Ilustrasi Obat COvid-19./Antara
Health

Pfizer dan Merck Berlomba Uji Obat Terapi Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 2 September 2021 - 07:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pfizer dan Merck & Co. kompak meluncurkan studi klinis obat COVID-19 oral eksperimental baru.

Obat ini diperuntukkan sebagai alternatif treatmen pengobatan di rumah untuk pasien covid.

Merck sedang mempelajari apakah obatnya, yakni Molnupiravir, dapat mencegah COVID-19 pada orang dewasa yang hidup dengan pasien bergejala dengan infeksi virus corona yang dikonfirmasi. Uji coba ini akan melibatkan sekitar 1.300 pasien yang akan menggunakan Molnupiravir atau Plasebo setiap 12 jam dalam lima hari.

Pfizer mengatakan, pasien pertama dari sekitar 1.140 pasien telah menerima dosis terapinya dalam uji coba untuk mengobati pasien bergejala yang belum dirawat di rumah sakit dan tidak berisiko tinggi terkena penyakit parah.

Sedangkan Pfizer uji coba kombinasi obat lama dan obat eksperimental yang disebut PF-07321332. Obat ini diuji coba setiap 12 jam selama lima hari dan diukur dengan plasebo.

Dengan pertempuran melawan COVID-19 yang masih jauh dari selesai, dua pembuat obat raksasa itu bertaruh pada permintaan untuk obat-obatan yang dapat mengobati dan mencegah infeksi. 

Eksekutif Pfizer memberi tahu investor pada bulan Juli bahwa mereka melihat pasar berkelanjutan untuk terapi COVID-19 karena mutasi virus dan keraguan terhadap vaksin membuat dunia terbuka. Perusahaan memperkirakan bahwa ratusan juta pasien mungkin menjadi kandidat untuk terapi COVID-19 barunya.

Uji coba terapi Pfizer adalah kombinasi dari protease inhibitor, sejenis obat yang telah lama digunakan untuk memerangi HIV. Idenya adalah untuk memblokir enzim yang perlu direplikasi oleh virus corona, membantu tubuh memerangi penyusup. Kombinasi tersebut termasuk ritonavir, obat berusia 25 tahun yang dijual dengan merek dagang Norvir oleh AbbVie.

Perusahaan pada bulan Juli juga mulai mempelajari kombinasi pada pasien COVID-19 yang tidak dirawat di rumah sakit yang memiliki peningkatan risiko penyakit parah. Pfizer mengatakan kepada investor bahwa mereka berharap untuk mendapatkan persetujuan darurat dari terapi itu pada kuartal keempat.

Merck bekerja sama dengan Ridgeback Biotherapeutics pada opsinya, yang juga sedang dipelajari sebagai pengobatan untuk pasien dengan COVID-19 ringan hingga sedang dan setidaknya satu faktor risiko untuk hasil yang buruk. Data dari uji coba itu akan jatuh tempo sebelum akhir tahun.

Studi baru, yang dijuluki MOVe-AHEAD, berlangsung di lebih dari selusin negara, termasuk AS, Brasil, dan Afrika Selatan. Peneliti akan melihat berapa banyak pasien yang mengembangkan gejala COVID-19, berapa banyak yang mengalami KTD dan berapa banyak yang drop out karena KTD setelah 14 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro