Pedagang menata jahe merah yang dijual di Pasar Rumput, Jakarta, Rabu n(4/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

Profesor Nidom: Empon-Empon Bantu Redakan Badai Sitokin Penderita Covid-19

Rahmad Fauzan
Rabu, 1 September 2021 - 12:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Empon-empon yang terdiri atas sejumlah tanaman seperti jahe, kunyit, serai, dan temulawak diklaim mampu mengatasi badai sitokin yang melanda paru penderita Covid-19.

Pendiri Yayasan Professor Nidom, Chairul A. Nidom mengatakan, bahwa dalam proses pengujian yang telah dia lakukan ditemukan senyawa yang terdapat di dalam empon-empon mampu mengurangi dampak badai sitokin di paru akibat infeksi Virus Corona.

"Banyak kearifan lokal yang bisa digunakan untuk mengendalikan pandemi, salah satunya adalah empon-empon. Sudah saya uji, kunyit, jahe, serai, dan temulawak mampu mengurangi badai sitokin di paru," ujarnya dalam diskusi virtual seperti dikutip Bisnis, Rabu (1/9/2021).

Empon-empon atau juga dikenal dengan istilah rempah-rempah merupakan bahan alami yang memiliki segudang manfaat. Selain sebagai bumbu dapur, empon-empon memang juga digunakan obat herbal.

Dalam pemanfaatannya sebagai obat herbal, empon-empon dapat diolah menjadi jamu dan herbal terstandar.

Jahe merah merupakan salah satu jenis empon-empon yang popular. Jenis rempah ini mengandung gingerol dan shogaol yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta berfungsi meredam peradangan dan efek antioksidan.

Jenis empon-empon populer lainnya adalah temulawak. Temulawak memiliki manfaat sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan berfungsi sebagai obat anti lesu dan lelah, sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh.

Maka, selain vaksin Covid-19, kearifan lokal dari Indonesia seperti jamu bisa dimanfaatkan untuk membantu pengobatan Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro