol
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top