Ilustrasi usus manusia/harvard.edu
Health

7 Tanda Usus Anda Sedang Tidak Sehat

Ni Luh Anggela
Kamis, 2 September 2021 - 10:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Usus merupakan salah satu organ pencernaan yang berfungsi untuk menyerap air dan nutrisi makanan yang kita konsumsi. Penting untuk menjaga usus Anda tetap sehat, karena jika usus tidak sehat tentunya akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh.
 
Banyak faktor yang menyebabkan usus seseorang tidak sehat, termasuk tingkat stres yang tinggi, insomnia, makanan olahan dan manis atau bahkan antibiotik yang diresepkan.
 
Tim Goodwin, seorang pakar makanan dan pendiri Lean Greens, membagikan tujuh tanda peringatan usus yang tidak sehat, melansir T3, Kamis (2/9/2021). Selain itu, dia juga membagikan beberapa tips dan saran tentang cara memperbaiki kondisi ini.
 
1. Perut tidak nyaman

Ketidaknyamanan pada perut bisa berupa diare, sembelit, kembung, mulas, gas, dan sakit perut.
 
“Meskipun gejala-gejala ini umum, mereka tidak normal. Usus yang seimbang seharusnya tidak memiliki masalah dalam mencerna makanan dan mengeluarkan tinja.” jelas Goodwin.
 
Jika Anda secara teratur mengalami gejala-gejala ini, Tim merekomendasikan untuk memeriksakan diri ke dokter umum dan ahli gizi memastikan bahwa Anda tidak menderita IBS (irritable bowel syndrome), gangguan umum yang memengaruhi usus besar. Mereka dapat memberi tahu Anda tentang makanan apa yang harus dihindari, serta suplemen apa yang harus ditambahkan ke dalam diet Anda.
 
2. Keinginan untuk mengonsumsi gula

“Mengidam makan manis mengandung gula adalah gejala mengejutkan dari kesehatan usus yang buruk. Pada dasarnya, mikroba usus melepaskan protein yang seperti hormon pengatur rasa lapar leptin dan ghrelin. Ini tidak hanya memengaruhi tingkat rasa lapar dan keinginan kita, tetapi juga suasana hati kita.” Goodwin menjelaskan.
 
Jika Anda makan banyak gula, bakteri yang tidak membantu akan berkembang biak dan mengeluarkan lebih banyak protein untuk membuat Anda menginginkan lebih. Meningkatkan kesehatan usus Anda dapat membantu tubuh Anda menyingkirkan bakteri yang tidak membantu ini dan meningkatkan suasana hati dan kesehatan Anda secara keseluruhan.
 
Cara cepat dan nyaman untuk menukar camilan manis dengan yang lebih sehat adalah dengan menyimpan buah-buahan atau camilan tinggi protein di tas olahraga. Meningkatkan kadar protein, secara umum, dapat membantu Anda merasa lebih kenyang.

3. Kurang tidur

Mayoritas serotonin, yang juga dikenal sebagai ‘hormon bahagia’, diproduksi di usus Anda. Jadi kesehatan usus yang buruk dapat memengaruhi tidur Anda, dan juga suasana hati Anda.
 
Kurang tidur dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk masalah kesehatan mental, kelainan hormonal, nyeri, obesitas, diabetes dan banyak lagi.
 
“Kesehatan usus pasti bisa menjadi bagian dari ini terutama jika Anda mengonsumsi alkohol atau makanan manis sebelum tidur.” kata Goodwin.
 
Goodwin merekomendasikan untuk mencari tahu penyebab gangguan tidur Anda dengan berbicara dengan dokter, yang akan memberi tahu  langkah selanjutnya. Mungkin Anda perlu menambahkan lebih banyak serat ke dalam diet Anda, berolahraga secara teratur, menghindari makanan manis atau berbicara dengan terapis tentang kesehatan mental Anda.
 
4. Perubahan berat badan yang tidak  disengaja

Mengalami penurunan atau penambahan berat badan, tanpa secara aktif melakukan perubahan pada diet atau rutinitas olahraga Anda dapat menjadi tanda usus Anda tidak sehat. Usus yang seimbang harus mampu menyimpan lemak, mengatur gula dalam tubuh dan menyerap nutrisi dengan mudah.
 
“Bakteri yang kita dapatkan dari makanan kita secara tidak langsung dapat mengubah perilaku usus dan menyebabkan penambahan berat badan, sedangkan penurunan berat badan mungkin merupakan tanda pertumbuhan bakteri usus kecil yang berlebihan”, kata Goodwin.
 
Jika Anda mengalami penurunan berat badan yang cepat dan berkepanjangan, pastikan untuk menemui dokter untuk mengetahui perawatan terbaik untuk Anda.
 
5. Iritasi kulit

Usus yang tidak sehat juga dapat memengaruhi kulit Anda.
 
“Kondisi kulit yang gatal atau nyeri dapat memberikan bocoran tentang apa yang terjadi dengan usus Anda”, tambah Goodwin, “Rosacea, jerawat, dermatitis semuanya bisa meradang karena intoleransi makanan, pola makan yang buruk, dan peradangan di usus.”
 
6. Kelelahan

“Ketika tubuh Anda tidak menerima cukup bakteri baik dari makanan yang kita makan, bakteri jahat dapat berkembang”, Goodwin menjelaskan.
 
Studi menunjukkan bahwa masalah pencernaan dapat menyebabkan kelelahan adrenal, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan karena sistem kekebalan Anda harus berjuang lebih keras untuk menyingkirkan bakteri jahat dalam tubuh.
 
Cobalah detoks tubuh Anda dari makanan olahan atau bergula dan pilih resep yang menghilangkan racun dan meningkatkan kesehatan usus. Pisang, telur, dan puding biji chia adalah pilihan pagi yang enak. Untuk makan siang, pilih salad cincang Mediterania dan di malam hari, cobalah lasagna cukini dan tomat atau gulungan kubis.
 
7. Bau mulut

Bau mulut juga bisa menandakan kesehatan usus yang buruk. Apa pun yang tidak dapat lewat, yang tersisa di sistem pencernaan dan fermentasi Anda, dapat menyebabkan bau mulut.
 
Bau mulut juga bisa menjadi tanda masalah refluks seperti GERD, atau tanda bahwa bakteri di perut Anda dapat menyebabkan sakit maag.
 
“Apa pun akar masalahnya, yang terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter untuk memahami bagaimana pencernaan Anda dapat berkontribusi pada kesehatan yang buruk”, tambah Goodwin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro